Cara Install Phoenix OS Di Flashdisk (Live USB)

Cara Install Phoenix OS Di Flashdisk (Live USB)

Phoenix OS adalah sistem operasi berbasis linux yang sengaja dibuat menyerupai tampilan Android dan bisa dibilang sudah 99% mirip. Kebanyakan orang mengira bahwa Phoenix OS adalah Android Emulator yang bisa di install ke komputer dengan 2x klik, tapi itu salah besar. Sebab Phoenix OS bukanlah emulator melainkan sistem operasi yang sistemnya perlu di install dengan prosedur yang benar.

Apa sih kelebihan Phoenix OS?

Keunggulan dan kelebihan dari Phoenix OS tentu saja performa yang luar biasa karena bisa menggunakan seluruh resource di komputer tanpa terhambat oleh sistem lain seperti halnya Emulator Android yang harus berjalan di atas sistem Windows.



Nah, karena banyak orang yang masih bingung bagaimana cara menginstall Phoenix OS di komputer atau laptop, jadi saya tulis saja artikel ini.

INFO : Saya sarankan untuk membaca artikel ini dengan teliti dan jangan asal install saja karena jika salah bisa merubah urutan boot di harddisk, mengacak partisi dan bahkan merubah HDD ke format yang berbeda apabila kamu menggunakan Phoenix OS Installer Exe.

Cara yang akan saya uraikan dibawah ini ini sama dengan Cara Install Linux Di USB Flashdisk kok, karena mudah jadi kamu pasti bisa melakukannya.

Oke saya anggap kamu sudah mengetahui ya resiko untuk menginstall Phoenix OS ini, sekarang mari kita bahas cara menginstallnya yang benar dan 100% pasti berhasil.



Cara Install Phoenix OS Di Flashdisk (Live USB)



1. Download Phoenix OS Images (ISO) dari situs resmi mereka di alamat http://www.phoenixos.com/en/download_x86 kemudian pilih ISO Image.

PENTING : Jangan sampai salah ya, harus yang ISO.

Download Phoenix OS ISO


2. Setelah kamu memiliki file Phoenix OS ISO sekarang download juga software kecil bernama Rufus dan jangan lupa siapkan USB Flashdisk yang ingin kamu gunakan untuk Phoenix OS dengan minimal 4GB.




3. Apabila semua sudah lengkap sekarang colokkan Flashdisk ke komputer dan buka software Rufus. Kamu bisa langsung melihat nama Flashdisk dan memilih file Phoenix OS ISO pada kolom "Pilihan Boot".


Phoenix OS Bootable
Membuat Phoenix OS Bootable Dengan Rufus


4. Biarkan yang lainnya default dan klik MULAI. Tunggu beberapa saat hingga muncul tulisan SIAP dan itu menandakan bahwa Flashdisk kamu sudah 100% terinstall Phoenix OS Bootable.

5. Setelah Flashdisk kamu sudah siap, sekarang kamu bisa me-restart komputer dan masuk ke BIOS untuk memilih First Boot melalui USB Flashdisk.




6. Jika berhasil boot melalui Flashdisk pilih Live (yang atas / ke 1), kemudian kamu akan melihat layar seperti gambar dibawah ini untuk memilih bahasa, jika sudah memilih klik NEXT untuk masuk ke sistem.

7. Kalau tidak ada kendala apapun, dalam beberapa menit setelah konfigurasi otomatis kamu akan langsung bisa menikmati Phoenix OS di komputer atau laptop dan itu siap digunakan seperti Android di HP!


Phoenix OS
Welcome Screen Phoenix OS

Phoenix OS File Manager
Phoenix OS File Manager

Phoenix OS Android 7
Versi Phoenix OS & Versi Androidnya


CATAT : Karena cara ini menggunakan Live USB jadi seluruh data tidak akan tersimpan jika kamu mematikan komputer dengan kata lain, seluruh settingan, file dan apapun itu akan terhapus.



Agar dapat menyimpan data kamu perlu menginstall Phoenix OS secara permanen ke HDD komputer dan itu benar-benar tidak saya sarankan karena jika kamu awam tentang komputer, ini bisa menjadi masalah di kemudian hari. Tapi kalau kamu memang benar-benar sudah bertekad, silahkan pilih Install ke Harddisk (yang bawah / ke 2) pada langkah no 6.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. :)

Jika kamu rasa artikel ini bermanfaat dan layak dibaca oleh orang lain, jangan ragu untuk membagikannya kepada teman-teman atau saudara dengan meng-klik tombol sosial media diatas ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Artikel Terpopuler



DMCA.com Protection Status