Perbedaan VPS Managed Dan Unmanaged

Perbedaan VPS Managed dan Unmanaged

Virtual Private Server (VPS) adalah layanan penyimpanan data online yang serupa dengan shared hosting, hanya saja berada satu tingkat diatasnya, namun tetap masih dibawah server. Dengan resource yang lebih besar dan sistem virtualisasi memungkinkan pengguna VPS untuk lebih leluasa dalam mengelola data. Di VPS pengguna juga dapat meng-install Sistem Operasi (OS) sesuai yang diinginkan.

Untuk mengelola VPS agar lebih mudah, pengguna dapat menggunakan kontrol panel yang sudah mendukung  GUI (Graphical User Interface) hal ini diharuskan bagi pemula yang baru mencoba VPS atau Webmaster yang super sibuk mengelola banyak situs web, karena dengan kontrol panel mengelola VPS jadi lebih mudah untuk mengatur seluruh sistem.



Oke next, mengenai Perbedaan Managed Dan Unmanaged VPS, meskipun sama-sama VPS, tapi ada sedikit hal yang membedakan antara keduanya. Tentu akibat perbedaan tersebut harga menjadi sangat berpengaruh dan ini wajib diperhatikan oleh setiap pengguna yang baru mengenal VPS agar tahu paket mana yang harus disewa. Berikut ini adalah perbedaan VPS Managed dan Unmanaged.


Managed VPS

Managed VPS artinya pengguna membeli VPS sekaligus support atau dukungan teknis dari penyedia. Dengan Managed VPS, pengguna tidak akan dibingungkan dengan pengelolaan CLI (Command line interface), instalasi software, monitoring, dll. Dengan kata lain pengguna bisa fokus 100% untuk mengelola website, sementara penanganan sistem dapat di-handle oleh tim support penyedia VPS.


Unmanaged VPS

Sebagian orang menyebutnya Semi-managed dan Self-managed, tetapi saya rasa tidak jauh berbeda dengan Unmanaged VPS. Kelemahan utama dari Unmanaged adalah tidak adanya support dari penyedia VPS. Dukungan teknis hanya dapat dibantu melalui kata-kata dalam tiket (jika memungkinkan). Tim support Unmanaged VPS hanya akan membantu jikalau ada masalah pada hardware / server induk, selebihnya mereka tidak akan membantu. Sedangkan kelebihan utama Unmanaged VPS adalah harganya yang jauh lebih murah. Selisih harga antara Managed VPS dan Unmanaged VPS dengan spesifikasi VPS yang sama bisa mencapai 30% ~ 60%.



Jika pengguna memilih Unmanaged VPS karena harganya yang murah, pengguna harus sudah kenal terhadap dasar penggunaannya, yaitu perintah-perintah dasar terminal linux / CLI, sebab VPS yang disewa akan dikendalikan melalui CLI dan saat pertama kali pengguna menyswa, VPS dalam keadaan clean / tanpa kontrol panel dan software apapun di dalamnya.

Itulah Perbedaan VPS Managed Dan Unmanaged yang bisa saya jabarkan. Jika kamu berencana untuk menyewa VPS, pastikan kalau kamu sudah siap dengan penggunaan CLI, karena hanya itulah satu-satunya jalan untuk mengelola VPS.


Jika kamu rasa artikel ini bermanfaat dan layak dibaca oleh orang lain, jangan ragu untuk membagikannya kepada teman-teman atau saudara dengan meng-klik tombol sosial media diatas ini.

0 Comments:

Posting Komentar