Cara Mengatasi Stuck dan Tidak Bisa Buka Game TALION

TALION

Seperti yang kita tahu salah satu pengembang game ternama GAMEVIL telah merilis game MMORPG yang sudah lama ditunggu-tunggu gamer, yaitu TALION. Kabar mengatakan game ini telah dibuat sejak tahun 2016 namun masih dalam pengembangan dan akhirnya beberapa hari lalu tepatnya pada 14 September 2018 game ini resmi dirilis dan bisa langsung di dapatkan di ke Google Play Store serta iOS App Store.

TALION adalah game MMORPG yang memiliki grafis super keren dengan beragam kustomisasi karakter dan skill dalam permainan. Menurut GAMEVIL, TALION dapat dijalankan pada ponsel Android yang memiliki RAM 2 Gb serta ruang penyimpanan kosong 3GB.



Hmmm.. Sepertinya game yang cukup menguras resource ponsel ya.

Tapi setelah saya coba download dan mainkan game TALION ini di ponsel Oppo F7, ternyata benar saja grafis dari game ini benar-benar super keren dan mode permainan open world yang cukup seru. Sayangnya, karena game ini sangat baik dalam segi grafis dan efek-efeknya jadi saya kira ponsel dengan RAM 2 Gb bisa saja tidak akan stabil untuk memainkan game ini pada mode gambar Mid atau High, dan harus di setting Low agar bisa menjalankannya. Tentu dengan mode Low grafis yang dihasilkan tidak akan semulus Mid atau High.


Screenshot TALION Game
Screenshot (Oppo F7) TALION Game pada mode grafis Mid


Belum lagi ruang penyimpanan yang dihabiskan oleh TALION cukup banyak, bayangkan launcher game ini bisa di download dari Play Store sebesar 85 Mb dan jika kita ingin memainkannya maka diharuskan mendownload lagi file tambahannya sebesar 1,75 Gb. Dari situ sudah bisa kita ketahui bahwa game ini aslinya memiliki ukuran yang sangat besar, bahkan jauh lebih besar dari game-game sejenis.

Beberapa saat saya coba bermain game TALION ini dan alhasil ukuran file bertambah dan terus bertambah hingga akhirnya menghasilkan ukuran 3,3 Gb di ponsel saya.


Ukuran Game TALION
Ukuran Game TALION


Waduh kalau sebesar ini mungkin ponsel dengan ruang penyimpanan 8 ~ 16 Gb perlu merelakan data di ponsel untuk dihapus atau pindahkan ke penyimpanan lain jika benar-benar ingin memainkan TALION. Ini baru beberapa hari saya mainkan, bahkan belum sampai tiga hari. Jadi, kalau kamu memiliki ponsel dengan ruang penyimpanan kosong kurang dari 4 Gb sebaiknya pikir-pikir dulu ya hehe.




Oke kita masuk ke inti pembicaraan mengenai masalah stuck atau gagal masuk ke server. Hal seperti ini bisa di sebabkan oleh beberapa hal yang bisa diatasi dengan mencoba satu per satu cara dibawah ini.

INFO : Sebelum mencoba salah satu cara dibawah ini, sebaiknya kamu perhatikan soal spesifikasi ponsel. Karena game ini sepertinya dibuat untuk ponsel jaman sekarang, jadi jangan sampai kuota kamu habis sia-sia hanya untuk download file game yang pada akhirnya malah tidak bisa di mainkan. Saya anjurkan untuk memakai ponsel dengan RAM 3 ~ 4 Gb jika ingin lancar bermain TALION.


Cara Mengatasi Stuck dan Tidak Bisa Buka Game TALION


1. Update Play Games & Google Play Service

Game TALION membutuhkan Play Games dan Play Service untuk dapat login ke permainan sebab mereka membuatkan penautan akun Google secara otomatis melalui Gmail yang ada di ponsel. Apabila versi Play Games dan Play Service di ponsel kamu sudah usang, update terlebih dahulu dan coba lagi untuk menjalankan game.




2. Atur Auto Login Play Games

Setiap kali login game TALION membutuhkan Play Games untuk menautkan ulang akun. Terkadang, dalam sesi loading saat login ada popup Play Games yang meminta perizinan agar dapat mengakses akun. Karena popup tersebut, kemungkinan akan stuck saat kamu login. Solusinya adalah mengaktifkan fitur auto login pada akun Play Games kamu agar tidak diminta izin terus menerus saat pertama buka game.


Login Otomatis Play Games


3. Restart Ponsel & Tutup Apps Tidak Terpakai

Jika kedua cara diatas sudah kamu lakukan namun belum efektif, kamu bisa me-restart ponsel dan menutup aplikasi yang tidak diperlukan sebelum membuka game. Hal ini dilakukan agar ponsel kamu memiliki banyak RAM bebas. Game TALION membutuhkan RAM kosong sebesar 2 Gb untuk menjalankan gamenya dalam mode grafis High.


4. Periksa Jaringan Internet

Yang paling tidak disadari oleh player adalah koneksi internet yang buruk. TALION adalah game real-time online yang mengharuskan para player memiliki koneksi internet cepat seperti 4G dan WiFi yang stabil. Jika kamu bermain di koneksi 3G, bisa dipastikan kamu akan sering mendapatkan stuck dan error connection.

Solusi untuk masalah ini adalah mencari tahu provider apa yang memiliki koneksi internet tercepat di lokasi kamu tinggal.



5. Reset Ulang Ponsel

Cara terakhir untuk mengatasi masalah stuck yang tak kunjung selesai adalah melakukan reset ulang ponsel. Kamu harus menyetel ulang ponsel ke pengaturan pabrik termasuk unroot jika ponsel sudah di root. Dengan cara ini 98% kemungkinan kamu akan bisa mengatasi masalah stuck dan error saat buka game TALION.


Nah itulah cara mengatasi stuck di game TALION yang bisa saya informasikan. Berhubung game ini juga masih baru di rilis ke publik, ada kemungkinan server pusat game ini belum stabil sepenuhnya dan masih sering ada gangguan atau maintenance tidak teratur.

Punya tips dan trik lain untuk mengatasi stuck main game TALION? Jangan ragu untuk memberi informasinya di kolom komentar agar teman-teman yang lain bisa mengatasi masalah mereka. Terimakasih, dan salam luar biasa.

Jika kamu rasa artikel ini bermanfaat dan layak dibaca oleh orang lain, jangan ragu untuk membagikannya kepada teman-teman atau saudara dengan meng-klik tombol sosial media diatas ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Artikel Terpopuler



DMCA.com Protection Status