Manfaat Website Bagi Pemilik Usaha dan Pedagang Online

Manfaat Website Bagi Pemilik Usaha dan Pedagang Online

Apakah kamu seorang pengusaha atau pedangang online yang siap untuk meningkatkan rasio penjualan atau brand? Jika itu benar, ada baiknya kamu mulai memikirkan sebuah website yang dapat dengan mudah ditemukan oleh calon pembeli yang sedang mencari produk dagangan kamu.

Ada banyak sekali jenis website yang dapat dibuat dan dari sekian banyak itu, manakah yang perlu kamu buat dan apa manfaatnya kedepan nanti. Disini saya ingin jabarkan apa-apa saja keuntungan dari memiliki website bagi pengusaha kecil hingga menengah termasuk pedangang online.

Berikut manfaat yang akan kamu dapatkan jika memiliki sebuah website :

1. Proses Pemasaran Lebih Mudah


Pemasaran
Handshake of Business / VectorStock (c)



Jika kamu memiliki sebuah website yang fokus kepada brand atau barang dagangan, tentu saja website tersebut akan sangat bermanfaat jika kamu menggunakannya dalam proses promosi (contohnya dengan Facecook Ads atau Google AdWords) yang selalu mementingkan website sebagai alat untuk promosi.

Sebagai contoh, kamu bisa melihat iklan yang di promosikan oleh brand-brand terkenal yang lebih memilih untuk menggunakan website pribadi mereka daripada menggunakan Fanspage atau E-Commerce terbuka seperti TokoPedia, Bukalapak dan Shopee.


Bukalapak Sponsor
Bukalapak Sponsor di Facebook / Facebook (c)


Sebab, dengan mempromosikan website mereka saat itu juga mereka mendapatkan dua keuntungan yang bisa dikatakan kunci emas "Gold Key". Selain menampilkan iklan yang paling relevan dengan pengguna Facebook dan Google, tentunya website yang di promosikan dengan cara periklanan tersebut menjadi lebih terpercaya oleh pengguna. Tak berhenti disitu, website juga akan mendapatkan banyak kunjungan dari orang-orang yang melihat iklan dan akhirnya menimbulkan konversi pengunjung.

Setelah itu, website yang sudah mendapatkan banyak pengunjung akan lebih mudah ditemukan di mesin pencari apapun termasuk Google, Bing, Yahoo, Duckduckgo, Yandex, dan banyak lagi. Cara ini ini mempengaruhi SEO (Search Engine Optimization) pada website yang disebabkan oleh banyaknya pengunjung yang datang.

INFO : Hal yang perlu kamu lakukan pertama kali sebelum memulai langkah pertama ini adalah membuat website yang sesuai dengan minat pengguna (disesuaikan dari jenis bisnis yang kamu jalankan). Untuk membuat website, situs Satoristudio bisa kamu jadikan referensi karena kemudahan panduannya yang juga dilengkapi dengan gambar.


2. Mempopulerkan Brand Dengan Singkat


Promosi
Marketing Promotion / VectorStock (c)


Tidak jauh berbeda dengan keuntungan langkah pertama, di step kedua ini kamu bisa memanfaatkan website dalam mempopulerkan brand atau brang yang kamu jual tanpa harus menggunakan promosi berbayar.

Yang perlu kamu lakukan dalam mempopulerkan barnd atau prodak dagangan ialah Teknik SEO yang tepat. Penggunakan SEO dalam sebuah website sangatlah penting, salah satunya adalah meningkatkan popularitas halaman web di mesin pencari seperti Google. Semakin baik teknik yang digunakan, maka akan semakin akurat dalam mempopulerkan brand di internet.

CATAT : Dalam menggunakan teknik SEO kamu wajib mengetahui sedikit tentang fungsi dan manfaatnya. Jika kamu belum mengetahui itu, bisa simak caranya di artikel yang pernah saya tulis disini.


3. Menciptakan Kepercayaan Kepada Calon Pembeli


Happy Woman Shopping
Happy Woman Shopping / VectorStock (c)


Di internet yang sangat luas tentu saja kita sulit mendapatkan kepercayaan jika baru menjalankan berbisnis atau menjual prodak. Banyaknya kasus di dunia maya menciptakan orang gampang mencurigai satu sama lain, apa lagi kepada penjual produk online.

Untuk menangkis kecurigaan calon pembeli kita harus memiliki website yang trusted. Website trusted adalah jenis website profesional yang memiliki desain rapih serta dilengkapi dengan berbagai aturan dan ketentuan. Sealin itu website jenis ini juga biasanya memiliki aplikasi khusus untuk ponsel Android dan iOS.




Tapi tengang saja, sekarang teknologi sudah semakin maju dan membuat website sudah bukan hal yang sulit lagi, apa lagi kita juga bisa membuatnya tanpa harus menyentuh struktur kode dalam kerangka website. Cara ini menggunakan CMS (Content Management System) yang sengaja dibangun untuk menciptkan website profesional tanpa keahlian khusus. Penjelasan Cara Membuat Website Instan ini dapat membantu kamu untuk membuat website yang luar biasa dalam waktu singkat dan 100% tanpa memerlukan keahlian web programming.


4. Menambah Kesan Professional


Online Store Professional
Google Merchant Center / Google (c)


Jika kamu sudah memiliki website trusted tentu saja calon pembeli tidak akan lagi ragu untuk melakukan pembayaran. Kamu bisa menambahkan alamat website pada setiap akun sosial media yang digunakan untuk aktifitas promosi brand atau brang dagangan.

Kita bisa ambil contoh ini dari berbagai akun sosial media brand, startup, atau penjual produk retail yang populer. Mereka akan menempatkan alamat website pada setiap postingan di sosial media. Hal ini juga berkaitan dengan SEO yang sudah saya jabarkan di atas.


5. Mempermudah Calon Pembeli Menemukan Produk


Beli Prodak
Online Shopping Concept / VectorStock (c)


Pembeli yang datang tanpa di undang (misalnya menemukan situs web dari Google) akan memilih dan membanding-bandingkan mana website yang menjual produk yang sedang mereka cari. Tentunya website yang terlihat trusted dan profesional akan menjadi acuan mereka. Hal inilah yang mewajibkan kamu sebagai pemilik usaha atau peagang online menyiapkan strategi dalam hal pembuatan website yang nyaman dan dapat dipercaya, sebab di internet orang awam akan lebih tertarik pada warna dan gambar ketimbang produk asli yang akan mereka beli.



Pikirkanlah warna website dan gambar katalog atau banner promosi yang mendekat brand atau prodak yang kamu jajakan. Sebab dengan cara itu website akan terlihat elegan karena kecocokan warna. Jangan lupa juga untuk menggunakan metode pembayaran yang paling mudah bagi pembeli. Jika belum memiliki seluruh metode pembayaran kamu bisa linkkan alamat pembelian prodak ke situs E-Commerce lokal seperti Shopee, Tokopedia, atau Bukalapak.

Sebagai pedgang barang retail yang memiliki banyak prodak, website bisa dijadikan alat untuk membuat katalog / etalase dan menjabarkan kegunaan barang tersebut yang dilengkapi dengan gambar serta video. Cara ini terbukti mampu membuat calon pembeli semakin tertarik dengan barang yang kamu jual.

Diatas adalah sebagian dari manfaat memiliki website bagi pemilik usaha dan pedagang online. Jika kamu berniat memulai usaha kecil yang berawal dari internet, website adalah jalan paling singkat untuk memperkanalkan brand dan prodak kamu.

Jika kamu rasa artikel ini bermanfaat dan layak dibaca oleh orang lain, jangan ragu untuk membagikannya kepada teman-teman atau saudara dengan meng-klik tombol sosial media diatas ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Artikel Terpopuler



DMCA.com Protection Status