Cara Mengatasi Monitor TV Tidak Mengeluarkan Suara Saat Menggunakan HDMI

Cara Mengatasi Monitor TV Tidak Mengeluarkan Suara Saat Menggunakan HDMI

Sekarang ini sudah banyak TV LED yang mengeluarkan produk dengan dukungan HDMI, bisa dibilang TV yang diproduksi diatas tahun 2014 sudah hampir rata memiliki port HDMI seperti LG, Sony, Samsung, dll. Port HDMI ini bisa digunakan untuk mengkoneksikan CPU komputer melalui kabel HDMI to HDMI yang umumnya ada di Video Card (VGA).

Dengan menggunakan HDMI, tentu saja sound yang dialirkan dari setiap aktifitas komputer akan keluar melalui speaker TV dengan volume yang juga bisa di atur langsung melalui komputer dan remote TV. Hal ini juga menambah kemudahan bagi kita untuk menghemat biaya dan menambah luas ruangan, mengapa? Sebab dengan keluarnya suara melalui speaker TV tentu kita tidak memerlukan speaker tambahan dan dengan tidak adanya speaker tambahan, pasti ruang komputer kita terlihat lebih sederhana dan clean.



Tapi sayang, tidak semua orang "ngepas" dapat port HDMI TV dan kabel HDMI yang bagus. Ada banyak masalah yang dapat ditimbulkan saat menggunakan Monitor TV dengan koneksi HDMI ke CPU. Beberapa masalah yang paling sering timbul adalah :

Gambar dan buram / blur / bergradasi
Kecepatan respon time lambat
Rasio atau kualitas tidak maksimal
Suara tidak keluar dari speaker TV dan masih banyak lagi lainnya.

Penyebab masalah-masalah diatas disebabkan oleh dua faktor yang sudah saya sebutkan diatas, yaitu port HDMI TV yang kurang bagus dan kabel HDMI yang berkualitas buruk.

Karena pada artikel ini saya ingin berbagi Cara Mengatasi Monitor TV Tidak Mengeluarkan Suara Saat Menggunakan HDMI, jadi kita fokuskan dulu ke suara yang tidak keluar dari speaker TV.


Cara Mengatasi Monitor TV Tidak Mengeluarkan Suara Saat Menggunakan HDMI


1. Pertama-tama, kita harus memperbaharui driver suara di CPU, misalnya Realtek melalui driver updater otomatis IOBit Driver Booster.




Selain untuk meng-update driver secara otomatis, IOBit Driver Booster juga dapat langsung melakukan perbaikan suara yang tidak keluar dari TV, Sound Eksternal maupun perangkat lainnya dengan cara melakukan Fix No Sound.




2. Jika seluruh driver sudah versi terbaru (updated) barulah lanjut ke sesi pemilihan output suara yaitu di Volume control options. Untuk membuka pengaturannya, klik kanan pada ikon volume di sudut kanan bawah monitor kamu.


Volume control options


Pastikan kamu memilih atau centang pada bagian TV.


LG TV Speaker Out


3. Setelah kamu sudah melakukan langkah no 2, sekarang buka pengaturan Playback device. Untuk membukanya masih sama, yaitu dengan klik kanan ikon volume.


LG TV Default Speaker


Pilih merek TV yang tampil disana sebagai perangkat default untuk mengeluarkan suara dengan cara klik Set Default.



Cara diatas adalah langkah yang paling sering dilupakan oleh kebanyakan orang saat menggunakan TV untuk Monitor komputer. Pengaturan output suara memang tidak akan otomatis disetel oleh Windows, jadi kita harus mengaturnya terlebih dahulu secara manual agar suara bisa keluar dari speaker TV.

Jika kamu rasa artikel ini bermanfaat dan layak dibaca oleh orang lain, jangan ragu untuk membagikannya kepada teman-teman atau saudara dengan meng-klik tombol sosial media diatas ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Artikel Terpopuler



DMCA.com Protection Status