Cara Membuat Logam Mengkilap Kurang Dari 7 Menit

Cara Kilapkan Logam

Logam adalah unsur kimia yang memiliki sifat keras dan kuat sekaligus penghantar panas yang baik. Ada banyak jenis logam yang dulunya hanya untuk membuat benda-benda tajam kini dikembangkan hingga menjadi aksesoris tubuh untuk manusia hingga sparepart kendaraan bermotor.

Beberapa jenis logoam yang beredar dipasaran dan pastinya sering kita jumpai sehari-hari adalah Emas, Perunggu, Tembaga, Kuningan, Besi, Alumunium, dan Timah. Untuk Emas mungkin tidak perlu digosok untuk membuatnya mengkilap, sebab emas memiliki daya tahan kilap yang lebih lama dibandingkan lainnya.

Akan tetapi, untuk kuningan, tembaga, dan besi mungkin akan cepat kusam dan jika didiamkan akan korosi karena jamur dan karat. Oleh sebab itu, jika kamu memiliki aksesoris yang terbuat dari logam selain emas, harus merawatnya dengan baik agar tidak kusam dan korosi.

Pengalaman pribadi saya merawat cincin berbahan logam, khususnya kuningan menggunakan bahan kimia bernama BRASSO yang bisa kamu beli di matrial. Brasso mampu membuat logam mengkilap dalam waktu singat, yaitu kurang dari 7 menit!


Cara mengkilapkan logam dengan Brasso :

1. Siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan yaitu Brasso, kain, dan bahan logam yang ingin di kilapkan.


Bahan Bahan


2. Cari tempat terbuka untuk menggunakan cairan Brasso, sebab aroma kimia dari cairan ini sangat kuat.

3. Tuang cairan Brasso ke wadah, atau bisa gunakan tutup botolnya sebagai wadah. Oleskan cairan Brasso ke bahan logam dan gosok dengan bahan kain.


Mengkilapkan Logam


4. Lakukan penggosokan hingga merata dalam waktu sekitar 3 sampai 5 menit dan lihat hasilnya. Jika sudah kilap, sekarang kamu bisa menggosoknya hanya dengan kain tanpa cairan Brasso lagi. Lakukan kurang lebih 2 menit hingga merata.

5. Terakhir adalah mencici bahan logam yang sudah mengkilap tersebut dengan air bersih dan seabun, kemudian menggosok kembali dengan kain bersih untuk menghilangkan aroma Brasso serta noda yang tertinggal.


Cara diatas dapat kamu lakukan dalam kurun waktu kurang dari 7 menit dan tentunya logam akan kembali mengeluarkan kilap.


Cincin Dari Uang Logam Mengkilap


Khusus untuk aksesoris yang terbuat dari kuningan mungkin akan terlihat seperti emas asli. Gambar-gambar diatas adalah asli cincin pribadi saya yang terbuat dari uang logam kuningan 500 rupiah. Dibawah ini adalah perbandingan sebelum (before) dan sesudah (after) digosok dengan Brasso.

Sebelum dan Sesudah Digosok

Berikut video saat saya praktikan langsung Cara Membuat Logam Mengkilap Kurang Dari 7 Menit ini.


Selamat mencoba dan semoga menambah pengetahuan. Jangan lupa juga untuk share artikel ini ke sosmed ya, mungkin keluarga dan teman-teman kamu juga ingin tahu informasi ini.

Jika kamu rasa artikel ini bermanfaat dan layak dibaca oleh orang lain, jangan ragu untuk membagikannya kepada teman-teman atau saudara dengan meng-klik tombol sosial media diatas ini.

0 Comments:

Posting Komentar