Aplikasi Android Untuk Transfer File Paling Cepat Dan Praktis

Aplikasi Transfer File Paling Cepat Dan Praktis

Melakukan transfer file dalam jumlah yang banyak atau besar memang menjadi hambatan saat proses transfer berlangsung. Dulu, kebanyakan orang mentransfer file menggunakan koneksi Bluetooth atau Infrared, namun saat ini kedua koneksi tersebut tampaknya sudah mulai tertinggal meskipun Bluetooth sudah melakukan upgrade versi di hampir seluruh ponsel Android terbaru.

Pemilihan transfer file melalui koneksi WiFi kini menjadi terobosan baru yang dapat mengirim dan menerima file secepat kilat. Bayangkan saja, file dengan ukuran 2 GB bisa dikirim dan terima dalam waktu kurang dari 1 menit. Kecepatan super inilah yang akhirnya menggeser Bluetooth dan Infrared yang kemudian digantikan dengan WiFi transfer.



Banyak pengembang aplikasi Android yang sudah menciptakan aplikasi khusus untuk transfer file melalui koneksi WiFi termasuk Google dengan aplikasi barunya yang bernama Files.

Beberapa aplikasi transfer file cepat sudah mendunia dan mungkin sudah terinstall di ponsel kamu? Jika itu benar, berarti kamu tidak membutuhkan aplikasi lain kecuali kamu ingin tahu mana aplikasi transfer file yang paling cepat dan praktis.

Berikut ini adalah aplikasi-aplikasi Android khusus untuk mengirim dan menerima file secepat kilat yang bisa kita gunakan secara gratis.



Aplikasi Android Untuk Transfer File Paling Cepat Dan Praktis



1. Files

Files by Google

Pemilik sistem operasi Android, Google Inc. akhirnya secara resmi telah merilis aplikasi File Manager buatan mereka belum lama ini. File Manager buatan Google dilengkapi dengan fitur umum yang sudah ada di File Manager default ponsel Android seperti pendeteksi duplikasi file, duplikat foto/video, dan menghapus file tidak terpakai. Selain itu, satu fitur yang paling diandalkan dalam aplikasi Files adalah fitur transfer file cepat yang menggunakan koneksi WiFi.



2. ShareIt

ShareIt

Tidak perlu saya jelaskan lagi untuk aplikasi buatan SHAREit Technologies ini ya, mungkin hampir seluruh pengguna ponsel Android tahu apa guna dari aplikasi ini. Kalau memang tidak tahu, itu benar-benar kebangetan hehe.




3. AirDroid

AirDroid

AirDroid bukanlah aplikasi yang sepopuler ShareIt, namun AirDroid memiliki firur yang lebih banyak dibandingkan dengan aplikasi transfer file lainnya. Selain fitur untuk mengirim dan menerima file antar ponsel, AirDroid juga bisa digunakan untuk mengirim dan menerima file multi device asalkan sama-sama menggunakan AirDroid dan WiFi yang sama. Kamu bisa berbagi file ke komputer, laptop, tablet, dan perangkat lainnya dengan praktis melalui menu transfer AirDroid. Kelebihan lainnya yang paling diandalkan orang-orang adalah Screen Mirror yang dapat menampilkan layar ponsel Android kamu di layar komputer atau laptop WOW!


4. Xender

Xender

Salah satu penantang berat AirDroid adalah Xender. Kedua aplikasi ini dulunya memiliki tampilan dan fitur yang sama, bisa dibilang kembar dan hanya ciri khas warna lah yang membedakan. Tapi sekarang keduanya terlah berbeda namun tetap dengan fitur yang sama. Saya sendiri sekarang lebih sering menggunakan Xender untuk berbagi file ke komputer karena bisa langsung melalui web browser dengan bantuan fitur Web Transfer yang dimiliki Xender.


5. Zapya Go

Zapya Go

Zapya Go adalah aplikasi file transfer tercepat yang memiliki ukuran paling kecil di Play Store, yaitu hanya 3 Mb saja! Selain ukurannya yang mini, Zapya Go juga memfokuskan aplikasinya hanya pada fitur transfer file. Di dalam aplikasi kamu tidak akan menemukan fitur lain selain Kirim, Terima, dan Riwayat Transfer. Sangat cocok untuk kamu yang hanya ingin mentransfer file cepat dan praktis dengan tampilan aplikasi yang elegan.


6. Send Anywhere

Send Anywhere

Bukan aplikasi yang sederhana, Send Anywhere adalah aplikasi untuk mentransfer file cepat yang memiliki fitur lengkap serta tampilan dalam aplikasi yang mewah. Send Anywhere adalah kompetitor bagi aplikasi serupa yang paling kuat. Saat ini Send Anywhere sudah di download lebih dari 10 juta kali di Play Store dan mendapatkan rating 4,7.




7. Mi Drop

Mi Drop

Mi Drop adalah aplikasi resmi yang diciptakan oleh Xiaomi Inc. dan diperkenalkan kepada publik pada 2017 silam. Saat ini khususnya di Indonesia pengguna ponsel Xiaomi meningkat drastis dan Mi Drop adalah salah satu aplikasi yang patut di install pada perangkat Xiaomi untuk menggantikan aplikasi transfer file lainnya karena dengan Mi Drop, ponsel Xiaomi akan lebih stabil untuk mengirim dan menerima file.


8. xShare

xShare

Jika kamu adalah orang yang sangat sibuk dan hanya membutuhkan fitur untuk berbagi file tanpa embel-embel lainnya, xShare ialah pilihan yang tepat. Dengan menggunakan xShare kamu hanya akan menemukan firur untuk mengirim dan menerima file saja tanpa tambahan apapun.


9. ES File Explorer (multi device via FTP)

ES File Explorer

Sebagian orang mungkin menggunakan ES File Explorer hanya untuk mengelola file yang ada di ponsel, tapi berbeda jika seorang yang mengeri koneksi FTP. ES File Explorer bisa menjadi aplikasi alternatif untuk digunakan mengirim dan menerima file ke komputer atau sebaliknya dengan memanfaatkan fitur Pengelola Remote.



10. File Manager Plus (multi device via FTP)

File Manager Plus

Tidak jauh berbeda dengan ES File Explorer, File Manager Plus juga menggunakan koneksi FTP (File Transfer Protocol) untuk berbagi file ke komputer atau laptop seperti yang sering saya lakukan saat mengelola website melalui ponsel. Yang membedakannya adalah File Manager Plus memiliki fitur yang lebih ringkas daripada aplikasi File Manager lainnya di Play Store.

INFO : Untuk penerimaan dan pengelolaan file melalui jaringan FTP di komputer kamu bisa menggunakan software FTP untuk komputer seperti WinSCP atau FileZilla.

Dari sekian banyak aplikasi untuk mengirim file cepat, ke 10 aplikasi diatas adalah yang paling populer, mudah digunakan, dan praktis!

Kamu bisa memilih salah satu dari daftar diatas yang paling cocok untuk kebutuhan sehari-hari.

Jika kamu rasa artikel ini bermanfaat dan layak dibaca oleh orang lain, jangan ragu untuk membagikannya kepada teman-teman atau saudara dengan meng-klik tombol sosial media diatas ini.

0 komentar:

Posting Komentar