25 Film Hacker Terbaik Yang Wajib Kamu Tonton

25 Film Hacker Terbaik

Film yang mengisahkan tentang kehidupan dan cara kerja hacker meulai trend beberapa tahun belakangan ini. Karena semakin majunya perkembangan teknologi yang memaksa masyarakat menyaksikan berita dan informasi melalui internet setiap harinya.

Berdasarkan banyaknya referensi mengenai film hacker terbaik, disini sudah saya siapkan aftar 25 Film Hacker Terbaik Yang Wajib Kamu Tonton bagi kamu yang gemar dengan budaya hacker. Tak bisa dipungkiri, meski kebanyakan film hanyalah sebuah hiburan semata, namun dengan menonton film-film ini bisa menambah pengetahuan.



Berikut ini adalah film yang paling populer dan mengisahkan seseorang maupun kelompok hacker yang bisa kamu tonton.


1. Who Am I (2014)


Who Am I adalah yang menceritakan tentang sekelompok anak muda yang ingin membangun citranya di dark web. Sayangnya semua berubah menjadi mimpi buruk ketika Benjamin berhasil membuka kedok agen yang disusupkan oleh Interpol dan memberinya ke Max. Kasus di dunia mayapun merembet ke dunia nyata dimana nyawa dari anak-anak muda ini mulai terancam.


2. Mr. Robot (2015)


Film yang satu ini bercerita tentang seorang hacker muda bernama Elliot Alderson. Saat siang hari ia bekerja sebagai teknisi di sebuah perusahaan Cyber Security bernama Allsafe. Tapi, saat malam ia menjadi seorang hacker vigilante. Elliot berfikir ada yang salah dengan dunia ini. Ada beberapa orang yang memata-matai kehidupan kita tanpa kita sadari. Dan Elliot tidak menyukai itu, dengan kemampuan yang ia miliki, ia ingin menyelamatkan dunia dari mata-mata.




3. Hacker's Game Redux (2018)


Soyan adalah seorang ahli komputer yang bekerja untuk perusahaan yang sebelumnya diretas. Perusahaan keamanan online ini menjalankan kegiatan rahasia untuk klien berprofil tinggi di seluruh dunia. Kehadiran Loise yang seorang detektif cyber sedang menyelidiki kejahatan perang untuk sebuah organisasi hak asasi manusia dan dia terobsesi dengan kebenaran. Keduanyapun bertemu dan menjadi mitra hingga mereka akhirnya jatuh cinta dan bersama-sama untuk memerangi kejahatan di dunia maya.


4. The Girl with the Dragon Tattoo (2011)


Di Stockholm, Swedia, wartawan Mikael Blomkvist, pemilik majalah Millennium mengalami kekalahan dalam kasus pencemaran nama baik yang diajukan oleh pebisnis Hans-Erik Wennerström. Lisbeth Salander, seorang hacker yang cerdas sedang bermasalah, dan ia sedang mengumpulkan informasi latar belakang raja Henrik Vanger untuk Blomkvist, yang memiliki tugas khusus untuknya. Dalam pertukaran informasi tentang Wennerström, Blomkvist setuju untuk menginvestigasi hilangnya dan dugaan pembunuhan Harriet, cucu perempuan Henrik, 40 tahun lalu.


5. The Girl in the Spider's Web (2018)



The Girl in the Spider's Web adalah lanjutan dari film The Girl with the Dragon Tattoo, yang mengisahkan tentang seorang peretas komputer muda bernama Lisbeth Salander dan seorang jurnalis bernama Mikael Blomkvist. Menyadari bahwa diri mereka terperangkap dalam jaringan mata-mata, penjahat cyber, dan juga pejabat pemerintah yang korup.




6. Swordfish (2001)


Mengisahkan tentang seorang hacker komputer bernama Stanley Jobson (Hugh Jackman). Ia sering kali menggunakan kemampuannya sebagai hacker untuk melakukan tindakan ilegal. Sehingga sering kali ia harus masuk keluar penjara. Akibat tindakan hacking ilegalnya tersebut, membuat hidupnya menjadi berantakan. Bahkan istrinya memutuskan untuk berpisah dengannya. Karena ternyata ia sudah tidak tahan lagi hidup dengan Stanley.


7. WarGames (1983)


Siswa sekolah menengah David Lightman dan teman kecilnya Jennifer Mack di Seattle A.S, adalah peretas yang mendapat nilai di mainframe di sekolahnya. Saat makan malam pada suatu malam, David melihat-lihat majalah, dan melihat iklan untuk game-game Protovision yang. David ingin memainkannya sekarang, dan memutuskan untuk meretas jalannya ke server perusahaan.


8. WarGames 2 - The Dead Code (2008)


Tokoh utama dalam film ini adalah Will Farmer seorang mahasiswa yang gemar komputer. RIPLEY adalah sebuah komputer pintar yang dapat berpikir sendiri tanpa dengan intruksi dari manusia. Komputer RIPLEY ini adalah sebuah server game online dan memegang kendali penuh pada sumber daya kota. Komputer RIPLEY ini juga bisa mengidentifikasi adanya ancaman ketika ada pemain berhasil mengalahkan gamenya dan percakapan orang orang yang membicarakan dirinya. Ketika ancaman ditemukan RIPLEY dia akan menshut down dirinya sendiri yang berarti mematikan seluruh sumber daya di kota Philedelphia. Pertama Will memainkan game RIPLEY the dead code malah dia terlibat dalam masalah malfungsi dari komputer RIPLEY. Menyadari RIPLEY sudah menjadi ancaman bagi manusia, Sthephen Falken orang yang menbuat komputer RIPLEY tersebut membantu Will untuk mengatasi malfungsinya.


9. The Net (2995)


Angela Bennet yang hendak pergi berlibur, ia bertemu dengan Jack Davlin yang ternyata adalah mata-mata yang bekerja untuk mencuri disket kiriman dari Dalle yang berisikan celah sebuah keamanan. Namun ternyata apapun yang dilakukan Angela Bennet dimonitor oleh Jack Davlin sehingga Jack Davlin dapat mengetahui tentang kebiasaannya atau aktivitasnya. Jack Davlin juga  memalsukan identitas Angela Bennett dengan meng-hack database yang berisiskan identitas Angela Bennett setelah Jack Davlin gagal membunuhnya. Dengan demikian  ia semakin terpojok dan rekannya yang menolong ikut menjadi korban.


10. Sneakers (1992)


Dua orang sahabat, yaitu Marthin Bisthon dan Cosmo mempunyai sebuah perusahaan yang bekerja meng-hackecode atau data-data penting dari perusahaan lain. Tetapi pada bulan desember 1969 Cosmo ditangkap oleh polisi dan dia dipenjara. Sedangkan Marthin berhasil kabur ke Kanada.


11. Blackhat (2015)






Di Chai Wan, tempat pembuatan nuklir di Hong Kong, seorang peretas mengakibatkan pompa pedingin panas dan meledak. Di Chicago, Mercantile Trade Exchange diretas. Pemerintah Cina dan FBI menentukan cara peretas yang menggunakan alat akses jarak jauh (RAT). Chen Dawai ditugaskan untuk menemukan orang yang melalukan serangan tersebut.


12. Antitrust (2001)


Milo Hoffman bersama teman-temannya membentuk suatu perkumpualan bernama Skullbocks. Mereka selalu menemukan ide baru maupun penemuan mutakhir. Perkumpulan mereka semakin lama semakin dikenal hingga akhirnya kegeniusan mereka diketahui oleh Gary Winston, seorang pemilik perusahaan NURV (Never Underestimate Radical vision), pria yang berambisi mendominasi dunia melalui dunia maya.


13. Hacker (2016)


Bercerita tentang seorang pemuda bernama Alex yang sedang mengalami masalah keuangan. Ia mulai terjun ke dalam dunia cyber-crime saat mengenal perdagangan pasar gelap (Deep Web / Dark Web). Dari yang awalnya cuma sebagai dollar hunter kini Alex mulai menggeluti carding. Suatu ketika ia menemukan kelemahan pada bank yang telah memecat ibunya. Dengan bantuan Kira dan Sye, ia memutuskan untuk balas dendam.


14. Takedown (1998)



Film Takedown menceritakan tentang Kevin Mitnick seorang cracker yang telah membobol password milik Tsutomu Shimomura yang berisi file-file penting negara. Kevin menggunakan SAS (Switched Access System) untuk membantu dia melarikan diri dari kejaran FBI selama satu setengah tahun. Dengan SAS, Kevin menyadap semua dial-up dan incoming call pemerintah, agen FBI, departemen kenegaraan dan Intelijen-Intelijen lain. Sehingga, Kevin bisa mengetahui semua pembicaraan pemerintah tentang rencana penangkapannya dan bisa segera melarikan diri.


15. Tron (1982)


Sosok Flynn yang seorang maniak game mencoba menerobos program video game baru buatan mantan bosnya. Sebagai seorang hacker handal, Flynn memang dikenal sebagai pembobol terkenal. Di perusahaan mantan bosnya sendiri ada rekan kerjanya yang terus menerus membantu kebutuhan hacking-nya, Allan dan Lora. Satu hari, Allan harus bertemu dengan bosnya Mr. Dillinger karena tiba-tiba saja akses programnya dibatasi. Setelah dijelaskan bahwa pembatasan itu ada hubungannya dengan status Flynn dan Allan. Flynn dan Lora-pun mengatur strategi untuk membobol keamanan program buatan Allan sendiri agar (MCP) Master Control Program bisa dimusnahkan.


16. Hackers (1995)






Seorang anak yang bernama Dude Murphy, memiliki intelegensi luar biasa. Tahun 1988 dia ditangkap oleh pihak kepolisian kota Seattle karena dianggap telah melakukan tindak kriminal, yaitu menyebarkan virus komputer yang menyebabkan sistem crash pada 1.500 komputer. Termasuk sistem perdagangan Wall Street, sehingga saham New York mengalami penuruanan 7 poin. Karena tindakanya ini, keluarganya didenda sebanyak $45.000 dan Dude dijadikan sebagai tahanan rumah dengan masa percobaan 7 tahun. Dia dilarang menggunakan telpon dan komputer sampai usianya mencapai 18 tahun.


17. Die Hard 4 - Live Free or Die Hard (2007)


Dalam film ini McClane diutus untuk menangkap Hacker musuh FBI yang telah memporak-porandakan sistem IT negara yang disebut dengan Fire Sale. Fire Sale memiliki tiga langkah, pertama merusak seluruh sistem informasi yang ada. Kedua mengacaukan sistem keuangan dan telekomunikasi. Ketiga mengacaukan segala sumber daya lainnya (gas, air, listrik, nuklir, dll).


18. Eagle Eye (2008)


Film ini bermula dari sindikat teroris yang mencoba membalas dendam akibat ulah Presiden A.S yang melakukan kesalahan besar, yakni membunuh beberapa orang yang tidak bersalah demi kepentingan pribadinya. Bersamaan dengan proyek pertahanan di Pentagon, yang bernama Eagle Eye dan di jalankan oleh super komputer yaitu Reconnaissance Intelijen Otonom Integrasi Analyst (ARIIA). Athan shaw (operator ARIIA) yang tidak lain adalah saudara kembar Jerry Shaw. Melakukan sebuah konsfirasi untuk membunuh Presiden, sebelum negara hancur karena ulahnya.


19. Snowden (2016)


Film Snowden ini menceritakan kisah Edward Snowden, seorang ahli komputer dari Amerika Serikat yang membocorkan informasi rahasia milik Badan Keamanan Nasional Amerika Serikat (NSA) kepada pers, yakni surat kabar The Guardian pada bulan Juni 2013 lalu. Cerita film ini diadaptasi dari dua buku berbeda, yang berjudul "The Snowden Files" karya Luke Harding dan "Time of the Octopus" dari penulis Anatoly Kucherena.


20. The Matrix (1999)


Cerita dimulai ketika Thomas Anderson, yang di dunia hacker menamakan dirinya sebagai Neo. Kemudian ia bertemu dengan Morpheus dan Trinity. Inilah awal dimana Neo berhasil keluar dari Matrix ke dunia nyata, dan mengetahui bahwa kehidupan yang ia kenal sebelumnya sebenarnya adalah pemrograman yang ditanam oleh mesin-mesin jahat.


21. eXistenZ (1999)


Berkisah tentang seorang wanita bernama Allegra Geller, seorang pembuat game dan game yang ia buatnya bernama eXistenZ. Game yang dibuat Allegra sangat fenomenal dan diidam-idamkan para gamer. Saking fenomenalnya, Allegra sampai harus jadi target untuk dibunuh karena game yang di ciptakannya.


22. The Social Network (2010)


The Social Network menceritakan mahasiswa Harvard, yaitu Mark Zuckerberg yang menciptakan situs jejaring sosial. Situs tersebut dikenal sebagai Facebook, tetapi kemudian digugat oleh dua bersaudara yang mengklaim ia mencuri ide mereka, dan co-founder yang kemudian diperas keluar dari bisnis.


23. Firewall (2006)


Jack Stanfield adalah kepala keamanan bank yang telah merancang sebuah sistem komputer dan firewall untuk melindungi bank tempatnya bekerja, yaitu Landrock Pacific Bank di Seattle, dari penipuan. Dia membangun sistem anti-pencurian yang paling efektif di industri perbankan, melindungi bank dari ancaman luar dengan jaringan rumit yang dibangunnya. Walau demikian, ada satu kelemahan dalam sistem tersebut yang tidak diperhitungkan oleh Jack, yaitu dirinya sendiri.


24. Revolution OS (2001)


Film ini berkisahkan tentang perkembangan Operating Sistem Linux yang dibuat pada awalnya berdasarkan Proyek GNU GPL (General Public License). Sehingga source code dari program bebas disebarkan dan dapat diubah oleh pengguna. Dulunya source code dirahasiakan dengan tujuan memaksimalkan keuntungan, namun seiring perkembangan jaman muncul para aktivis dan pemrogram yang berjuang dalam mengembangkan Free Open Source (FOS), sehingga melawan propreitary software seperti Windows yang telah menguasai komputer dan distriknya.



25. Secret History of Hacking (2001)


Film ini menggali kehidupan beberapa hacker terkenal yang melewati mata publik. Mengapa budaya hacker bertahan? Dari mana mulainya hacker dan bagaimana kita bisa sampai situasi seperti ini? Film ini sangat informatif dan cara penayangannya membuat 50 menit adalah waktu yang sebentar. Jika ingin belajar sejarah di balik hacker modern, dari film inilah awal mulainya.


Ada banyak motif yang membuat seseorang atau kelompok menjadi hacker, dan kebanyakan cerita adalah karena job dan bisnis yang memaksa mereka melakukannya. Selain itu, terjebak dalam politik dan menjadi kambing hitam perusahaan sudah sangat lazim dalam alur cerita film hacker diatas.

Mana film yang paling kamu suka nih gaes?

Jika kamu rasa artikel ini bermanfaat dan layak dibaca oleh orang lain, jangan ragu untuk membagikannya kepada teman-teman atau saudara dengan meng-klik tombol sosial media diatas ini.

0 Comments:

Posting Komentar