15 Film Yang Dilarang Tayang Di Berbagai Negara Termasuk Indonesia

15 Film Yang Dilarang Tayang Di Berbagai Negara Termasuk Indonesia

Jika kamu adalah penikmat film sejati, mungkin kamu pernah mendengar judul atau bahkan sudah pernah menonton salah satu dari film yang dilarang tayang di berbagai negara termasuk di Indonesia. Film-film yang diblokir penayangannya oleh pemerintah atau lembaga sensor film memiliki alasan kuat agar tidak diputar di bioskop maupun televisi.

Film dengan adegan-adegan seksual yang begitu banyak sudah pasti dilarang tanyang, akan tetapi di daftar ini saya tidak akan menuliskan tentang film dewasa saja, ada genre lain yang sepertinya tidak masuk di akal tetapi justru masuk dalam daftar blacklist film di beberapa negara.



Berikut ini adalah 15 Film Yang Dilarang Tayang Di Berbagai Negara Termasuk Indonesia.


1. A SERBIAN FILM

A Serbian Film Movie Cover

Menurut sayapribadi, film ini merupakan film yang paling tidak layak untuk ditonton. Namun jika kamu tetap ingin menonton film ini, maka kamu akan menemukan adegan-adegan seksual yang begitu aneh dan brutal. Selain itu, kamu juga akan menyaksikan suatu adegan pemerkosaan yang terjadi pada anak kecil.


2. CANNIBAL HOLOCAUST

Cannibal Holocaust Movie Cover

Film yang disutradarai oleh Ruggero Deodato ini adalah sebuah film dengan pencekal paling banyak dari berbagai negara. Bagaimana tidak, di dalam film ini banyak sekali adegan pembunuhan yang begitu mengerikan, serta ada juga adegan seksual. Kabarnya, Ruggero Deodato pernah ditangkap polisi dan mendapatkan tuntutan atas kasus pembunuhan, hal ini dikarenakan oleh film buatannya yang menampilkan adegan pembunuhan dengan begitu nyata bahkan sangat nyata.




3. THE TEXAS CHAINSAW MASSACRE

Texas Chainsaw Massacre Movie Cover

Salah satu yang mendapatkan banyak protes dari para penonton pada tahun 1974 adalah film The Texas Chainsaw Massacre yang akhirnya dicekal oleh beberapa negara. Film yang menceritakan tentang pembunuhan berantai yang begitu sadis ini, diberitakan menclaim diangkat dari kisah nyata. Faktanya film tersebut hanyalah sebuah karangan belaka, dan claim tersebut hanya untuk meningkatkan popularitasnya saja.


4. THE EXORCIST

The Exorcist Movie Cover

Untuk film yang satu ini katanya sampai sekarang masih mendapatkan protes dari banyak pihak. Memang pada dasarnya film The Exorcist ini merupakan film horor yang sering kali memperlihatkan berbagai macam adegan mengerikan dan tidak layak untuk dipertontonkan. Film ini di larang tayang di beberapa negara karena banyak alasan seperti adegan yang terlalu menyeramkan, sampai adegan yang mengandung unsur kepercayaan atau keagamaan yang sangat menyinggung.


5. EVIL DEAD

Evil Dead Movie Cover

Evil Dead adalah film buatan ulang dari film lawas yang rilis di tahun 2013. Film ini merupakan salah satu film bergenre horor yang di kemas dengan berbagai macam adegan mengerikan dan menjijikan yang membuat pemerintah Singapura harus memutuskan untuk tidak menayangkan film Evil Dead di bioskop.




6. SAW IV

SAW IV Movie Cover

Film yang dibuat di negara Thailand dan Ukraina ini menyajikan berbagai macam adegan yang penuh dengan d4r4h dan jeroan m4nu5i4. Mulai dari seri pertama hingga seri ketiga SAW selalu menyajikan adegan yang tak bisa dipisahkan dari itu. Maka, ketika film SAW IV resmi dirilis, pemerintahan Thailand dan Ukraina langsung melarang tayangnya film tersebut di kedua negara tersebut. Sampai saat ini film SAW masih terus di produksi meski selalu mendapat cibiran dari banyak pihak. Seri terakhir film ini dirilis pada 2017 silam dengan judul yang berbeda, Jigsaw, bisa disebut seri ke delapan dari film SAW.


7. NOAH

NOAH Movie Cover

Film yang tidak boleh tayang di Indonesia yaitu Noah. Film yang mengangkat tema agama memang sangat sulit sekali untuk menerima persetujuan tayang di bioskop-bioskop di Indonesia. Film yang disutradarai oleh Darren Aronofsky ini tidak diperbolehkan tayang di bioskop-bioskop Indonesia, alasannya, karena mengisahkan tentang kehidupan Nabi Nuh yang dianggap tidak sesuai atau membelot dari kisah sebenarnya.


8. MURUDEKA 17805

Murudeka 17805 Movie Cover

Film Murudeka 17805 ialah yang mengangkat kisah Indonesia, tapi dari sudut pandang Jepang. Cerita di Film ini lebih menonjolkan bahwa Jepang adalah pihak yang memperlihatkan banyak daerah untuk para Nasionalisme bergerak, seupa dengan membentuk tentara PETA (Pembela Tanah Air) dan mendidik Indonesia dalam hal kesiplinan. Alhasil, film ini banyak menuai kontroversi yang akhirnya pihak LSF (Lembaga Sensor Film) melarang film ini tayang di bioskop-bioskop maupun televisi Indonesia.




9. TRUE LIES

True Lies Movie Cover

Film Hollywood berjudul True Lies yang rilis pada tahun 1994 dilarang tayang di Indonesia karena alasan yang kuat. Hal tersebut dikarenakan ada adegan teroris yang digambarkan sebagai orang Arab, yang ditakutkan, akan muncul prasangka bahwa terorisme itu diidentik dengan orang Arab dan Islam.


10. IRREVERSIBLE

Irreversible Movie Cover

Film Irreversible yang disutradarai oleh Gaspar Noe ini juga dilarang tayang di bioskop-bioskop Indonesia. Film yang dirilis tahun 2002 lalu ini masuk ke daftar film yang tidak boleh tayang di Indonesia, alasannya adanya episode pelecehan seksual yang dianggap terlalu sadis dan brutal. Dalam film Irreversible ini, ada episode pemain drama utama perempuan yang diperkosa dan dianiaya secara brutal hingga tidak berdaya. Karena alasannya itu, beberapa negara lain juga ikut melarang pemutaran film ini, salah satunya adalah Indonesia dan Selandia Baru.


11. FIFTY SHADES OF GREY

Fifty Shades of Grey Movie Cover

Fifty Shades of Grey termasuk salah satu film yang tidak boleh tayang di Indonesia, alasannya dalam film tersebut terdapat adegan seksual yang sangat vulgar dan terkesan sadis. Film yang disutradarai oleh Sam Taylor-Johnson ini diangkat dari novel dengan judul yang sama karya E.L James. Saat ini, ada beberapa negara yang juga melarang film ini tayang di bioskop selain Indonesia, salah satunya Malaysia dengan alasan yang sama, yaitu terlalu banyak adegan vulgar dan seksual yang terbilang sadis.


12. NYMPHOMANIAC

Nymphomaniac Movie Cover

Seorang sutradara kontroversial bernama Lars von Trier, tidak pernah kapok membuat film bertema eksentrik. Melalui film ini, sang sutradara tersebut membuatnya dengan tema yang penuh dengan nuansa seksual. Namun sayangnya penduduk Italia, khususnya Roma, tidak bisa mentoleransi adegan-adegan di dalam film tersebut, dan langsung memberi label 18+ pada film ini.




13. NATURAL BORN KILLERS

Natural Born Killers Movie Cover

Film yang dirilis pada tahun 1994 ini merupakan film yang dilarang tayang di Irlandia. Kabarnya, di dalam film ini menggambarkan adegan pembunuhan yang terlihat sangat diagungkan. Apalagi ada  isu bahwa Stone merupakan dasar dari peristiwa nyata yang terjadi di Columbine High School ketika 12 orang dibunuh oleh seorang bernama Eric Harris dan Dylan Klebold yang diyakini terinspirasi dari film Natural Born Killers.


14. KEN PARK

Ken Park Movie Cover

Film yang satu ini menceritakan tentang seorang anak perempuan yang ayahnya adalah pendeta, di dalam cerita, sang ayah berusaha menjaga agar anak perempuannya jangan sampai terlibat dalam pergaulan s3ks bebas yang sedang trend di sekitar lingkungannya. Namun, sang anak justru semakin penasaran dengan beragam larangan dan aturan dari sang ayah, yang pada akhirnya sang anak benar-benar terlibat dalam aktifitas s3ks bebas. Yang menyebabkan film ini dilarang tayang dibeberapa negara adalah banyaknya adegan yang dipenuhi hasrat serta fantasi-fantasi s3ks.


15. GROTESQUE

Grotesque Movie Cover

Film kontroversial asal Jepang ini yang juga sempat menuai banyak pro kontra mengenai peredarannya di masyarakat luas. Film ini dirilis tahun 2009, di mana film ini mengangkat cerita yang bergaya horor. Menceritakan tentang kehidupan muda-mudi yang diculik pada saat mereka sedang berkencan, yang kemudian sang penculik melakukan tindakan penyiksaan yang sangat sadis terhadap para muda-mudi tawanannnya tersebut. Karena adegan yang mengerikan itu, film ini sampai dilarang beredar di banyak negara, termasuk Inggris, dimana Inggris adalah negara yang terkenal sangat jarang mencekal sebuah film.



Dari sekian banyak film yang dilarang tanyang di berbagai belahan dunia, termask Indonesia, ke lima belas judul diatas lah yang sangat populer namun tetap dilarang. Meskipun dilarang, banyak orang mencari tahu dan kekeh ingin tetap menontonnya.

Salah satu alasan film tersebut tetap populer meski sudah diblokir adalah karna banyaknya situs yang menyajikan konten film. Maka dari itu, biarpun di bioskop atau bioskop daftar film diatas tidak mungkin ditemui, namun di internet kamu masih bisa mencari dan menontonnya.

Jika kamu rasa artikel ini bermanfaat dan layak dibaca oleh orang lain, jangan ragu untuk membagikannya kepada teman-teman atau saudara dengan meng-klik tombol sosial media diatas ini.

0 komentar:

Posting Komentar