Mengenal Apa Itu RDP (Remote Desktop Protocol)


Pernahkah kamu mendengar tentang RDP di dunia blogger atau webmaster? Atau kamu pernah membacanya di internet? Jika kamu pernah mendengar atau sekilas membacanya, pasti kamu sedang menjelajah tentang cara upload dan download file super besar atau artikel tentang mining bahkan YouTube reupload.

RDP adalah sebuah sistem remote desktop yang memanfaatkan protocol sebagai jalur untuk saling berhubungan antara komputer klien dan komputer server. RDP sendiri sering digunakan oleh orang-orang yang memiliki aktifitas upload, download, bahkan mining melalui remote yang artinya menggunakan komputer server sebagai alat untuk mengelola, dan komputer kita hanyalah sebagai alat untuk melihat saja.



Dengan menggunakan layanan RDP tentu saja komputer server memiliki koneksi internet yang luar biasa cepat dan spesifikasi yang sangat hebat, tergantung kebutuhan apa yang diperlukan.

Sebagai contoh, RDP digunakan oleh pemilik blog yang sering berbagi file berukuran jumbo seperti game atau software kelas berat. Kalau kita di Indonesia internet paling cepat 10Mb sampai 100Mb untuk download atau upload, nah RDP ini mampu memberikan kecepatan download dan upload hingga 800Mb keatas. Bayangkan jika kamu mau download atau upload file berukuran 20GB, mungkin hanya akan butuh waktu sekitar 5 menit atau kurang.


RDP Speed Upload Download
Kecepatan Upload & Download RDP


Nah setelah kamu tahu kecepatan download dan upload RDP, jadi jangan berfikir bahwa situs web atau blog yang berbagi file jumbo itu di upload biasa, karena mereka menggunakan RDP untuk download dan upload, bahkan repack untuk memberikan password pada arsip file tersebut agar tidak di copas.

Selain dimanfaatkan untuk proses download dan upload, RDP juga bisa digunakan sebagai alat mining mata uang digital seperti Bitcoin. Juga, bisa untuk menjalankan software yang membutuhkan komputer berspesifikasi khusus seperti Lumion misalnya.



Singkatnya, RDP ini bisa digunakan untuk hal apapun seperti kita menggunakan komputer pada umumnya.Yang membedakan adalah kita hanya butuh koneksi internet untuk menggunakan komputer server dari jarak jauh (remote desktop). Bahkan beberapa provider RDP juga membuat aplikasi khusus untuk ponsel agar komputer server dapat di akses dari ponsel dimanapun dan kapanpun.


Manage RDP on Android Phone
Mengelola Komputer Server RDP Dari Ponsel


Apakah kamu tertarik untuk mencoba RDP?

Di internet bertebaran banyak sekali penyedia layanan RDP yang bisa kamu sewa mulai dari puluhan ribu hingga ratusan ribu perbulannya, tentunya tergantung spesifikasi dan kebutuhan kamu.




Untuk pemilik blog atau web download RDP sangatlah penting. YouTuber yang sudah mahir juga sering menggunakan RDP untuk kebutuhan edit video dengan software berat dan upload video dengan kecepatan koneksi internet secepat kilat.

Jika kamu rasa artikel ini bermanfaat dan layak dibaca oleh orang lain, jangan ragu untuk membagikannya kepada teman-teman atau saudara dengan meng-klik tombol sosial media diatas ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Artikel Terpopuler



DMCA.com Protection Status