Cara Memperbaiki Format Harddisk Yang Berubah Menjadi RAW

Cara Memperbaiki Format Harddisk Yang Berubah Menjadi RAW

Harddisk atau sering disebut HDD adalah perangkat keras tempat menyimpan file yang ada pada komputer dan laptop. Segala jenis data yang tersimpan dalam harddisk sangat penting oleh kebanyakan orang, bahkan ada yang rela membayar teknisi jika harddisk mengalami kerusakan.

Perlu diketahui bahwa penyebab rusaknya harddisk bisa disebabkan oleh banyak faktor seperti komputer kekurangan daya listrik, komputer sering dimatikan paksa dan yang paling sering terjadi adalah komputer terserang virus dan mengakibatkan harddisk menjadi korbannya.



Ada banyak masalah yang bisa merusak harddisk dan semua itu tergantung dari seberapa besar kerusakannya. Biasanya, harddisk yang akan rusak memiliki ciri-ciri khusus yaitu :

• Komputer mulai terasa berat / lambat
• Komputer sering restart dengan sendirinya
• Komputer hank / diam dan tidak bisa di klik
• dan masih banyak lagi,

Untuk kerusakan awal, sebenarnya harddisk masih bisa diselamatkan dengan membawanya ke teknisi. Namun ada juga yang bisa membuatnya langsung rusak keseluruhan dan semua data tidak bisa diselamatkan lagi, kerusakan seperti ini memang paling mengerikan dan bisa saja terjadi sewaktu-waktu.

Oleh karena itu, kita wajib mengecek kondisi fisik harddisk dan membersihkannya. Juga, kita bisa mengetahui kondisi digitalnya melalui software untuk mengecek harddisk seperti dengan software CrystalDiskInfo salah satunya.


CrystalDiskInfo


Dengan menggunakan software ini kita dapat langsung mengetahui apakah kondisi harddisk baik-baik saja atau sudah mulai memiliki tanda-tanda kerusakan seperti bad sector di beberapa titik. Apabila Health Status menunjukkan Good itu berarti baik-baik saja.




Selain kerusakan karena faktor yang sudah saya sebutkan diatas, harddisk juga bisa rusak karena kesalahan penggunanya sendiri karena kurang teliti dalam menggunakan komputer seperti format harddisk yang berubah menjadi RAW.

Sekilas format harddisk yang menjadi RAW terlihat biasa saja, tapi siapa sangka bahwa harddisk yang sudah memiliki format RAW tidak akan bisa lagi dibaca dan ditulis oleh komputer, bahkan parahnya jika harddisk sudah menjadi RAW itu tidak bisa di format dengan cara biasa. Dengan kata lain, harddisk sudah benar-benar rusak dan tidak bisa dipakai apabila sudah menjadi format RAW.


Jika kamu memiliki masalah dengan harddisk yang berubah menjadi format RAW, jangan cemas. Masih ada beberapa cara yang bisa menyelamatkan data kamu di dalam harddisk tersebut meski tidak 100% bisa dilakukan pada semua jenis harddisk.

M3 Data Recovery adalah software yang bisa membetulkan harddisk berformat RAW dan mengembalikan datanya dengan aman.



Cara Memperbaiki Format Harddisk Yang Berubah Menjadi RAW



1. Download terlebih dahulu software M3 Data Recovery dan install ke komputer atau laptop.

2. Buka M3 Data Recovery dan pilih harddisk yang berformat RAW.


M3 Data Recovery


3. Klik "Next" untuk men-scan harddisk RAW dan tunggu beberapa menit hingga selesai.


M3 Data Recovery Scan


4. Setelah scan selesai klik "Fix Drive" untuk membetulkan harddisk tersebut.


M3 Data Recovery Fix Drive


Jika harddisk RAW tidak dapat diperbaiki, silakan beralih ke mode pemulihan data dan kemudian pulihkan data dari harddisk RAW dengan cara dibawah ini.




1. Buka M3 Data Recovery dan pilih harddisk RAW.

2. Klik "Next" dan tunggu sampai selesai.

3. Setelah scan selesai kamu bisa melihat seluruh data yang ada di harddisk RAW.

4. Pilih data yang ingin kamu salin dari harddisk RAW tersebut dengan mengklik "Recover".


M3 Data Recovery Recover



INFO : Dengan cara ini kamu harus memiliki dua harddisk yang terhubung ke komputer. Satu harddisk yang normal dan satu lagi yang RAW untuk memindahkan / recover data dari harddisk RAW ke harddisk yang masih normal.
Nah begitulah cara mengatasi masalah harddisk yang berubah menjadi format RAW agar bisa dipulihkan atau diselamatkan data-data didalamnya.

Jika kamu rasa artikel ini bermanfaat dan layak dibaca oleh orang lain, jangan ragu untuk membagikannya kepada teman-teman atau saudara dengan meng-klik tombol sosial media diatas ini.

0 komentar:

Posting Komentar