Cara Buka WA, IG, FB Yang Di Batasi Oleh ISP Dan Pemerintah

Cara Buka WA, IG, FB Yang Di Batasi Oleh ISP Dan Pemerintah

Tercatat sejak hari Rabu 22 Mei 2019 siang, beberapa aplikasi sosial media dan chatting tidak dapat di akses menggunakan provider Indonesia. Hal ini bukan karena ada maintenance atau kerusakan di alat ISP, melainkan karena usulan pemerintah untuk menonaktifkan atau membatasi akses sementara ke aplikasi sosmed seperti Facebook (FB) dan Instagram (IG) juga app chat nomor satu didunia WhatsApp (WA).

Sampai artikel ini saya terbitkan, tercatat tanggal 23 Mei 2019 dini hari, kesemua jejaring sosial milik Facecook belum dapat digunakan sepenuhnya dan masih dalam akses terbatas.

Pemerintah tidak semata-mata iseng, ini dikarenakan banyaknya demo yang terjadi di ibu kota, Jakarta. Tujuan utama pemerintah membatasi akses ke berbagai sosmed dan app chat adalah untuk menghindari tersebarnya berita hoax dan provokasi melalui internet.



Oleh karena itu, mau tidak mau pemerintah harus bekerjasama dengan seluruh ISP di Indonesia untuk membuat kebijakan sepihak, karena demo 22 Mei yang digelar di Jakarta kian memanas dan semakin kisruh. Menurut berbagai situs berita, korban meninggal dunia pada aksi demo 22 Mei 2019 ini sudah mencapat 6 orang, dan 300 lebih luka-luka.

Meski banyak orang yang tidak setuju kebijakan sepihak atas dibatasinya akses ke sosial media dan app chat khsusnya WA, membuat segelintir orang beralih ke aplikasi chatting lain seperti Telegram salah satunya. Terlihat, diberanda Facebook pribadi saya, banyak teman-teman yang sudah beralih menggunakan Telegram dengan bukti membagikan screenshot akun Telegram mereka.

Namun tetap ada yang bertahan memaksakan diri untuk menggunakan WhatsApp meski saati ini WA hanya dapat mengirim teks saja dan tidak dapat digunakan untuk mengirim gambar, video, maupun status.

Karena di Indonesia ini juga tidak sedikit orang pintar, maka bermunculan-lah ajakan untuk menggunakan VPN (Virtual Private Network) sebagai jalan keluarnya. Ya, dengan menggunakan VPN kita dapat menerobos semua pembatasan yang dilakukan oleh pemerintah dan dapat menggunakan seluruh aplikasi sosmed juga app chat seperti biasanya.


Psiphon Pro


Saya sendiri sudah menggunakan VPN sejak munculnya berita diberbagai situs yang memberitahukan bahwa seluruh ISP di Indonesia akan memberikan akses terbatas ke sosial media dan app chatting yang ditunjuk atas usulan pemerintah.




Bagi kamu yang masih merasa terganggu atas kebijakan mengenai pembatasan akses ini, bisa menggunakan Aplikasi VPN Terbaik yang bisa di download dari Playstore. Ada puluhan aplikasi VPN yang dapat kamu coba satu persatu mengingat banyak aplikasi VPN yang sudah overload / limit karena kebanjiran pengguna seperti Turbo VPN salah satunya yang sudah tidak menerima koneksi baru sejak sore jelang malam tadi.

Karena itu, kamu harus memilih mana aplikasi VPN yang masih berfungsi untuk menerobos batasan-batasan yang diberikan oleh provider kamu. Dibawah ini adalah aplikasi VPN gratis yang dapat kamu gunakan :


Aplikasi VPN Di Playstore


INFO : Beberapa aplikasi VPN memerlukan pendaftaran dan memiliki bandwidth sesuai aturan mereka. Jadi, periksalah kebijakannya sebelum menggunakan.

Setelah menemukan aplikasi VPN yang cocok dan masih menyediakan koneksi untukmu terhubung, gunakanlah itu. Namun jika tetap tidak menemukan yang legal dari Playstore, saya rekomendasikan untuk menggunakan Psiphon Pro yang sudah saya sediakan disana. Kamu bisa mendownload dan menjalankannya di Android.



Ingatlah, VPN harus dijalankan atau aktifkan terus menerus (real-time) agar kamu tetap bisa terhubung dan mengakses aplikasi sosial media dan app chatting yang dibatasi oleh provider. Jika terputus, maka kamu akan masuk ke jaringan provider standar dan tentu itu membuat kamu terjebak lagi dalam pembatasan akses. Aktifkan kembali VPN untuk menghindari itu.

Selamat mencoba dan semoga informasi ini bermanfaat. Apabila teman dan saudara kamu membutuhkan info ini, jangan sungkan untuk berbagi pengetahuan dengan membagikan artikel ini ke mereka.

Jika kamu rasa artikel ini bermanfaat dan layak dibaca oleh orang lain, jangan ragu untuk membagikannya kepada teman-teman atau saudara dengan meng-klik tombol sosial media diatas ini.

0 Comments:

Posting Komentar