Cara Membuat CD/DVD-ROM Internal Komputer Jadi Eksternal Portable


Pernah ga sih kamu berfikir untuk membuat CD/DVD-ROM internal komputer jadi eksternal atau portable? Saya rasa kamu pernah, apa lagi sampai nemu artikel ini dari Google hehe.

Sebenarnya bisa atau ngga ya CD/DVD-ROM internal komputer di jadiin portable dan bisa dibawa kemana aja??? Jawabannya adalah BISA!!

Sekitar seminggu yang lalu saya memikirkan bagaimana caranya memanfaatkan DVD-ROM di komputer bekas agar bisa digunakan pada komputer lainnya, tepatnya komputer yang tidak memiliki DVD-ROM karena casing yang tidak memberikan ruang untuk penempatan CD/DVD-ROM seperti beberapa jenis casing PC Gaming, Powerup dan Armagedon.



Nah karena saya menggunakan salah satu dari casing PC tersebut, alhasil saya tidak mungkin memasang CD/VD-ROM. Solusinya adalah menggunakan CD/DVD-ROM portable, yang bisa dibilang harganya lumayan mahal untuk jenis terkenal dan bermerek.

Dengan kebetulan, dirumah saya ada satu komputer bekas yang sudah tidak terpakai (warisan sodara) yang ada DVD-ROMnya. Karena penasaran apakah DVD-ROM tersebut masih berfungsi atau tidak, saya kebingungan untuk mengetesnya karena tidak ada kabel IDE yang nganggur dirumah saya. Dengan sangat penasaran akhirnya saya browsing tentang Cara Membuat CD/DVD-ROM Internal Komputer Jadi Eksternal Portable.

Ternyata sangat banyak artikel yang memberikan informasi tentang bagaimana cara mengubah CD atau DVD-ROM internal komputer menjadi eksternal / portable lho. Selidik punya selidik, ada beberapa vendor hardware khsusnya kabel yang digunakan pada komputer atau laptop dan bisa digunakan untuk membuat DVD/CD-ROM tersebut menjadi portable.




R Driver III adalah salah satu produk hardware yang paling umum dan banyak digunakan oleh orang untuk membuat CD atau DVD ROM internal komputer jadi portable. Harganya yang tergolong murah, hanya Rp 70.000 ~ Rp 80.000 ini menjadi pilihan terbaik untuk mencoba fungsionalitas DVD atau CD ROM.


R Driver III
R Driver III


Dengan menggunakan R Driver III, kamu bisa langsung mengkoneksikan DVD atau CD ROM internal komputer ke laptop atau ke komputer yang tidak memiliki DVD ROM melalui port USB. Pastikan memilih port kabel yang sesuai dengan tata cara pemasangan, dan jangan lupa memasang Power Adaptor.


R Driver III IDE to USB
R Driver III IDE to USB




Berikut ini adalah video tata cara penggunaan R Driver III untuk CD atau DVD ROM internal komputer pc menjadi eksternal / portable :



Nah yang ini video tata penggunaan R Driver III untuk membuat Hardisk (HDD) internal komputer / laptop menjadi eksternal atau portable :



PENTING : Saat saya lihat di ulasan pembeli R Driver III di toko online, produk ini mudah rusak karena Adaptor Power berkualitas rendah, dan saat saya coba itu benar. Adaptor akan sangat panas jika DVD atau CD ROM sedang digunakan. Saran saya adalah hadapkan kipas angin tepat ke Power Adaptor agar tetap dingin saat digunakan. Saya selalu menghadapkan kipas saat menggunakannya dan sampai detik ini tidak terjadi gangguan apapun.

CATAT : R Driver III adalah hardware konektor atau konverter yang paling murah dikelasnya. Jika kamu memiliki uang lebih, belilah konektor IDE to USB yang bermerek dan berkualitas baik, yang pastinya dengan harga sesuai.
Nah begitulah cara membuat CD atau DVD ROM internal komputer menjadi portable atau eksternal. Kamu bisa memindah-mindahkan CD atau DVD tersebut ke komputer atau laptop manapun asalkan memiliki port USB dan stop kontak untuk mencolokkan Power Adaptor.



Kabar baiknya dari R Driver III adalah, hardware ini memiliki dua fungsi sekaligus dalam satu produk. Selain dapat membuat CD/DVD-ROM portable, juga bisa digunakan untuk membuat Harddisk / HDD internal 2.5 dan 3.5 internal komputer atau laptop menjadi portable dengan bantuan kabel SATA yang sudah ada di dalam box kemasan R Driver III.

Jika kamu rasa artikel ini bermanfaat dan layak dibaca oleh orang lain, jangan ragu untuk membagikannya kepada teman-teman atau saudara dengan meng-klik tombol sosial media diatas ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Artikel Terpopuler



DMCA.com Protection Status