Cara Mengembalikan Post Editor WordPress 5 "Block" Ke Versi Lama

Cara Mengembalikan Post Editor WordPress 5.0 Ke Versi Lama

Sekitar satu minggu yang lalu, tepatnya 6 Desember 2018, WordPress resmi merilis versi terbarunya yaitu WordPress 5.0 atau WordPress Bebo. Dalam versi terbaru ini tim WP mengubah Post Editor defaultnya menjadi lebih sederhana dan fokus pada tampilan yang bersih.

Meskipun terbilang bersih dan mudah digunakan (untuk pemula) Post Editor terbaru ini banyak menuai pro dan kontra karena dianggap lebih menyulitkan pengguna yang sudah terbiasa dengan Post Editor Classic WordPress yang memang sedikit lebih rumit untuk dipahami. Saya sendiri lebih menyukai Post Editor Classic daripada versi terbaru ini yang dinamai "Block".



Jika kamu pengguna CMS WordPress, tentu saja menggunakan Post Editor adalah hal yang paling penting, terlagi jika memakai Plugin SEO yang dirancang agar dapat disesuaikan menggunakan Post Editor Classic. Tentu saja para pengguna lama jadi sedikit linglung jika disuguhkan dengan Post Editor Block baru ini. Berikut perbandingannya:

Post Editor WordPress 5
Post Editor WordPress 5.0 Bebo (versi baru)


Post Editor Classic WordPress
Post Editor Classic (versi lama)


Post Editor Block akan tersedia secara otomatis jika kamu memperbaharui (update engine) WordPress ke versi 5.0 dan tidak ada pilihan untuk mengubahnya ke Post Editor Classic dimenu manapun.

Saat saya melakukan pembaharuan tanpa membaca blog resmi WordPress, saya langsung kebingungan karena melihat Post Editor yang berubah. Banyak pengaturan SEO yang tidak tampil dalam Post Editor Block dan alhasil saya mengurungkan niat untuk menulis artikel saat ini.



Beberapa hari berlalu sejak rilisnya WordPress 5.0 dan Post Editor Block, pro kontra semakin meluas dan akhirnya diputuskan oleh tim WordPress membuat plugin yang dapat mengembalikan Post Editor Block ke Post Editor Classic atau versi lama.

Plugin bernama Post Editor buatan resmi tim WordPress ini dibuat khusus bagi pengguna WP yang ingin menggunakan Classic Editor. Hanya dalam waktu sehari, Plugin Classic Editor langsung diunduh dan digunakan oleh lebih dari 1 juta pengguna WordPress aktif. Hal ini membuktikan bahwa Post Editor Classic lebih diminati oleh pengguna WordPress kawakan ketimbang Post Editor Block.


Plugin Classic Editor WordPress




Bagi kamu yang ingin mengembalikan Post Editor baru WordPress ke versi lama bisa menggunakan Plugin Classic Editor yang bisa di download secara gratis di situs resmi WordPress [disini] atau melalui dasbor admin.


Setting Post Editor Classic WordPress


Setelah Plugin Classic Editor terinstall dan aktif, cukup memilih untuk menggunakannya pada pengaturan Penulisan / Writting, dan saat itu juga Post Editor WP kamu langsung berubah ke versi Classic.

Begitulah cara mengembalikan Post Editor WP versi baru ke versi lama.

Jika kamu rasa artikel ini bermanfaat dan layak dibaca oleh orang lain, jangan ragu untuk membagikannya kepada teman-teman atau saudara dengan meng-klik tombol sosial media diatas ini.

0 komentar:

Posting Komentar