Cara Ganti Background Login Windows Dengan Gambar Sendiri

Windows Login

Pernah gak sih kamu berfikir untuk mengganti gambar latar belakang atau background login Windows? Kalau kamu pernah, berarti kamu berfikir sama dengan saya beberapa waktu yang lalu.

Karena tidak ada kesibukan, saya putuskan untuk sedikit mempercantik tampilan Windows 7 dengan merubah apapun yang dapat diubah, dan saat saya menjelajah mbah Google, ketemu deh artikel yang membahas tentang cara ganti background Windows. Baiknya lagi, dengan cara ini kita tidak perlu menggunakan software pihak ketiga.



Lalu bagaimana caranya?

Untuk ganti background Windows, pertama-tama kamu harus mengetahui resolusi layar komputer yang digunakan. Kemudian menyiapkan gambar untuk dijadikan background yang ukurannya sesuai dengan resolusi gambar komputer kamu.

Bagaimana cara mengetahui resolusi layar komputer?

Cara mengetahuinya sangat sederhana, cukup klik kanan di desktop komputer kemudian pilih Screen Resolution.


Screen Resolution


Setelah itu kamu akan langsung bisa melihat berapa resolusi yang sedang dipakai oleh komputer.


Screen Resolution Size


Dimana saya bisa mencari gambar yang sesuai dengan resolusi komputer?

Setelah kamu mengetahui resolusi layar komputer, selanjutnya carilah gambar atau wallpaper dengan ukuran yang sesuai, misalnya seperti saya memakai resolusi 1366x768, yaitu resolusi HD standar.

Kamu bisa mencari wallpaper yang sesuai dengan resolusi komputer di WallpapersCraft. Disana tersedia ribuan wallpaper keren dengan beragam resolusi yang saya bilang sangat lengkap.

Download salah satu wallpaper yang kamu sukai untuk background nanti dan simpan di folder manapun, yang penting kamu ingat lokasi penyimpanannya ya.




Nah jika kamu sudah memiliki gambar yang sesuai dengan resolusi layar monitor komputer, selanjutnya kita bisa praktikkan langsung Cara Ganti Background Login Windows Dengan Gambar Sendiri. Silahkan ikuti langkah demi langkah dibawah ini dengan benar.


Cara Ganti Background Login Windows Dengan Gambar Sendiri


1. Buka regedit dengan cara mengetikkan regedit pada kolom pencarian Windows.


regedit


2.  Jika regedit sudah terbuka, arahkan ke file OEMBackground yang ada di dalam folder HKEY_LOCAL_MACHINE/SOFTWARE/Microsoft/Windows/CurrentVersion/Authentication/LogonUI/Background.


OEMBackground


Kemudian edit data value pada file OEMBackground menjadi 1 lalu simpan.


Data Value OEMBackground


3. Terakhir adalah menempatkan gambar background ke folder C:\Windows\System32\oobe\Info\backgrounds dan pastikan gambar tersebut diberi nama backgroundDefault.jpg dengan ukuran kurang dari 256 kB.




INFO : Folder Info dan background kemungkinan tidak ada. Jadi kamu bisa membuatnya terlebih dahulu.




Saya ingatkan sekali lagi, nama gambar jangan sampai salah dan ukuran file gambar jangan sampai melebihi ukuran yang telah ditentukan. Jika ada kesalahan, gambar tidak akan muncul saat login Windows.


4. Restart komputer da lihatlah hasilnya.


Cara ini sudah saya coba sendiri dan berhasil merubah background logon Windows sekaligus background shutting down.


Background Login Windows
Login Windows


Background Shutting Down Windows
Shutting Down Windows



Oh ya, saya mencoba cara ini di Windows 7 dan belum saya coba pada Windows 10 atau Windows 8. Jika kamu menggunakan Windows 7, silahkan langsung dicoba, tapi kalau kamu pakai Windows 8/10, saya tidak menganjurkannya, kecuali kamu berani menanggung resiko sendiri hehe.

Tertarik mengganti background Windows kamu?

Jika kamu rasa artikel ini bermanfaat dan layak dibaca oleh orang lain, jangan ragu untuk membagikannya kepada teman-teman atau saudara dengan meng-klik tombol sosial media diatas ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Artikel Terpopuler



DMCA.com Protection Status