Cara Melukis Di Bahan Kulit Dengan Tinta Sablon

Cara Melukis Bahan Kulit Dengan Tinta Sablon

Di artikel sebelumnya saya sudah menuliskan tentang Cara Membuat Jaket Street Punk yang dihiasi dengan emblem dan spike. Sekarang saya akan menjabarkan tentang cara melukis di bahan kulit dengan tinta sablon yang tentunya bisa lebih di sesuaikan dengan selera.

Sebelum memulai untuk melukis di bahan kukit, pastikan kamu sudah memiliki seluruh bahan-bahan yang diperlukan yaitu :

Jaket Kulit / Semi Kulit [ BELI ]
Pasta Sablon / Rotari [ BELI ]
Biang Warna / Tinta [ BELI ]
Binder / Perekat [ BELI ]
Kuas Lukis Berbagai Ukuran [ BELI ]
Toples Isi Air Bersih
Lap Basah
Pensil
Contoh Gambar



Jik kamu sudah memiliki semuanya, sekarang bisa kita lanjutkan ke langkah demi langkah melukis di bahan kulit.



Cara Melukis Di Bahan Kulit Dengan Tinta Sablon



1. Bersihkan seluruh permukaan kulit dengan lap basah dan tunggu hingga kering. Hal ini berguna untuk menghilangkan debu yang ada pada jaket.


2. Mulailah menggambar sketsa dari gambar contoh yang ingin kamu buat. Jangan terlalu menekan pinsil ke bahan kulit karena garis pensil akan terlihat jika terlalu tebal. Baiknya, buat sketsa yang tipis namun tetap terlihat.


Sketsa Pensil
Sketsa Pensil Di Bahan Semi Kulit


3. Setelah sketsa sudah selesai kamu buat, sekarang saatnya melukis dengan bahan-bahan lainnya.

CATAT : Ada tiga bahan sablon yang harus diaduk menjadi satu yaitu pasta, biang warna dan binder. Pertama campurkan pasta dan biang warna 10:3 (misalnya pasta satu sendok teh & biang warna 5 tetes) aduk hingga merata kemudian campurkan binder secukupnya atau sama dengan tinta. Terakhir adalah menambahkan air bersih secukupnya hingga adukan sablon menjadi sedikit cair dan bisa dikuas.

Tinta Sablon
Tinta Sablon Siap Digunakan


4. Mulailah melukis dengan kuas yang kecil di bagian yang tidak terlihat pada jaket, misalnya di dalam lipatan. Jika warnanya sudah sesuai yang kamu inginkan dan kekentalannya juga tidak terlalu kental, itu berarti sudah siap digunakan.



5. Warnailah sketsa yang telah kamu buat sesuai keinginan. Pastikan menggunakan kuas yang runcing atau memiliki ujung yang kecil untuk bagian tepi gambar.


Melukis Di Bahan Semi Kulit


6. Jemur hasil lukisan di jaket sekitar 2 jam hingga benar-benar kering dan yang paling penting adalah jangan memeras atau menyikat sablon tersebut jika dicuci.


7. Selesai.




Melukis di bahan kulit sangatlah menguras konsentrasi dan suhu panas yang kuat agar hasil memuaskan dan sablon cepat kering. Kalau kamu ingin lebih cepat kering lagi, gunakanlah Heat Gun atau jika ingin lebih murah menggunakan Hair Dryer untuk mengeringkan sablon dengan jarak tembak sekitar 40cm dari sablonan yang masih basah.

Berikut ini adalah hasil dari lukisan atau painting dengan tinta sablon di bahan semi kulit :


Jaket Punk Indonesia Keren


Jaket Punk Luar Negeri Keren


Bagaimana menurut pendapat kamu tentang hasil diatas?

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Jika kamu rasa artikel ini bermanfaat dan layak dibaca oleh orang lain, jangan ragu untuk membagikannya kepada teman-teman atau saudara dengan meng-klik tombol sosial media diatas ini.

0 komentar:

Posting Komentar