Cara Membedakan Miras Asli Dan Palsu (KW)

Cara Membedakan Miras Asli Dan Palsu.jpg

Jika dilihat oleh orang awam, Miras (Minuman Keras) asli dan palus tidak berbeda dan seklias sama saja. Akan tetapi, keaslian dari miras sangatlah penting, selain tidak beresiko bagi peminumnya, juga terjamin kenikmatannya. Berbeda dengan miras palsu atau sering disebut KW. Miras palsu sangat merugikan pembeli yang tidak tahu (tertipu) karena iming-iming harganya yang jauh lebih murah daripada miras asli yang berlabel dan bersegel, bahkan beberapa brand miras terkenal memberikan dus box dan gift official (hadiah resmi) sesuai sponsor mereka.

Miras KW juga sangat berbahaya terhadap kesehatan karena proses pembuatannya yang asal-asalan. Jauh berbeda dengan proses pembuatan miras asli yang menggunakan cara modern serta dukungan alat-alat canggih untuk mengukur dan mengotrol kualitas mereka.

Ada banyak varian miras yang beredar di Indonesia secara legal, beberapa diantaranya cukup populer dikalangan masyarakat seperti Jack Daniels, Johnnie Walker, Martell, Chivas Regal, dan banyak lagi lainnya. Brand-brand luar negeri tersebut masuk ke Indonesia melalui cara yang sah dan sudah memiliki pita segel Bea Cukai untuk di edarkan ke distributor atau Club malam.



Sayangnya, ada segelintir orang yang memanfaatkan momen ini untuk mencari keuntungan tanpa memikirkan kesehatan orang lain, ya siapa lagi kalau bukan pembuat dan pengedar miras palsu!

Mahalnya miras asli mendorong orang tidak bertanggung jawab untuk mengedarkan miras palsu dengan harga jauh dibawah harga pasar. Seperti contoh nyata di sekitar wilayah saya, Jack Daniels palsu berisi 1L hanya dibanderol dengan harga Rp 300.000 saja, sedangkan yang asli bisa mencapai harga jutaan. Hal inilah yang membuat orang awam dengan biaya 'pas-pasan' nekat membeli yang palsu, bahkan mereka tidak menayakan komposisi apa yang digunakan dan bagaimana tentang keamanan jika meminum miras kw tersebut.

Nah buat kamu yang belum tahu cara membedakan miras yang 100% original dengan miras paslu bisa mengetahuinya dari berbagai cara seperti yang saya kutip dari banyak narasumber, berikut ini cara membedakannya :



Cara Membedakan Miras Asli Dan Palsu



Harga Miras Palsu Sangat Murah

Tak perlu dibahas, soal harga miras palsu / kw jauh lebih murah dibandingkan miras asli. Dari hal ini seharusnya kamu sudah bisa menilai, karena di negara asalnya saja miras asli sudah mahal, ditambah lagi dengan ijin edar (legal) dari Bea Cukai yang menambah harga jadi lebih mahal.


Tidak Ada Segel Pita Bea Cukai

Miras palsu yang beredar di masyarakat biasanya tidak memiliki pita Bea Cukai sebab di reproduksi dengan botol dari miras asli yang sudah tidak terpakai dan diisi ulang dengan racikan mereka. Tentu saja dengan begitu pita Bea Cukai tidak mungkin ada di tutup botol, meskipun ada itu sudah rusak / sobek karena sudah dibuka sebelumnya.




Tutup Botol Longgar Dan Tidak Presisi (Rusak)

Dari informasi yang saya baca dari salah satu blog Bartender, tutup botol miras palsu berbeda dengan miras asli, "tutup yang palsu lebih longgar dan tidak presisi, ada juga yang segelnya sudah terbuka (rusak), itu karena sudah pernah dibuka sebelumnya". Menurut kalimat yang tertulis danam blog Bartender yang saya baca.


Cairan Miras Asli Sangat Jerni, Sedangkan Yang Palsu Keruh

Isi cairan dalam kemasan miras asli juga sangat jernih dan bersih, itu dikarenakan proses pembuatan yang benar-benar steril dan menggunakan SOP yang ditentukan masing-masing brand. Tapi tidak dengan miras palus yang memiliki cairan lebih keruh, tidak sedikit juga yang masih ada kotoran. Hal ini disebabkan karena pembuatannya asal-asalan dan bukan diwadah yang seharusnya.

Oleh karena itu, pembuat miras palsu lebih cenderung membuat Whisky ketimbang Vodka atau jenis lainnya seperti GIN atau Tequila yang berwarna bening seperti air putih. Sebab mayoritas miras berjenis Whisky berwarna cokelat yang bilamana ada kotoran didalamnya tidak mudah terlihat.


Jika Dikocok, Buih Miras Asli Lebih Cepat Menghilang

Metode yang paling simple untuk membedakan miras asli dan palsu yang baru-baru ini saya ketahui adalah dengan mengocok botolnya. Why? Buih atau busa dari miras asli akan langsung menghilang sedangkan yang palsu lebih lama.




CATAT : Namun tidak semua buih miras asli cepat menghilang saat dikocok, ada juga yang hilangnya lambat, itu tergantung dari jenis mirasnya. Umumnya miras dengan alkohol diatas 20% (Golongan B) akan lebih cepat menghilang, sedangkan yang beralkohol 40% (Golongan C) sangat cepat meghilang. Semakin tinggi alkoholnya semakin cepat juga menghilang buihnya.


Aroma Miras Asli Memiliki Ciri Khas

Tips yang satu ini bisa digunakan jika kamu sudah membeli mirasnya, sebab harus membuka segel kemasan untuk mengetahuinya. Jika kamu sudah pernah merasakan atau mencoba miras asli, tentu dengan hanya mencium aromanya kamu akan langsung tahu mana yang asli dan mana yang paslu. Miras alsi akan memiliki aroma khas dari masing-masing brand, dan itu tetap sama dimanapun kamu membelinya.


Rasa Miras Asli Memiliki Ciri Khas

Sama seperti membedakan aroma, dengan mencicipi sedikit kamu akan langsung merasakan rasa khas dari miras alsi sesuai dari brand yang kami beli. Sedangkan yang palsu lebih terasa alkohol dan tidak ada rasa khas. Seluruh miras asli yang beredar memiliki rasa khas yang berbeda dari yang lain termasuk kompetitor mereka, dan tentu saja rasa dan bau alkohol miras asli sangat minim, bahkan hampir tidak tercium. Itu disebabkan oleh proses pembuatan dan bahan baku yang sesuai, maka miras asli pasti lebih aman, nikmat dan menyegarkan saat diminum.



Dari kemasan fisik dan segi aroma serta rasa kita dapat membedakan mana miras asli dan mana yang palsu. Tapi, alangkah baiknya jika kamu sudah pernah terlebih dulu mencoba yang asli, sebab dengan mencoba yang asli maka kamu akan tahu jika suatu saat menemukan yang palsu.

Pengalaman pribadi saya, miras palsu lebih beraroma dan terasa alkohol. Berbeda dengan miras asli yang saat dibuka kemasannya memiliki aroma khas yang tidak akan bisa ditiru pembuat miras palsu.

Itulah cara membedakan miras asli dan palsu yang saya ambil dari pengalaman serta berbagai sumber (khususnya blog Bartender). Jika kamu memiliki tips lain tentang cara membedakannya, mari kita sama-sama berbagi informasi.

Semoga artikel ini berguna dan bermanfaat serta dapat menambah pengetahuan kamu. Jangan lupa di share ke saudara dan teman-teman, barangkali mereka ingin mengetahui informasi penting ini.

Jika kamu rasa artikel ini bermanfaat dan layak dibaca oleh orang lain, jangan ragu untuk membagikannya kepada teman-teman atau saudara dengan meng-klik tombol sosial media diatas ini.

0 Comments:

Posting Komentar