Cara Membuat Star Rating (Rich Snippets) Di Blog

Cara Membuat Star Rating (Rich Snippets) Di Blog

Beberapa tahun yang lalu Google merilis fitur baru bernama Rich Snippets, yang di khususkan bagi para webmaster dan pengelola situs web dengan akses ke kode sumber. Seiring berjalannya waktu, kini Rich Snippets dikembangkan ke berbagai jenis mulai dari berita, video, ebook, dan banyak lagi.

Rich Snippets ini diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan pengunjung yang datang dari mesin pencari Google karena melihat adanya rating star (bintang kuning) yang berjejer tepat dibawah judul artikel blog atau nama halaman website. Bisa dikatakan ini adalah salah satu Teknik SEO untuk mendapatkan minat pengunjung agar masuk ke dalam artikel atau website kita.


Blogger Rich Snippets Star Rating




Benar saja, untuk blog dan situs web yang menggunakan Rich Snippets berjenis Review atau sering disebut Star Rating ini mampu menarik pengunjung yang terkesima karena melihat deretan bintang-bintang kecil berwarna kuning saat mencari sesuatu di SERP Google.

Bagi sebagian situs web menerapkan Rich Snippets bukanlah hal yang sulit, misalnya saja di CMS berbasis WordPres Self-hosted, kamu hanya perlu menggunakan plugin Rich Snippets yang tersedia gratis di direktori plugin seperti Multi Rating atau KK Star Rating untuk kemudian di install dan di atur sesuai intruksi dokumentasi. Tapi berbeda di blogger, di blog yang bernaung dibawah asuhan blogspot menerapkan Rich Snippets secara sah adalah hal yang sedikit merepotkan.

Lho kok? Ya, sebab di blogspot kita tidak diijinkan untuk memodifikasi struktur kode lebih dalam, tepatnya hanya diijinkan untuk beberapa bahasa web programming dasar seperti HTML, JS, dan CSS. Hal inilah yang merepotkan untuk menerapkan Rich Snippets secara sah (mengikuti intruksi Google Developer). Sedangkan di CMS berbasis WP Self-hosted kita dapat mengolah seluruh kode sumber termasuk database, bahkan dipermudah dengan banyaknya pilihan plugin Rich Snippets yang tidak perlu sentuhan coding untuk menggunakannya, hanya dengan klik-klik saja plugin Rich Snippets bisa menyesuaikan langsung dengan situs web yang kita miliki.

Nah buat kamu yang menggunakan platform blog gratis blogger seperti blog ini carauntukmembuat.com, jangan berkecil hati karena masih ada cara yang bisa dilakukan untuk membuat Rich Snippets di blog kita yaitu dengan memanfaatkan potongan script Rich Snippets JSON-LD seperti dibawah ini.






Kamu hanya perlu menyalin dan menempelkan kode tersebut di dalam widget HTML blog, kemudian ubah dua teks, yaitu Nama Penulis dan Nama Domain. Selain kedua itu biarkan saja apa adanya.

INFO : Jangan mengubah bagian 4.3 menjadi lebih tinggi, misalnya 4.5 atau 4.7 sebab itu akan membuat blog kamu dilirik oleh Google Crawl sebagai blog spam yang tidak sesuai dengan aslinya. Maksimal penilaian tertinggi untuk cara ini adalah 4.3 dan akan lebih bagus jika dibawah itu.

Setelah widget yang berisi script Rich Snippets sudah kamu simpan di blog, sekarang saatnya mengecek validasi menggunakan alat milik google yaitu Alat Pengujian Data Terstruktur. Masukkan salah satu link artikel kamu ke kolom yangt tersedia disana, pastikan tidak ada kesalahan dan hasil menampilkan seperti gambar dibawah ini.


Google Structured Data Testing Tool



Jika validasi sudah selesai dan tanpa masalah, sekarang kamu hanya tinggal menunggu 4 sampai 7 hari untuk melihat hasilnya. Jika sudah seminggu berlalu, kamu bisa mengecek keberhasilan dari script Rich Snippets tersebut dengan cara mencari nama domain atau judul artikel kamu di Google. misalnya : "site:domainsaya.com" atau "inurl:domainsaya.com" tanpa tanda kutip.

Cara ini adalah yang paling mudah untuk membuat Rich Snippets di blog berbasis blogger atau blogspot. Kamu tidak perlu mengotak-atik template, hanya copy dan paste code script Rich Snippets ke widget HTML saja.

Belum ada Komentar untuk "Cara Membuat Star Rating (Rich Snippets) Di Blog"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel