Cara Mengatasi Windows 10 Tidak Bisa Masuk

Cara Mengatasi Windows 10 Tidak Bisa Masuk

Meskipun Windows 10 sering diagung-agungkan karena banyaknya fitur baru yang canggih, namun setiap ciptaan manusia tidak luput dari kesalahan.

Bagi kamu yang baru menggunakan Windows 10, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui sebelum menggunakannya lebih lama. Di sistem operasi terbaru buatan Microsoft ini disebuh-sebut sering nguras kuota internet (bagi yang menggunakan kuota) karena fitur update otomatis yang tidak bisa dimatikan / disable. Tapi, biarpun tidak dapat dinonaktifkan melalui menu, ada beberapa cara yang bisa menonaktifkannya.



Masalah utamanya bukan pada automatic update, akan tetapi ada di kegagalan update yang bisa menyebabkan Windows 10 crash dan tidak bisa masuk ke menu Windowsnya atau sering disebut Automatic Repair. Hal seperti ini bisa membuat orang yang awam jengkel, terlagi bagi orang yang super sibuk dengan komputernya. Pastilah banyak kata-kata penuh petuah yang keluar saat mendapati Windows 10 tidak bisa masuk ke menu.

Biasanya, informasi yang ditampilkan pada layar seperti dibawah ini :


Automatic Repair Windows 10


Automatic Repair Couldn't Repair Your PC
C:\windows\system32\logfiles\Srt\SrtTrail.txt

Yang menginformasikan bahwa kamu harus mengetahui kesalahan yang terjadi dan laporan kesalahan tersebut ada pada file SrtTrail.txt seperti yang di infokan pada layar. Tentu saja bagi orang awam akan kebingungan untuk mengetahuinya, biarpun ada langkah-langkah yang ditunjukkan dilayar (dalam bahasa inggris) pasti kebyakan orang menanggap bukan itu solusinya.

Jika kamu sedang mengalami kejadian ini dan banyak data penting yang tersimpan di komputer, yang pertama harus kamu lakukan adalah jangan panik. Sebab ada satu cara ampuh yang bisa menyelamatkan data kamu sebelum komputer atau laptop tersebut di install ulang. Berikut ini langkah demi langkahnya.



Cara Mengatasi Windows 10 Tidak Bisa Masuk



1. Cara mengatasi Windows 10 yang gagal masuk ke menu adalah dengan menggunakan USB Bootable yaitu menjalankan sistem operasi Linux Bootable di Flashdisk. Untuk itu, kamu perlu menginstall OS Bootable terlebih dahulu ke Flashdisk, cara membuat Flashdisk menjadi Bootable sudah saya jabarkan dengan jelas disini.



2. Apabila kamu sudah memiliki Flashdisk yang berisi OS Bootable, selanjutnya adalah menjalankan sistem operasi Bootable tersebut untuk mengambil data-data penting kamu dari hardisk internal komputer atau laptop.

INFORMASI : Setelah komputer berhasil hidup menggunakan OS Bootbale dari Flashdisk, sekarang kamu bisa menyalin (copy) data dari File Manager seperti halnya menggunakan Explorer di Windows. Yang kamu perlukan adalah tempat penyimpanan yang cukup untuk menyimpan data penting tersebut. Jika data berukuran kecil, bisa menyalinnya ke Flashdisk bersamaan dengan OS Bootable atau mentransfernya ke ponsel untuk sementara.

Kali Linux File Explorer


3. Tahap terakhir setelah data penting kamu sudah diselamatkan adalah melakukan install ulang komputer atau laptop tersebut untuk menghilangkan selama-lamanya notifikasi Automatic Repair. Cara melakukan install ulang Windows juga sudah pernah saya bahas di blog ini, tepatnya di artikel ini.

Setelah install ulang Windows berhasil, kini kamu bisa memindahkan data penting yang tadi disimpan ke komputer lagi dan menggunakan komputer seperti sedia kala.

Begitulah cara mengatasi Windows 10 yang tidak bisa masuk ke menu Windowsnya. Saya sendiri sudah menggunakan cara ini untuk menyelamatkan data-data penting milik tenam dan 100% berhasil.

Sedikit informasi untuk menghindari hal serupa terjadi lagi, sebaiknya kamu menonaktifkan fitur automatic update Windows 10, sebab masalah diatas disebabkan karena update yang belum selesai namun komputer atau laptop dimatikan paksa. Baca Cara Nonaktifkan Automatic Update Windows 10 agar kamu terhindar dari masalah seperti ini lagi.

Jika kamu rasa artikel ini bermanfaat dan layak dibaca oleh orang lain, jangan ragu untuk membagikannya kepada teman-teman atau saudara dengan meng-klik tombol sosial media diatas ini.

0 Comments:

Posting Komentar