Cara Membuat Jaket Street Punk (Lengkap Dengan Gambar)

Cara Membuat Jaket Street Punk

Jaket bagi segelintir anak punk adalah benda yang paling dibanggakan, bahkan para girl punk juga menggunakan jaket yang senada dengan pria. Kultur punk di Indonesia sudah sangat banyak dan mudah ditemui di hampir seluruh kota-kota besar seperti Jakarta.

Street Punk di tanah air mengikuti style (dandanan) ala street punk di London dan Amerika, alasannya adalah para street punk disana lebih keren dan tentunya lebih maju selangkah dibanding street punk di negara lain. Style street punk di Indonesia hamir mendekati punk di kedua negara tersebut meskipun kenyataannya hampir seluruh style street punk di negara manapun sama dengan yang bisa kita lihat di Indonesia.



Ciri khas yang paling mencolok dari anak-anak street punk selain rambut adalah jaket yang memiliki banyak warna dan aksesoris. Jaket ala street punk memang berbeda-beda bentuknya, bisa dibilang seluruh jaket beda karena dibuat sendiri oleh si pemilik. Biarpun di negara lain sudah banyak yang memperjual belikan jaket street punk, di Indonesia masih sedikit yang menjualnya di internet.

Nah jika kamu ingin memiliki jaket ala anak street punk, saya akan jabarkan cara untuk membuatnya dari awal hingga selesai. Yang pertama kali kamu perlukan adalah toko yang menjual aksesoris atau peralatan yang dibutuhkan untuk membuat jaket street punk. Berikut ini alat dan bahan-bahan yang diperlukan lengkap dengan toko online yang menjualnya.



Cara Membuat Jaket Street Punk



1. Jaket Semi Kulit

Jaket semi kulit adalah jaket yang dibuat dengan bahan lebih tipis dibandingkan jaket kulit asli. Hal ini membuat pembordiran (pemasangan patch/emblem lebih mudah).


Jaket Changcuters


Jaket jenis ini banyak dijual di internet seperti di situs e-commerce dengan mengetikkan "Jaket Ramones" atau "Jaket Changcuters" pada kolom pencarian produk.


2. Emblem / Patch

Emblem, kebanyakan anak punk menyebutnya, adalah benda berbahan kain yang biasanya memiliki bentuk panjang, lebar atau bundar yang disablon dan dijahit ke jaket. Biasanya para pemuda punk di Indonesia menjahit emblem nama-nama band lokal yang mereka sukai atau yang sudah terkenal.


Emblem Punk


Di internet sudah banyak yang menjual emblem punk dengan harga yang bersaing dengan toko offline. Silahkan kunjungi link ini untuk menemukan ratusan jenis emblem punk yang kamu sukai.




3. Spike / Stud

Spike biasa dibilang "spek" oleh orang Indonesia adalah aksesoeis kecil berbahan dasar besi yang memiliki warna chrome. Spike inilah yang berfungsi membuat ciri khas jaket street punk. Ada bermacam-macam jenis dan bentuk spike yang di edarkan di pasaran, ada yang bulat, kotak, segi empat, hingga yang runcing.


Spike Import dan Lokal


Spike Lokal dan Import


Untuk mendapatkan spike kamu bisa membelinya di toko aksesoris yang menjual perlengkapannya, spike adalah aksesoris tas, gelang, kalung, dan sepatu. Jika sulit mencarinya di wilayah kamu, silahkan cari disini dan pilihlah bentuk yang kamu sukai.


4. Resleting / Zipper

Zipper atau resleting adalah aksesoris tambahan yang paling sering digunakan street punk di jaket dan celana. Resleting yang digunakan adalah yang berwarna hitam putih seperti gambar dibawah ini.


Resleting Punk


Resleting hitam putih bisa kamu dapatkan di toko konveksi, tukang jahit maupun butik yang menjual perlengkapan jahit. Di internet, resleting jenis ini bisa kamu dapatkan dengan mudah disini.


5. Peralatan Pemasangan

Terakhir adalah alat-alat yang kamu butuhkan untuk memasang emblem, resleting, dan spike ke jaket yaitu Gunting, Benang Jahit, Jarum Jahit dan Obeng Kecil.


Peralatan Jahit


Tentunya peralatan menjahit tersebut sudah pasti kamu ketahui kegunaannya masing-masing ya, dan obeng kecil adalah alat untuk melubangi jaket jika ingin dipasangi spike. Kenapa tidak memasang langsung pakai tangan? Tidak semua spike memiliki ujung yang runcing, apa lagi spike import yang biasanya memiliki pengait tumpul bahkan menggunakan baut sebagai pengunci. Kamu harus terlebih dahulu melubangi jaket agar mudah memasang spikenya apabila menggunakan yang import.



Setelah seluruh alat dan bahan sudah kamu persiapkan sekarang saatnya kita lanjut ke proses cara pembuatan jaket street punk.

1. Yang paling awal kamu lakukan adalah memastikan bahwa jaket dalam keadaan kering dan bersih, karena jaket street punk tidak akan dicuci jika sudah ditempelkan emblem dan spike. Plis jangan tanya apa alasannya ya hehe...

2. Kedua adalah menjahit emblem di tempat yang kamu inginkan, misalnya dipunggung, dada, lengan atau area lainnya.

3. Jika jaket sudah terpasang emblem keseluruhan (sudah pas menurut kamu), sekarang lanjut ke sesi pemasangan spike. Ingat, jika kamu menggunakan spike import harus di lubangi dulu ya. Tapi jika menggunakan spike lokal langsung tancap dan kunci saja.

4. Selesai.


Membuat jaket street punk tidaklah sesulit yang kamu bayangkan jika sudah tahu bahan yang diperlukan dan dimana membelinya.

Berikut ini contoh-contoh jaket street punk yang menggunakan emblem, resleting, dan spike :


The Casualties
The Casualties (New York, US)


Total Chaos
Total Chaos (Pomona, CA)


Acidez
Acidez (Mexico)


The Devectives
The Devectives (Milan, Italy)


The Erections
The Erections (Japan)


Jaket Street Punk 1


Jaket Street Punk 2


Jaket Street Punk 3


Jaket Street Punk 4


Jaket Street Punk 5


Jaket Street Punk 6


Jaket Street Punk 8


Jaket Street Punk 9


Jaket Street Punk 10


Jaket Street Punk 11




INFORMASI

Sablon / Painting - Kebanyakan street punk di negara maju seperti London, Texas, dan Meksiko menggunakan tinta sablon untuk menggambar di jaket menggantikan emblem. Namun dengan menggunakan tinta sablon kamu diwajibkan memiliki sedikit keahlian menggambar atau melukis.

Mencorat-coret jaket dengan tinta tidaklah semudah mencorat-coret di buku atau tembok karena diperlukan beberapa bahan untuk menjadikan tinta tersebut merekat di jaket yang umumnya berbahan dasar kulit sintetis / semi kulit.

Khusus untuk penggunaan tinta sablon, tentu kamu tidak membutuhkan emblem untuk itu. Yang kamu perlukan adalah bahan-bahan sablon dan kuas lukis. Saya akan tulis cara pembuatan jaket street punk dengan tinta sablon di artikel selanjutnya.

Keep reading...

UPDATE 11 NOVEMBER 2018 : Cara Melukis Di Bahan Kulit Dengan Tinta Sablon

Jika kamu menyukai artikel ini, jangan sungkan untuk berbagi ke kerabat atau teman-teman di sosial media dengan mengklik salah satu tombol sosmed dibawah ini untuk berbagi.

Jika kamu rasa artikel ini bermanfaat dan layak dibaca oleh orang lain, jangan ragu untuk membagikannya kepada teman-teman atau saudara dengan meng-klik tombol sosial media diatas ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Artikel Terpopuler



DMCA.com Protection Status