Cara Mengaktifkan Virtualisasi (VT-x) Pada Komputer / Laptop

Cara Mengaktifkan Virtualisasi (VT-x) Pada Komputer / Laptop

Teknologi virtualisasi dapat meningkatkan kinerja komputer atau laptop dan memungkinkan software seperti Android Emulator berjalan lebih lancar dan lebih smooth.

Untuk mendapatkan performa terbaik baik saat menjalankan software dan game tertentu pada komputer, kamu wajib mengaktifkan fitur virtualisasi ini yang juga sering disebut VT-x.

Berikut langkah demi langkah mengaktifkan virtualisasi pada komputer atau laptop.



Cara Mengaktifkan Virtualisasi (VT-x) Pada Komputer / Laptop


1. Cek terlebih dahulu apakah komputer atau laptop kamu mendukung Virtualisasi.

Untuk mengecek apakah komputer mendukung virtualisasi, kamu bisa menggunakan software checker VT-x yang bernama CPU-V. Kamu bisa mendownloadnya dari situs resmi mereka disini.

CPU-V tidak hanya mendeteksi apakah CPU  mendukung fitur virtualisasi, tetapi juga dapat mendeteksi apakah virtualisasi sudah di aktifkan atau belum.


CPU-V


INFO : Jika hasil pemeriksaan CPU-V menunjukkan centang warna hijau, itu berarti komputer atau laptop kamu mendukung virtualisasi. Tapi, jika ada tanda silang merah, itu pertanda tidak mendukung.


2. Memasuki BIOS untuk mengaktifkan virtualisasi. Sebelum kamu masuk ke BIOS diwajibkan mengetahui jenis serta versi BIOS yang sedang digunakan agar lebih mudah mengetahui HotKey untuk masuk ke dalam pengaturan BIOS.




Untuk mengecek versi dan jenis BIOS tekan HotKey Win + R lalu masukkan teks dxdiag dan klik Ok atau Enter. Kemudian kamu akan melihat informasi BIOS seperti pada screenshot di bawah ini.


BIOS


3. Setelah kamu memasuki BIOS, cari menu yang biasanya bernama Virtualisasi, VT-x, Intel Virtual Technology atau apa pun yang bertuliskan "Virtual" dan aktifkan.


BIOS Virtualization


4. Setelah selesai mengaktifkan, restart komputer. Sekarang virtualisasi sudah diaktifkan pada komputer atau laptop kamu. Agar lebih pasti sudah aktif atau belumnya, cek kembali dengan CPU-V.

PENTING : Jika kamu menggunakan Windows 8 atau Windows 10, mungkin ada konflik antara VT-x dan Microsoft Hyper-V. Silakan matikan Hyper-V dengan pergi ke Control Panel > Programs and Features > Turn fitur Windows on atau off > jangan centang kotak Hyper-V.



CATAT : Jika langkah diatas sudah kamu ikuti namun vitrualisasi masih tidak berhasil (masih silang merah saat di cek) periksa terlebih dahulu Antivirus yang kamu gunakan. Biasanya beberapa merek Antivirus terkenal memblokir fitur virtualisasi dan kamu harus menonaktifkan pemblokiran tersebut melalui pengaturan di Antivirus.

Sederhana dan mudah kan?

Jika kamu rasa artikel ini bermanfaat dan layak dibaca oleh orang lain, jangan ragu untuk membagikannya kepada teman-teman atau saudara dengan meng-klik tombol sosial media diatas ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Artikel Terpopuler



DMCA.com Protection Status