Begini Cara Menggunakan Private DNS Di Android 9 Pie

Cara Menggunakan Private DNS Di Android 9 Pie

Belum lama ini Google secara resmi meluncurkan Android versi terbaru yaitu Android 9 yang disebut juga sebagai Android Pie. Ada banyak fitur baru yang disuguhkan pada Android Pie dan beberapa diantaranya adalah keamanan dan privasi.

Jika kamu melihat pengaturan jaringan di ponsel yang sudah menggunakan Android Pie, kamu mungkin bisa melihat fitur DNS Pribadi atau Private DNS yang saat ini hanya baru didukung oleh Android Pie.



Fitur Private DNS ini menyederhanakan proses konfigurasi DNS aman khusus di ponsel Android yang berarti perangkat dan situs web yang kamu kunjungi tidak akan dapat mengintip permintaan DNS karena akan dienkripsi.

Protokol di balik ini adalah TLS yang juga bertanggung jawab untuk ikon kunci hijau yang kamu lihat di bilah alamat ketika mengunjungi situs web melalui HTTPS.

Teknologi yang sama berguna untuk mengenkripsi permintaan DNS untuk memastikan bahwa keamanan DNS tidak dapat dirusak dan tidak dapat diintip oleh ISP (operator seluler). Protokol keamanan baru ini disebut DNS over HTTPS dan DNS over TLS.

Oke mungkin sekarang kamu sudah tahu ya apa manfaat dan guna Private DNS. Untuk mengkonfigurasinya, silahkan memakan cara dibawah ini.


Cara Menggunakan Private DNS Di Android 9 Pie


1. Buka Pengaturan > Jaringan & internet > Lanjutan > DNS Pribadi.




2. Pilih opsi Hostname penyedia DNS Pribadi.

3. Masukkan  1dot1dot1dot1.cloudflare-dns.com  dan tekan Simpan.


Private DNS Android Pie


4. Kunjungi 1.1.1.1/help (atau 1.0.0.1/help) untuk memverifikasi bahwa "Menggunakan DNS melalui TLS (DoT)" ditampilkan sebagai "Ya".

5. Selesai.


Mengapa Harus Menggunakan DNS Pribadi?



TLS adalah protokol yang mengenkripsi lalu lintas di saluran komunikasi yang tidak dipercaya seperti saat menjelajahi email di jaringan publik WiFi. Bahkan dengan TLS, masih belum ada cara untuk mengetahui apakah koneksi ke server DNS telah dibajak atau sedang diintip oleh pihak ketiga. Hal ini penting karena hacker dapat mengkonfigurasi hotspot WiFi terbuka di tempat umum yang merespons permintaan DNS dengan catatan yang dipalsukan untuk membajak koneksi ke penyedia email dan bank online.

Private DNS ini bisa kamu aktifkan jika menggunakan WiFi di tempat publik seperti stasiun, rumah sakit atau kafe.

Jika kamu rasa artikel ini bermanfaat dan layak dibaca oleh orang lain, jangan ragu untuk membagikannya kepada teman-teman atau saudara dengan meng-klik tombol sosial media diatas ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Artikel Terpopuler



DMCA.com Protection Status