Cara Memainkan Game TALION Di Komputer / Laptop

TALION Game Characters

Postingan kali ini masih seputar TALION, game besutan UTPlus dan GAMEVIL yang satu ini memang belum berumur satu minggu saat artikel ini saya tulis tapi sudah menduduki peringkat TOP RPG Game di Google Play Store yang menandakan bahwa game ini memang benar-benar memiliki penggemar yang cukup banyak.

Meskipun sekarang TALION baru hadir di beberapa negara di Asia, tapi siapa sangka dalam 24 jam semua server selalu ramai. Hmm... tampaknya beberapa pemain dari game RPG pindah haluan untuk sekedar mencoba atau bahkan tertarik dengan TALION. Jelas saja ya, siapapun yang memainkan game ini pasti akan kagum dengan 3D grafis yang sangat tajam dan luar biasa. Belum lagi mode permainan yang terbilang lebih sederhana dari game MMORPG lainnya.



Karena saya sudah menjelaskan lebih lengkap tentang TALION di artikel sebelumnya yang berjudul Mengatasi Stuck Loading TALION jadi disini saya akan berbagi informasi lainnya yaitu Cara Memainkan Game TALION Di Komputer / Laptop.

Memang bisa main TALION di komputer / laptop?
NgeLAG ga main TALION di komputer / laptop?
Apa Emulator yang bagus untuk main TALION komputer / laptop?

Pertanyaan-pertanyaan seperti ini sering banget saya baca di grup Facebook TALION Indonesia dan masing-masing punya jawaban yang berbeda.

Saya sendiri memainkan TALION di komputer dengan emulator Bluestacks 3. Meskipun spesifikasi komputer pas-pasan, untungnya game ini dapat di mainkan dengan mulus dan tidak LAG (patah-patah). Justru saya jadi lebih suka untuk main TALION di PC ketimbang di HP hehe.


TALION on Bluestacks


Apa spesifikasi komputer yang cocok untuk memainkan TALION dengan emulator Bluestacks?

Komputer pribadi saya masih memakai spesifikasi rendah dan jadul, dengan prosesor i5 dan kartu grafis eksternal GTX 750 Ti serta RAM 8GB. Kalau kamu memiliki komputer atau laptop diatas itu pasti akan lebih smooth lagi saat main TALION atau game lainnya dengan Bluestacks.

Dihitung secara keseluruhan, kita akan menghabiskan 4GB RAM untuk menjalankan keduanya secara bersamaan yaitu Bluestacks dan TALION (diluar penggunaan grafis). Di halaman resmi Bluestacks, sistem paling minimal untuk menjalankannya adalah 2GB, sedangkan game TALION juga memiliki persyaratan minimal RAM 2GB untuk dapat dimainkan. Jadi total RAM kosong yang harus di siapkan adalah 4GB. Akan lebih baik jika lebih dari itu.




Selain Bluestacks adakah emulator lain yang lebih ringan?

Pertanyaan ini juga selalu jadi trending dimana-mana, bukan hanya di grup game saja bahkan di forum juga sering dibahas soal ini. Yang bisa menjawab sebenarnya hanya kita sendiri, mampukah komputer atau laptop kita menjalankan emulator tersebut. Karena hampir rata-rata Android Emulator Terbaik membutuhkan 2GB RAM untuk dapat dijalankan (belum termasuk RAM untuk main game atau kegiatan lain).

Intinya jika kamu menggunakan komputer  atau laptop dengan RAM 4GB sebenarnya hanya ada 3GB RAM kosong karena sistem Windows menghabiskan sekitar 700MB sampai 1GB RAM. Dengan 3GB RAM kosong itu apakah mungkin menjalankan emulator? Jawabannya adalah BISA.

CATAT : Menghabiskan resource hingga 100% akan berakibat fatal! Sebab, perangkat harus bekerja melebihi batasnya dalam waktu yang lama (berjam-jam). Untuk laptop ini bisa overheat dan bikin cepat rusak baterai serta komponen lainnya. Tapi untuk komputer kamu bisa menggunakan fan dan cooling secara maksimal dan pastikan arus listrik stabil.



Oke mungkin sekarang kamu sudah memahami syarat main TALION di komputer atau laptop. Saya rasa juga sudah cukup saya cuap-cuapnya, berikut ini video saat saya memainkan TALION di komputer dengan mode grafis High dan bisa kamu lihat hasilnya (play video ini dengan mode HD agar lebih jelas).




Seperti yang sudah saya bilang diatas, kamu harus menyediakan RAM kosong 4GB agar dapat menjalankan emulator dan game secara bersamaan. Jika memakai kartu grafis (VGA) eksternal itu lebih baik, bahkan kamu bisa mengaturnya ke mode grafis High di dalam settingan game serta memilih High DPI pada settingan Bluestacks.

Jika kamu rasa artikel ini bermanfaat dan layak dibaca oleh orang lain, jangan ragu untuk membagikannya kepada teman-teman atau saudara dengan meng-klik tombol sosial media diatas ini.

0 komentar:

Posting Komentar