Cara Mengetahui Software Yang Diam Diam Nyedot Kuota Internet

Cara Mengetahui Software Yang Diam Diam Nyedot Kuota Internet

Pernahkan kamu saat menggunakan laptop atau komputer yang secara diam-diam menguras kuota internet meskipun kamu tidak melakukan apapun? Kalau kamu pernah mengalaminya, saya rasa kamu harus membaca artikel ini untuk mengatasi masalah tersebut.

Kebanyakan orang mengira bahwa kuota yang diam-diam terkuras disebabkan oleh Windows Auto Update, yang juga sudah pernah saya tulis dalam artikel Cara Menonaktifkan Windows Auto Update.



Tapi itu tidak berlaku bagi sebagian besar komputer yang menyimpan banyak software. Salah satu software yang menjalankan dirinya secara otomatis adalah Microsoft Office yang diberi nama OfficeClickToRun.exe. Ya, dengan fitur pembaruannya yang otomatis membuat kuota kamu akan tersedot jika itu dibiarkan terus-menerus setiap hari.

Contoh diatas adalah salah satu dari sekian banyak software lain yang otomatis menggunakan internet tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Untuk menghindari tersedotnya kuota untuk hal yang tidak kita inginkan, maka kita harus terlebih dahulu mengetahui software mana saja yang menguras kuota internet secara diam-diam.

NetBalancer adalah software yang bisa membantu kamu untuk mengetahui software apa saja yang menggunakan koneksi internet dibelakang layar. Software NetBalancer mampu mendeteksi seluruh koneksi download dan upload yang menggunakan jalur akses internet. Berikut ini adalah screenshot saat saya menggunakan NetBalancer di Windows 7.





NetBalancer
NetBalancer


Terlihat banyak software bawaan sistem Windows yang dengan bebas bisa menggunakan internet. Hal inilah yang harus kamu perhatikan sebelum memblokir mereka di service atau firewall.

PENTING : Jangan menonaktifkan sembarangan, bisa jadi kamu tidak bisa menggunakan internet jika salah dalam mengatur konfigurasi firewall atau service.



Langkah terbaiknya adalah menonaktifkan software selain sistem bawaan Windows, dengan begitu kamu akan terhindar dari masalah. Karena Office bukanlah sistem yang paten, melainkan software yang bisa di copot pasang, jadi kita bisa menonaktifkannya.

Untuk menonaktifkan software yang menggunakan internet secara diam-diman ada beberapa cara dan yang paling umum digunakan orang adalah melalui service dan firewall. Ada banyak software untuk mengelola firewall agar tampilan lebih mudah dipahami seperti GlassWire.

Intinya, kamu memerlukan NetBalancer untuk mengetahui software yang menyedot kuota internet dan software pendukung untuk memblokir mereka dengan software firewall seperti yang sudah saya sebutkan.

Jika kamu rasa artikel ini bermanfaat dan layak dibaca oleh orang lain, jangan ragu untuk membagikannya kepada teman-teman atau saudara dengan meng-klik tombol sosial media diatas ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Artikel Terpopuler



DMCA.com Protection Status