Saldo Penghasilan Tokopedia Kini Tidak Bisa Untuk Belanja

Tokopedia Office

Sebelumnya, Tokopedia mengijinkan setiap pemilik toko untuk menggunakan saldo hasil penjualan produk / barang untuk berbelanja, dan kini hal tersebut sudah tidak bisa lagi dilakukan karena perubahan aturan dari pihak Tokopedia. Saat ini saldo bagi pemilik toko dibagi menjadi dua yaitu Saldo Refund dan Saldo Penghasilan yang mana keduanya memiliki fungsi yang berbeda.

Saldo Penghasilan hanya dapat digunakan untuk penarikan dana (withdrawal) ke rekening bank, dan tidak dapat digunakan sebagai metode pembayaran pembelian barang, produk digital, dan produk investasi, namun tetap dapat digunakan untuk membeli fitur-fitur berlangganan milik Tokopedia seperti Power Merchant, TopAds, dan promo cashback toko. Sedangkan Saldo Refund dapat digunakan sebagai metode pembayaran pembelian barang, produk digital, produk investasi, dan dapat dilakukan penarikan dana (withdrawal) ke rekening bank. Aturan ini tertulis jelas pada halaman Syarat & Ketentuan bagian Akun no 9 - 12 di Tokopedia.



Meskipun tidak ada pengaruh apapun kepada pembeli di Tokopedia, tapi perubahan aturan saldo ini sangat berpengaruh pada segelintir orang yang membuka toko dan menjual barang untuk kemudian menggunakan saldo hasil penjualan untuk membeli barang kebutuhan sehari-hari (memutar uang). Disini saya merasakan sendiri kesulitan untuk membeli kebutuhan sehari-hari yang biasanya saya beli di Tokopedia menggunakan saldo hasil penjualan barang.

Berikut ini alur penggunaan Saldo Penghasilan Tokopedia untuk membeli barang di Tokopedia.


Saldo Penghasilan Tokopedia


Biarpun banyak yang menganjurkan untuk menggunakan alternatif seperti OVO atau metode pembayaran Offline seperti Indomart atau Alfamart, namun untuk pemilik toko tentu saja pembayaran menggunakan saldo hasil menjual barang lebih mudah dari itu semua.



Tapi apalah daya, aturan sudah dibuat dan diberlakukan sejak pertengahan April 2019 dan saat artikel ini saya publikasikan sudah berlaku.

Kini saya harus melakukan perputaran uang seperti alur dalam gambar, yaitu dengan withdraw saldo penghasilan ke rekening bank dan setelah masuk, uang tersebut saya kembalikan ke Tokopedia untuk checkout. Hadeh... Agak aneh ya, yasudahlah sebagai penjual kecil saya harus mengikuti aturan ini dan semoga kedepannya akan menjadi lebih baik lagi.

Belum ada Komentar untuk "Saldo Penghasilan Tokopedia Kini Tidak Bisa Untuk Belanja"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel