Cara Membuat Thumbnail Flat Design Untuk Postingan Blog

Cara Membuat Thumbnail Flat Design

Thumbnail atau feature image dalam sebuah artikel blog bukanlah hal yang begitu penting sebab, pembaca akan lebih fokus ke konten yang berisikan informasi yang sedang mereka cari. Akan tetapi, thumbnail ini sangat penting bagi sebagian blogger yang ingin menampilkan desain blog yang rapih dan salah satunya adalah mencocokan thumbnail dengan nuansa template blog yang digunakan.

Salah satu cara untuk membuat thumbnail yang menarik adalah dengan menggunakan gambar flat design atau gambar dua dimensi yang memiliki warna datar tertata. Gambar ilustrasi yang menggunakan gaya flat design memang terlihat sangat menawan dan juga banyak dipakai oleh hampir semua situs web populer termasuk Google dan Facebook.

Seperti apa sih contoh flat design itu?

Jika kamu belum tahu apa itu flat design, silahkan lihat gambar dibawah ini.


Contoh Gambar Flat Design 1


Contoh Gambar Flat Design 2


Contoh Gambar Flat Design 3



Bagaimana pendapatmu tentang gambar tersebut? Apakah terlihat bagus atau tidak?

Nah, buat kamu yang ahli menggunakan software desain mungkin membuat gambar flat design mungkin hal yang biasa saja, bahkan bisa dilakukan hanya dengan beberapa menit dengan memanfaatkan template flat design yang banyak dibagikan di internet.

Tapi sebagian blogger yang tidak memiliki keahlian dalam menggunakan software photo editing untuk mengolah template flat design. Saya sendiri juga tidak mahir mengolah gambar, maka dari itu saya mencari opsi lain yang lebih mudah untuk membuat thumbnail keren dan tidak kalah menarik dengan flat design yang dibuat menggunakan software sekelas Photoshop.

Jika kamu bernasip sama dengan saya yang tidak mahir mengolah gambar, kamu bisa gunakan cara yang saya pakai ini untuk membuat gambar mirip flat design untuk thumbnail postingan. Berikut ini langkah-langkahnya :




Cara Membuat Thumbnail Flat Design Untuk Postingan Blog


1. Buka situs Canva dan login atau daftar untuk menggunakan seluruh fitur.


2. Jika sudah login dan berada dalam member area, buatlah template kosong dengan ukuran piksel yang sesuai dengan ukuran thumbnail blog kamu.


Membuat Gambar Flat Design 1


3. Saat template kosong sudah kamu buat, sesuaikan warna dasarnya dengan mengklik ikon warna. Hal ini harus dilakukan untuk membuat warna yang cocok dengan template blog kamu.


Membuat Gambar Flat Design 2



Apabila kamu tidak tahu kode warna dalam template blog kamu sendiri, bisa menggunakan cara ini untuk mengetahuinya. Ambil asedikit potongan warna dalam blog kamu dan ikuti langkah-langkah yang sudah saya tulis jelas disana.


4. Selanjutnya, buka tab baru di browser dan carilah gambar ikon atau simbol yang menyiratkan / mengilustrasikan postingan yang sedang kamu tulis dengan format PNG dan gambar wajib memiliki background transparan. Sebagai referensi, kamu bisa cari ikon flat design di Iconarchive atau situs sejenis lainnya.




5. Ketika gambar PNG transparan sudah kamu miliki, upload gambar tersebut di Canva (menu unggah gambar ada di sisi kiri layar) dan setelah gambar berhasil terunggah, klik gambar untuk menyisipkannya ke template yang tadi sudah kamu buat.


Membuat Gambar Flat Design 3



6. Sesuaikan ukuran gambar PNG tersebut di dalam template dengan cara mengetuk ujung gambar dan menggesernya.


Membuat Gambar Flat Design 4


7. Terakhir adalah menyesuaikan posisi gambar dan memasukkan teks untuk mempercantik thumbnail, jika perlu beri watermark samar agar gambar kamu tidak dicuri oleh orang lain.


8. Setelah semua sudah selesai kamu edit, download hasil thumbnail editan kamu melalui menu yang ada di ujung kanan atas layar dan simpan ke komputer untuk di gunakan sebagai thumbnail postingan blog.


Membuat Gambar Flat Design 5


Sebagai contoh dari panduan Cara Membuat Thumbnail Flat Design Untuk Postingan Blog diatas, hasilnya seperti ini.


Contoh Thumbnail Flat Design


Hasil memang tidak sesempurna buatan software canggih, namun kamu tetap bisa membuatnya lebih bagus lagi jika bisa mencocokan gambar PNG, warna, dan jenis fontnya. Tentu saja waktu yang dibutuhkan juga akan lebih banyak ya.


INFORMASI : Gambar yang dibuat menggunakan Canva memiliki resolusi yang tinggi sehingga menyebabkan ukuran gambar menjadi cukup besar. Gambar dengan ukuran yang besar akan mempengaruhi sisi SEO karena load halaman akan semakin berat dan lambat. Oleh karena itu, kamu yang sangat memperhatikan SEO wajib mengompres gambar hasil editan Canva sebelum mengunggahnya ke postingan blog. Kamu bisa menggunakan Online Image Compression untuk mengompres ukuran gambar.



Sekarang kamu bisa membuat gambar thumbnail flat design dengan gaya kamu sendiri sepuasnya. Sangat mudah dan sederhana bukan? Bahkan kamu juga tidak perlu menggunakan software khusus untuk melakukan ini, hanya dengan browser komputer dan koneksi internet semua bisa dilakukan dengan begitu mudah.

Belum ada Komentar untuk "Cara Membuat Thumbnail Flat Design Untuk Postingan Blog"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel