Tips Agar Komputer Dan Ponsel Kamu Terhindar Dari Jebakan Hacker

Tips Agar Terhindar Dari Jebakan Hacker

Banyak teknik sulit bahkan tak terduga sama sekali yang digunakan hacker untuk mengelabui targetnya, demi kepentingan pribadi ataupun hal negatif lain. Tugas kita sebagai pengguna internet biasa, adalah untuk menghindari diri dari jebakan-jebakan yang telah dibuat sedemikian ruapa oleh hacker.

Perusahaan keamanan telah sering memberikan informasi dan panduan-panduan mengenai hal yang tidak boleh dilakukan saat menggunakan internet, dan pada artikel ini carauntukmembuat.com akan menginformasikan lagi agar seluruh warganet dapat terus mengingat banyaknya bahaya yang mengancam di jagat maya yang luas ini.



Tips Untuk Terhindar Dari Jebakan Hacker



• Jangan mengunjungi situs web yang tidak dikenal.

Situs web yang tidak kita kenal, terutama halaman web yang tidak kamu ketahui sebelumnya. Hal ini bisa saja membuat kita terperangkap karena halaman web tersebut biasanya sudah diisi dengan kode tertentu (dark code) yang siap menginfeksi browser dan mengirimkan data perangkat kita secara otomatis ke komputer milik hacker. Dalam hal ini sering terjadi pencurian data login seperti informasi kartu kredit, login sosial media, dan berbagai data penting yang tersimpan di perangkat kita. Oleh karena itulah banyak antivirus juga menghadirkan fitur untuk mengamankan browser dari situs web yang tidak dikenal dan berbahaya seperti ESET, AVG, Avast, dan banyak lagi lainnya.


• Tidak men-download file dari situs web yang tidak dikenal termasuk file carcked.

Banyak dari kita tidak sadar bahaya virus dan malware yang di sisipkan pada file yang ingin kita download (khususnya software dan game bajakan / mod). Kebanyakan hacker lihai dalam menyisipkan kode berisi perintah tertentu dalam file crack yang membuatnya mampu menginfeksikan virus atau malware ke komputer ataupun ponsel kita tanpa kita sadari.




• Hindari ajakan untuk meng-install plugin di browser atau software tidak dikenal.

Ahli keamanan internet menyarankan untuk selalu mengaktifkan fitur keamanan di browser saat kita menjelajah di internet. Program dalam bentuk plugin yang hampir mirip dengan plugin asli sudah sangat menjamur di internet saat ini, salah satu contoh yang paling banyak ditemukan adalah plugin palsu yang berpura-pura menjadi Adobe Flash Player. Pastikan kamu hanya meng-install plugin atau software apapun dari situs web resmi atau partner terpercaya saja.


• Jauhi konten video negatif seperti po*no atau sejenisnya.

Konten tidak wajar memang membuat siapapun terkelabui karena terlalu asyik menonton dan hacker bisa saja mengirimkan virus atau malware ke komputer melalui konksi internet besamaan dengan streaming. Dalam kasus ini banyak sekali orang terinfeksi, bahkan banyak ahli juga sering ceroboh dengan modus hacker yang satu ini.


• Rajin memperbarui versi browser.

Jangan tunda pembaharuan browser jika ada notifikasi untuk memperbaruinya sebab, biasanya Google Chrome dan Firefox menganjurkan untuk mengaktifkan fitur update otomatis ke penggunanya, karena dengan begitu browser akan selalu dalam versi terbaru dan memperkecil peluang hacker untuk menyerang perangkat dari internet.


• Rutin memperbarui database antivirus.

Memperbarui database antivirus sangatlah mudah, dan bisa dilakukan oleh siapapun yang paham komputer, tapi banyak orang yang menyepelekan hal ini. Padahal pengembang antivitus hampir setiap hari memperbaharui database mereka dan di internet yang sangat luas ini selalu ada saja virus jenis baru yang ditemukan, jika komputer kamu masih menggunakan database antivitus lama, bisa dipastikan kamu juga masih bisa terinfeksi virus jenis baru yang belum terdeteksi sebagai virus oleh antivirus karena mereka belum memiliki database terbaru yang berisi informasi tentang jenis-jenis virus terbaru.




• Rutin melakukan scan komputer dengan antivirus.

Metode ini dapat mengurangi ancaman pada komputer serta dapat menemukan jika ada virus atau malware yang baru saja datang ke perangkat dan bersembunyi. Khusus pengguna komputer kantor atau instansi pemerintahan, mintalah antivirus versi berbayar (versi premium) atau bantuan ahli IT agar data penting tidak ikut terhapus oleh antivirus jika terbukti ada virus terdeteksi. Beberapa antivirus memang menghapus seluruh data yang sudah terinfeksi, dan bisa saja data penting seperti laporan, catatan, atau projek ikut terhapus permanen.


• Hindari klik tautan yang ada di sosial media.

Tautan atau link yang disebarkan oleh orang (bukan dari halaman resmi) bisanya mengandung unsur ajakan untuk bertindak dan kemungkinan besar berisi penipuan. Parahnya, beberapa tahun lalu ada hacker mengelabui jutaan pengguna sosial media Facebook dengan cara menyebarkan tautan berisi kode perintah. Banyak korban khususnya di Asia yang terkena virus jenis ini, dan setiap akun yang sudah terinfeksi terus menyebarkan tautan berulang-ulang ke grup, timeline teman, bahkan mengirim pesan otomatis ke teman. Hal ini membuat akun Facebook dapat terkunci karena dianggap terlalu agresif dan mengandung unsur spam, bahayanya lagi jika yang disebarkan adalah tautan video po*no atau tautan yang menyesatkan.


• Hati-hati saat mendapatkan email berisi file yang bisa di download.

Karena dengan cara 'nyepam' inilah penyebaran virus bisa terjadi di komputer sekolah, rumah sakit, perusahaan, dan bahkan di pemerintahan. Jika kamu adalah salah satu anggota pemilik email perusahaan atau pemerintah, sebaiknya jangan membuka email dari orang yang tidak dikenal, apalagi sampai mendownload filenya.



Beberapa waktu lalu kita sudah dihebohkan dengan virus WannaCry yang tersebar melalui file dokumen dengan cara mengirim pesan masal ke email perusahaan dan pemerintah yang mengakibatkan puluhan ribu komputer kantor dan instansi pemerintah di beberapa negara terinfeksi yang mengakibatkan komputer tidak dapat digunakan.


Diatas adalah beberapa tips dari carauntukmembuat.com agar kamu bisa terhindar dari jebakan hacker di era digital saat ini. Masih banyak cara unik hacker untuk mengorek informasi dan data pribadi kita, jadi selalu mengaktifkan dan memperbarui antivirus adalah satu cara ampuh untuk terhindari dari hal-hal negatif di internet, meski tidak 100% mampu melindungi.

Jika kamu rasa artikel ini bermanfaat dan layak dibaca oleh orang lain, jangan ragu untuk membagikannya kepada teman-teman atau saudara dengan meng-klik tombol sosial media diatas ini.

0 Comments:

Posting Komentar