8 Hal Yang Wajib Dilakukan Setelah Install Ulang Komputer / Laptop

8 Hal Yang Wajib Dilakukan Setelah Install Ulang Komputer / Laptop

Menginstall ulang komputer atau laptop memang menjadi cara terakhir untuk memecahkan segala bentuk masalah yang terjadi, mulai dari memperbaiki sistem ke semula hingga menghapus virus.

Tapi alangkah baiknya jika kamu memperhatikan 8 Hal Yang Wajib Dilakukan Setelah Install Ulang Komputer / Laptop dibawah ini, yang bisa jadi terlewatkan karena terlalu senang setelah berhasil menginstall ulang komputer.

Nah inilah hal-hal yang perlu bahkan wajib kamu lakukan setelah install ulang komputer atau laptop :



1. Update dan Install Pembaruan Sistem


Windows Update


Memperbarui seluruh sistem adalah langkah paling awal jika kamu telah berhasil menginstall ulang komputer. Terlagi jika kamu menginstall ulang komputer atau laptop dengan DVD atau USB Flashdisk Bootable, Windows didalamnya pastilah sudah usang karena sekian lama tidak diperbaharui.

Dengan melakukan pembaharuan sistem, tentu kamu akan mendapatkan keuntungan seperti pembaruan driver dan program perangkat lunak lain yang sangat pas untuk komputer atau laptop yang kamu gunakan, sebab Windows Update secara otomatis akan mengirimkan pembaruan yang sesuai dengan tipe dan jenis harware yang ada di perangkat.


2. Update dan Install Driver


Drivers


Driver adalah perangkat lunak yang sangat dibutuhkan komputer untuk banyak keperluan, misalnya driver untuk WiFi, USB, Graphic, Sound, dan banyak lagi. Jika komputer yang baru kamu install ulang belum memperbarui driver, bisa dipastikan beberapa fitur tidak akan bekerja dengan baik, parahnya lagi itu bisa membuat komputer atau laptop kamu terasa tidak nyaman dipakai.

Untuk mengetahui driver apa saja yang harus di install ke komputer atau laptop kamu, gunakan software pendeteksi seperti Driver Booster atau software sejenisnya. Dengan begitu kamu bisa tahu driver apa saja yang perlu di perbarui dan perlu di tambah.

INFO : Untuk pengguna laptop kamu bisa download driver langsung dari situs resmi brand laptop yang kamu gunakan. Dan bagi pengguna komputer silahkan memakai software pendeteksi, dan pastikan juga jika kamu menggunakan VGA eksternal seperti AMD atau NVIDIA, download driver dari situs web atau software driver resmi mereka.

3. Update dan Install DirectX


DirectX


DirectX adalah kumpulan program yang dikhususkan untuk Windows yang memungkinkan perangkat lunak (terutama game) untuk dapat digunakan bersama hardware video dan audio. Windows sendiri sudah membawa DirectX pada installernya, namun beberapa game dan software jaman sekarang memerlukan versi DirectX terbaru dan kamu harus memperbaharui DirectX di komputer atau laptop dengan mendownload dan menginstallnya.

Download DirectX Online Installer
Download DirectX Offline Installer




4. Update dan Install NET Framework

NET Framework

NET Framework atau dot NET adalah kerangka kerja perangkat lunak yang berjalan pada sistem operasi Microsoft Windows. NET Framework dibutuhkan sama seperti DirectX, yaitu untuk bisa menjalankan game dan software jaman sekarang yang membutuhkan NET Framework versi terbaru.

Download NET Framework


5. Microsoft Visual C++ (MVC)


Microsoft Visual C++


Microsoft Visual C++ adalah sebuah program Integrated Development Environment (IDE) untuk bahasa pemrograman C dan C++ yang dikembangkan oleh Microsoft. MVC++ merupakan salah satu bagian dari paket Microsoft Visual Studio.

Beberapa game dan software terkenal seperti GTA, PES, Adobe Photoshop membutuhkan Microsoft Visual C++ untuk dapat bekerja. Microsoft Visual C++ sendiri terbagi menjadi beberapa bagian (berdasarkan tahun) yang bisa kamu download satu per satu melalui Download Center Microsoft. Namun, kamu juga bisa menginstallnya sekaligus semua All in One dalam satu paket yang sudah ter-bundle, dan itu bisa di download disini.




6. Install Adobe Flash Player


Adobe Flash Player


Yang satu ini tanpa saya jelaskan pun kamu pasti sudah tahu ya apa kegunaannya. Ya, Adobe Flash Player adalah program addons yang berjalan di latar belakang sistem untuk dapat memutar multimedia online seperti video streaming atau situs yang mengandung flash.

Jutaan situs web termasuk YouTube dan Facebook membutuhkan Adobe Flash Player untuk dapat memutar video secara online (streaming) dan ini wajib di install pada komputer atau laptop yang baru kamu install ulang.

Download Adobe Flash Player


7. Install Java


Java


Java adalah bahasa pemrograman yang multi-platform dan multi-device. Jika kamu membuat program dengan bahara pemrograman Java, kamu bisa menjalankannya hampir di semua komputer dan perangkat lain yang mendukung Java.

Meskipun Java sendiri tidak begitu sering digunakan pada komputer, tapi beberapa software membutuhkan Java yang terinstall di komputer agar dapat berjalan. Sebaiknya, Java di install pada komputer.

Download Java


8. Software Pendukung


Software Populer


Yang terakhir adalah mendownload dan menginstall software pendukung yang biasa kamu gunakan. Ada banyak software yang kadang kala lupa untuk di install pada komputer atau laptop yang masih fresh. Saya beri contoh beberapa software yang biasanya digunakan sehari-hari oleh banyak orang adalah :

Google Chrome
Microsoft Office
CCleaner
Media Player Classic
Winamp
WinRAR
Power ISO



Selain itu masih banyak lagi software yang sering digunakan, tergantung dari individunya masing-masing.

Nah itulah 8 hal yang perlu kamu lakukan jika baru install ulang komputer atau laptop. Jangan sampai setelah berhasil menginstall malah kamu langsung gunakan, bisa jadi kamu akan mendapatkan masalah apabila software yang kamu ingin install di komputer membutuhkan program-program pendukung seperti driver atau net framework.

Jika kamu rasa artikel ini bermanfaat dan layak dibaca oleh orang lain, jangan ragu untuk membagikannya kepada teman-teman atau saudara dengan meng-klik tombol sosial media diatas ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Artikel Terpopuler



DMCA.com Protection Status