Cara Setting Subdomain Ke Blogger / Blogspot

Cara Setting Subdomain Ke Blogger

Sudah sekian lama saya tidak memposting tentang hal yang berbau blogger, dan kini saatnya saya kembali menerbitkan artikel tentang blog. Di artikel kali ini saya akan menjelaskan tentang cara setting subdomain ke blogger atau blogspot. Sebenarnya ini sama seperti cara custom domain ke blogspot yang pernah saya posting setahun lalu.

Sebelum memulai untuk menyambungkan subdomain dengan blogger, pastikan domain yang kamu miliki sudah terkait dengan web hosting yang menggunakan kontrol panel sebab, di panduan ini saya menggunakan cPanel  yang memang sudah ada menu untuk melakukan konfigurasi.



Oke, kita lanjut ke tutorial mengenai cara setting subdomain ke blogger, dan perhatikan langkah demi langkah dibawah ini dengan teliti.


Cara Setting Subdomain Ke Blogger / Blogspot


1. Buka kontrol panel hosting kamu dan buatlah subdomain baru.


Create Subdomain


Tapi jika kamu sudah memiliki subdomain yang ingin di setting ke blogger, lanjut ke step 2.


2. Setelah kamu memiliki subdomain, kembali ke beranda konrol panel dan buka menu Zone Editor.


Zone Editor


Lalu pilihlah domain yang subdomainnya akan diarahkan ke blogger, kemudian klik Manage.


Manage Zone Editor


3. Disini kamu akan melihat daftar konfigurasi DNS yang terhubung dengan domain utama, abaikan saja dan buatlah DNS baru yaitu A Record.


A Record


Isikan keempat IP milik Google dibawah ini ke dalam kolom IPv4 satu per satu.

IP Address milik Google :
216.239.32.21
216.239.34.21
216.239.36.21
216.239.38.21

Pastikan hasilnya akan seperti ini.


Success Add A Record


4. Buka dasbor blogger dan pilih blog yang ingin kamu gunakan untuk dijadikan subdomain. Kemudian pilih menu Setelan > Dasar > Publikasi.




5. Pada halaman setelan publikasi di blogger kamu akan menemukan link yang bertuliskan + Siapkan URL pihak ketiga untuk blog Anda dan klik link tersebut, selanjutnya masukkan alamat subdomain kamu disana lalu klik simpan.


Publikasi Alamat Blog


6. Kamu akan menemukan pesan kesalahan (error) pada saat pertama kali menyimpan, dan disinilah kode CNAME khusus diberikan untuk mengkonfigurasi CNAME di web hosting.


Host Google


INFO : Jangan tutup tab browser kamu pada saat menemukan pesan kesalahan seperti diatas, langsung saja beralih ke tab kontrol panel web hosting dan masuk lagi ke Zone Editor.




7. Tambahkan CNAME Record baru dan isikan dengan kode CNAME khusus yang ada dalam pesan kesalahan. Disini kamu wajib menginput kode CNAME misalnya 1n1l4hk0d3 yang nantinya akan digunakan sebagai jalur untuk ke alamat subdomainnya. Sedangkan kode ke 2 yang memiliki akhiran googlehosted.com tempatkan di kolom satunya (kolom ke 2) kemudian simpan.


Success Add CNAME Record


8. Kembali ke dasbor blogger dan klik simpan lagi, maka pesan kesalahan akan hilang dan menampilkan sudomain kamu diatas alamat blogger asli.


Success Custom Subdomain To Blogger


Sampai disini setting subdomain ke blogger sudah berhasil dan selesai.


CATAT : Jika kamu sudah menambahkan A dan CNAME Record namun tidak dapat melakukan penyimpanan di dasbor blogger, itu berarti ada langkah yang belum kamu lakukan atau salah dalam menginput angka / huruf. Pastikan jangan sampai ada kesalahan sedikitpun saat menambah A dan CNAME Record.

Terakhir adalah menunggu hingga sistem Google membaca konfigurasi DNS baru kamu di blogger. Waktu yang dibutuhkan oleh sistem Google untuk dapat sepenuhnya memperbarui DNS adalah 10 menit hingga satu hari (1x24 jam).



Apa sih keuntungan menggunakan Blogger untuk Subdomain?

Dengan menggunakan blogger atau blogspot sebagai subdomain misalnya untuk blog, secara tidak langsung kita dapat menghemat disk space web hosting yang mana seluruh konten akan tersimpan di blogger dan bukan di hosting. Selain itu pengaturan di blogger juga tidak rumit seperti halnya menggunakan CMS hanya tinggal memilih template yang menarik kita bisa langsung menggunakan blog tersebut.

Belum ada Komentar untuk "Cara Setting Subdomain Ke Blogger / Blogspot"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel