Cara Membuat Watermark Samar Pada Gambar

Cara Membuat Watermark Samar


Watermark atau tanda pada sebuah gambar adalah hal yang harus dilakukan untuk seluruh pemilik usaha online khususnya toko retail yang menjual produk dengan foto asli. Sebab, dengan menambahkan watermark gambar tidak akan bisa dicuri oleh pedagang lain yang 'malas' memotret dagangannya sendiri.

Berikut ini cara paling mudah untuk membuat watermak samar pada gambar yang bisa kamu ikuti untuk menjaga hak cipta potretanmu.


Cara Membuat Watermark Samar Pada Gambar



1. Pastikan kamu menggunakan komputer dan terhubung dengan internet yang stabil.


2. Buka situs Canva dan mendaftarlah jika belum memiliki akunnya.



3. Setelah penaftaran berhasil, kamu bisa langsung menggunakan seluruh fitur canva untuk mengolah gambar.


4. Buat layout untuk gambar produk yang ingin kamu buat watermark yaitu panjang kali lebar dalam hitungan piksel (misal: 600 x 600 atau 800 x 800).


Buat Layout


5. Setelah layout telah dibuat, selanjutnya upload gambar produknya.

CATAT : Ukuran panjang dan lebar gambar yang kamu upload harus diatas (lebh besar) dari ukuran layout.


Upload Gambar


6. Sesuaikan posisi dengan menggeser garis tepi gambar.


Resize Gambar




7. Tambahkan teks pada gambar dan sesuaikan jenis font serta ukurannya.


Tambah Teks Ke Gambar


8. Klik ikon kotak-kotak / transparansi pada bagian kanan atas layar kemudian sesuaikan seberapa samar teks yang ingin kamu jadikan watermark tersebut.


Membuat Teks Samar


9. Setelah selesai, klik ikon download yang ada disudut kanan atas layar.


Simpan Gambar


10. Selesai.


Kabar baiknya lagi, kamu bisa memilih puluhan jenis huruf yang tersedia secara gratis di canva. Menurut saya pribadi, situs ini adalah satu-satunya situs online image editing terbaik yang sangat lengkap dan mudah digunakan.



Selain dapat difungsikan secara penuh melalui web browser komputer, canva juga memiliki aplikasi resmi yang bisa kamu download dari Playstore di Android atau App Store di iOS. Akan tetapi, fitur editing di dalam aplikasi canva tidak semaksimal di browser komputer.

Beginilah cara paling mudah untuk membuat watermark samar pada gambar. Bahkan kamu tidak perlu download dan install software apapun untuk membuatnya.

Selamat mencoba dan semoga menambah pengetahuan, jangan lupa berbagi informasi ini kepada teman dan rekan-rekan lainnya dengan mengklik tombol sosmed dibawah ini.

Enjoy editing . . . ^.^

Jika kamu rasa artikel ini bermanfaat dan layak dibaca oleh orang lain, jangan ragu untuk membagikannya kepada teman-teman atau saudara dengan meng-klik tombol sosial media diatas ini.

0 Comments:

Posting Komentar