Jangan Download Game PC Bajakan, Ini Alasannya!

Jangan Download Game PC Bajakan, Ini Alasannya!

Setelah banyak muncul situs web dan blog yang berbagi game PC bajakan, sekarang juga sudah beredar banyak pedagang game online yang mengemasnya dalam bentuk DVD atau terbundle dalam flash disk.

Game bajakan sejatinya bisa kita dapatkan dengan mudah di internet, namun kita membutuhkan kuota internet ekstra besar dan pastinya super cepat agar saat proses download tidak terjadi masalah seperti koneksi yang terputus atau corrupt pada file game yang di download.



Alasan saya melarang untuk tidak mendownload game PC bajakan adalah kerugian yang bisa saja timbul di akibatkan karena seluruh file dalam game bajakan sudah di bongkar terlebih dahulu dan di acak-acak oleh orang yang tidak bertanggung jawab, dan bisa jadi mereka telah menyelipkan file jahat seperti backdoor atau malware agar dapat mengintai bahkan mengontrol komputer korbannya setiap saat.

Hal seperti itu mungkin sudah banyak diketahui oleh publik dan orang yang teliti tentu akan menghindari game bajakan. Selain alasan diatas, masih banyak sisi negatif dari mendownload dan menginstall game bajakan dari internet, berikut diantaranya :


1. Cara Download Yang Rumit

Bukan hal aneh lagi, semenjak maraknya pemendek link (short url) dan link converter untuk menghasilkan uang dari internet, sekarang membuat pemilik web dan blog download berbondong-bondong menggunakannya dan itu bisa mempersulit pengunjung untuk mendownload file dari situs mereka. Alasan paling logis mengapa mereka mempersulit adalah demi mendapatkan untung dari kesalahan / ketidak cermatan pengunjung yang mengklik iklan di halaman yang menyulitkan.




Gara-gara link converter dan pemendek link, tentu saja kita akan dijejelin banyak sekali iklan yang mirip dengan link download asli. Salah-salah kita mengklik, bisa jadi iklan tersebut yang terklik dan siapa sangka iklan-iklan tersebut membawa virus, malware atau spywarw yang tanpa sadar bisa langsung menginfeksi browser dan komputer.


2. Ukuran File Berbeda Dengan Aslinya

Sebuah game komputer jaman sekarang memang membutuhkan komputer berspesifikasi khusus yang mana membuat permainan menjadi lebih nyata dan grafis yang dihasilkan juga membuat kita tidak bosan menyaksikannya. Dengan canggihnya grafis yang dihasilkan game jaman sekarang, tentu saja mempengaruhi ukuran dari file game itu sendiri. Contohnya adalah Forza 3. Game balap mobil yang satu ini benar-benar luar biasa karena mampu menghadirkan kualitas gambar yang tajam.

Tapi siapa sangka, game besutan Microsoft tersebut memiliki ukuran file mentah sebesar 60 GB dan jika di install ke komputer akan memakan hard drive sebesar lebih dari 70 GB.

Bagaimana ukuran file game bajakannya?




Jika kamu ingin tahu, game bajakan dari Forza 3 berbeda dengan file game aslinya, ada yang berbagi dengan ukuran kurang dari 60 GB juga ada yang lebih dari 60 GB. Dari sini kita bisa mengira apa yang dikurangi atau ditambahkan oleh orang yang me-repack game tersebut hingga membuatnya jadi tambah kecil atau besar.

Entah file yang di decode kah?
Entah tambahan aplikasi kah?
Atau file-file jahat jang bisa mengintai?

Itulah sebabnya sangat tidak di anjurkan untuk mendownload dan menginstall game bajakan dari internet.


3. Rugi Waktu & Kuota Internet

Seperti penjelasan nomor dua, file game jaman sekarang terbilang sangat besar dan itu bisa menjadi pertimbangan sebelum kita mendownloadnya. Belum lagi game bajakan yang beredar di internet, selain mereka membuat sulit untuk di download, juga situs untuk menyimpan file tersebut tergolong situs file sharing yang memberikan batasan speed.

Maksud dari batasan speed adalah situs web penyimpan file tersebut membatasi koneksi kamu untuk mendownload file dari situsnya. Jika kamu memiliki kecepatan download 10 Mbps namun situs hanya membatasinya 200 Kbps maka secepat apapun koneksimu tetap akan mengikuti aturan situs, yaitu 200 Kbps.

Bisa kamu bayangkan jika ingin download file game dengan ukuran diatas 10 GB melalui kecepatan 200 Kbps?


4. Alur Cerita Game Berbeda

Katakanlah kamu sudah berhasil mendownload game dan menginstallnya ke PC atau Laptop, bisa saja game bajakan memiliki alur cerita yang berbeda dari versi aslinya. Hal ini dikarenakan game bajakan tidak dapat terhubung dengan internet yang siapa tahu dalam game tersebut ada sesi dimana kamu harus terhubung ke internet.

Lain lagi dengan game multiplayer yang memang mengharuskan pemainnya menggunakan internet. Tentu hal itu tidak dimungkinkan dalam versi game bajakan, kita lihat saja game GTA dimana versi bajakannya tidak akan mungkin bisa online. Jadi percuma saja kan sudah susah payah download tapi hanya bisa dimainkan offline.



5. Tidak Menghargai Karya Orang (Developer Game)

Terakhir adalah orang yang menginstall dan menggunakan game bajakan ialah orang yang tidak menghargai jerih payah pengembang game / developer. Juga melanggar hukum karena menggunakan karya berbayar orang lain yang sudah di lisensikan tanpa membelinya.


Itulah alasannya saya tidak menganjurkan untuk menggunakan game bajakan. Jika kamu benar-benar mau memainkan game berbayar, bisa langsung membeli DVD atau gamenya di situs resmi pemilik game atau toko game resmi seperti Steam.

Jika kamu rasa artikel ini bermanfaat dan layak dibaca oleh orang lain, jangan ragu untuk membagikannya kepada teman-teman atau saudara dengan meng-klik tombol sosial media diatas ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Artikel Terpopuler



DMCA.com Protection Status