Panduan Lengkap Cara Install Ulang Laptop atau Komputer

Cara Install Ulang Laptop

Ada banyak alasan orang ingin menginstall ulang komputer, entah itu hanya ingin belajar, ingin menghapus virus atau alasan lainnya. Tapi kebanyakan orang awam pasti kebingungan untuk melakukan install ulang laptop atau komputer, meskipun sudah sangat banyak yang menjabarkan tutorialnya di internet, tapi sebagian besar takut mempraktikkannya langsung.

Nah, pada kesempatan ini saya akan berbagi informasi mengenai Panduan Lengkap Cara Install Ulang Laptop atau Komputer yang bisa kamu ikuti langkah demi langkahnya.



Sebelum melakukan install ulang laptop atau komputer, sebaiknya kamu persiapkan alat-alat yang digunakan untuk menginstall ulang seperti :


Backup Data Penting (untuk mempermudah, baca artikel ini)
Charger Laptop
USB Flashdisk kosong (4GB atau lebih)
File ISO Windows 7/8/10
Software Rufus


Jika semua sudah kamu persiapkan, sekarang bisa melanjutkan untuk segera mempraktikkannya.

INFO : Agar lebih mudah, baca artikel ini melalui ponsel dan sambil mempraktikkan langsung ke laptop atau komputer yang ingin kamu install ulang.

 

Panduan Lengkap Cara Install Ulang Laptop atau Komputer

 

1. Charge laptop kamu jika baterai dibawah 70% karena proses install akan menguras banyak baterai.
 

2. Colokkan USB Flashdisk kosong ke laptop atau komputer.
 

3. Download software Rufus dan install.
 

4. Download file ISO Windows yang kamu inginkan, misalnya Windows 7, 8 atau Windows 10. Jika kesulitan untuk mendownloadnya dari situs Microsoft, sudah saya siapkan file ISO Windows 7 dan Windows 10 Original yang bisa kamu download langsung dibawah ini.

Download Windows 7 64-bit ISO

Download Windows 10 64-bit ISO




CATAT : File ISO Windows ini adalah original yang belum di otak-atik sama sekali dan membutuhkan lisensi untuk di aktifkan. Sengaja saya mirror ke Google Drive agar mudah di download lain waktu.


5. Setelah file ISO Windows kamu miliki, sekarang buka software Rufus yang tadi kamu download pada langkah no 3. Jika Rufus sudah terbuka, maka kamu bisa langsung membuat Flashdisk tersebut menjadi bootable untuk menginstall Windows.
 

6. Pilih Flashdisk sebagai media penyimpanan dan file ISO Windows sebagai OS yang ingin dibuat bootable.


Bootable Windows Dengan Rufus
 

7. Klik Mulai dan tunggu proses pembuatan bootable selesai dengan tanda READY.
 

8. Jika sudah ready, sekarang tutup software Rufus dan lihat ikon Flashdisk kamu di Explorer jika berubah dan di dalamnya ada beberapa folder serta file setup seperti gambar dibawah ini, itu berarti Flashdisk kamu sukses menjadi bootable.


Flashdisk Bootable Windows
 

9. Sekarang restart laptop atau komputer kamu dan pilih booting melalui Flashdisk.

INFO : Untuk memilih booting melalui Flashdisk kamu bisa memilih Boot Device Priority di BIOS menjadi USB Flashdisk.




10. Apabila booting ke Flashdisk berhasil, kamu akan langsung di hadapkan pada menu installer Windows. Pastikan kamu menghapus (delete) seluruh partisi hardisk hingga menjadikannya satu partisi kosong yang bernama Unallocated. Kemudian install lah Windows dari Flashdisk dipartisi kosong (Unallocated) tersebut.


Hapus Partisi


PERINGATAN : Dengan menghapus satu atau seluruh partisi akan menghapus sistem Windows juga semua data yang ada dan tidak akan bisa diselamatkan lagi. Jadi jangan lupa Backup sebelum kamu menghapusnya.

11. Tunggu proses install sampai selesai, biasanya akan memakan waktu 5 sampai 10 menit, dan laptop akan beberapa kali restart untuk memasang sistem. Lamanya proses tergantung dari spesifikasi laptop.



12. Jika kamu sudah mengikuti step by step dan berhasil masuk ke Windows home screen itu pertanda kalau kamu sukses menginstall Windows dari Flashdisk ke hardisk. Sampai disini kamu bisa meng-eject atau melepas Flashdisk dari laptop atau komputer.
 

Selesailah semua langkah untuk menginstall ulang laptop atau komputer ini. Kamu bisa melanjutkan sesi berikutnya dengan menambahkan program penting yang wajib di pasang pada sistem operasi Windows ketika pertama kali di aktifkan.

Jika ada pertanyaan, jangan sungkan untuk mengajukannya pada kolom komentar dibawah ini. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Jika kamu rasa artikel ini bermanfaat dan layak dibaca oleh orang lain, jangan ragu untuk membagikannya kepada teman-teman atau saudara dengan meng-klik tombol sosial media diatas ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Artikel Terpopuler



DMCA.com Protection Status