Perbedaan Arsitektur Komputer 32 Bit dan 64 Bit

Perbedaan 32 Bit dan 64 Bit

Pernah ga kamu memperhatikan antara 32 dan 64 bit pada spesifikasi komputer pc atau laptop? Kalau kamu pernah melihatnya tapi tidak mengerti apa maksud dari itu, disini saya akan jelaskan perbedaan arsitektur komputer 32 bit dan 64 bit.

Umumnya komputer pc dan laptop jaman sekarang sudah menggunakan arsitektur 64 bit yang mana bisa menjalankan hampir seluruh software populer dan terbaru. Sedangkan 32 bit masih banyak digunakan untuk komputer atau notebook klasik yang difungsikan untuk menjalankan software ringan saja.



Oke ga usah basa basi lagi ya, berikut ini perbedaan arsitektur komputer 32 bit dan 64 bit yang wajib kamu ketahui sebelum membeli atau menginstall ulang sistem operasi ke komputer.


1. Performa

Perbedaan yang paling jelas pada arsitektur Windows 32 bit dan 64 bit sebenarnya ditentukan oleh prosesor. Prosesor yang menggunakan arsitektur 64 bit lebih baru dari pada 32 bit. Prosesor 32 bit memiliki kemampuan dibawah 64 bit. Komputer yang menggunakan arsitektur 64 bit lebih ringan untuk membuka dan menjalankan software, sedangkan 32 bit lebih lambat.


2. Memori RAM

Setiap basis sistem memiliki batasan yang berbeda. Untuk komputer 32 bit memiliki jumlah batasan RAM yang lebih kecil dari pada 64 bit. Komputer 32 bit memiliki batas maksimal penggunaan RAM kurang dari 4GB dan akan bekerja lebih optimal ketika menggunakan RAM 1 atau 2 GB. Sedangkan komputer 64 bit dapat membaca hingga lebih dari 4GB RAM. Jika pada komputer 32 bit dipasangkan RAM sebesar 4GB maka yang akan terbaca hanya sekitar 3,2GB saja. Hal ini disebabkan karena adanya perbedaan arsitektur prosesor antara 32 bit dan 64 bit.




3. Kecepatan Memproses Data

Angka 32 dan 64 sebenarnya mewakili jumlah data yang dapat diproses oleh sistem dalam satu kali putaran. 32 bit artinya ketika melakukan satu kali proses, data yang dimuat adalah sebesar 32 bit. Jadi dalam satu kali pemrosesan data, komputer dengan prosesor 64 bit tentu lebih cepat.


4. Kecocokan Software

Hal yang cukup berpengaruh lainnya adalah kecocokan atau kompatibilitas software yang dapat digunakan. Komputer 32 bit tidak akan bisa menjalankan software 64 bit. Sedangkan komputer 64 bit bisa menjalankan software untuk 32 bit maupun 64 bit.


Itulah empat perbedaan yang paling mendasar tentang perbedaan 32 bit dan 64 bit pada komputer pc atau laptop. Meski demikian, keduanya tetap masih memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing. Berikut ini keunggulan dan kekurangan arsitektur 32 bit dan 64 bit.


Kelebihan arsitektur 32 bit :
Dapat menjalankan software dan aplikasi lawas.
Lebih kompatibel dengan driver yang lebih lama.
Cocok untuk laptop / notebook atau komputer lawas.
Dapat bekerja dengan optimal meski hanya dengan RAM kurang dari 2GB.

Kekurangan arsitektur 32 bit :
Hanya sedikit software baru yang kompatibel.
Tidak bisa menggunakan RAM lebih dari 4GB.
Tidak bisa menjalankan software berat.




Kelebihan arsitektur 64 bit :
Lebih cepat memproses data dan gambar arau video.
Mampu membuat kinerja prosesor lebih optimal.
Dapat menjalankan software 32 bit dan 64 bit.
Cocok untuk menjalankan software terbaru yang tergolong berat.

Kekurangan arsitektur 64 bit :
Tidak cocok untuk laptop / notebook atau komputer lawas.
Konsumsi daya listrik lebih banyak.


Dari sekian banyaknya keuntungan dan kerugian diatas, saya tidak membicarakan harga hardware karena pasti kamu sudah tahu bahwa 64 bit jauh lebih mahal ketimbang 32 bit.



Informasi tambahan, bahwa semakin besar bit pada arsitektur komputer maka akan semakin lambat karena memproses data terlalu banyak dalam sekali putaran. Oleh karena itu, buat kamu yang menggunakan komputer untuk bekerja kantoran seperti mengetik, menghitung dan mencatat alangkah baiknya menggunakan arsitektur 32 bit.

Nah untuk gamers dan desain grafis tentu saja arsitektur 64 lebih dianjurkan, sebab rata-rata software dan game terbaru saat ini membutuhkan RAM diatas 4GB dan kartu grafis yang mempuni untuk mengolah gambar.

Jika kamu rasa artikel ini bermanfaat dan layak dibaca oleh orang lain, jangan ragu untuk membagikannya kepada teman-teman atau saudara dengan meng-klik tombol sosial media diatas ini.

1 komentar:

  1. Mantap Gan. beda arsitektur komputer 32/64bit memang top.jika sempat mohon saran dan komentarnya gan di myblog bimahartono biar artikelnya bisa top seperti ini.

    BalasHapus