Cara Mengubah Ekstensi File Di Android Dan PC

Cara Mengubah Ekstensi File Di Android Dan PC

Ekstensi file ialah penanda yang digunakan sebagai akhiran untuk menamai file misalnya, gambar, video, musik, dan lain sebagainya. Ekstensi file memperlihatkan karakteristik dari isi file serta tujuan penggunaannya.

Secara umum ekstensi file mengandung tiga karakter huruf alphabet dan angka yang mewakili jenis dari file tersebut. Ekstensi file terletak di akhir nama file dengan karakter titik sebagai pemisah keduanya (nama file dan ekstensi file). Contoh file dengan nama music.mp3. Dapat diartikan bahwa ekstensi mp3 berarti file musik, sedangkan tanda titik digunakan sebagai pemisah diantara keduanya.



Ekstensi file sering dianggap sebagai metadata yang digunakan oleh sistem operasi untuk mengetahui informasi dari file tersebut. Contoh, file dengan nama read.txt adalah jenis file teks, sedangkan laporan.doc merupakan jenis file dokumen.

File apapun yang ada pada seluruh sistem operasi harus memiliki ekstensi agar dapat dibaca oleh sistem. Ekstensi file sangatlah penting, jadi jika kamu mendapatkan file tanpa mengandung ekstensi, bisa dipastikan sistem tidak dapat mengenalinya. Kecuali file tersebut memang dibuat berdasarkan kepentingan sistem.

Oke saya anggap kamu sudah mengerti ya tentang ekstensi file ini, jadi semua file umum yang kita gunakan sehari-hari di ponsel maupun komputer harus mengandung ekstensi yang dapat dibaca sistem.

Jika kamu ingin mengubah atau menambahkan ekstensi file secara manual ke sebuah file, bisa dilakukan menggunakan File Manager di Android dan Explorer di Windows 7, 8, 10. Berikut langkah demi langkah mengubah atau menambah ekstensi file manual.


Cara Mengubah Ekstensi File Di Android

Untuk mengubah ekstensi file di ponsel atau tablet Android, yang kamu butuhkan hanyalah aplikasi File Manager yang dapat melihat ekstensi file. Karena aplikasi default bawaan Android kebanyakan tidak bisa untuk melihat ekstensi file, jadi saya sarankan agar kamu menggunakan aplikasi File Manager pihak ketiga seperti ES File Explorer atau sejenisnya.

1. Buka aplikasi File Manager yang sudah kamu download.




2. Cari file yang ingin kamu ubah ekstensinya. Jika menampilkan ekstensi file di akhir nama file, itu berarti File Manager yang kamu gunakan mampu mengubah ekstensi file.


File Manager Android


3. Klik Rename atau Ubah Nama.


Ubah Ekstensi File Android


Ekstensi file pada screenshot diatas ada tepat dibelakang tanda titik (.) yaitu JPG yang berarti file gambar dan bisa diubah menjadi ekstensi apapun yang kamu inginkan.

PENTING : Mengubah ekstensi file dapat membuat file tersebut tidak dapat dibuka karena tidak sesuai dengan kegunaannya.


4. Simpan.


Jika saat proses menyimpan muncul notifikasi, klik YES atau YA saja. Itu dikarenakan sistem akan mulai membaca file tersebut dengan ekstensi barunya.





Cara Mengubah Ekstensi File Di Komputer / Laptop

Tidak jauh berbeda seperti di Android, mengubah nama ekstensi file di komputer juga terbilang mudah dan sederhana. Kamu hanya perlu menampilkan ekstensi file pada pengaturan Explorer.


Menampilkan Ekstensi File Di Windows


Centang bagian tersebut maka seluruh file yang ada pada folder di Explorer Windows akan menampilkan ekstensinya. Selanjutnya kamu hanya melakukan klik kanan pada file tersebut dan Rename untuk mengubah ekstensinya.

Apablia kamu klik Enter setelah Rename ekstensi menunjukkan peringatan seperti dibawah ini, klik YES saja. Ini pertanda bahwa kamu benar-benar ingin mengubahnya ke ekstensi lain.


Peringatan Mengubah Ekstensi File


Ya, begitulah cara untuk mengubah atau menambahkan ekstensi file dari Android mapun Windows.



Cara ini dapat digunakan jika kamu mendownload file yang tanpa ekstensi seperti kebanyakan file video yang dibagikan oleh situs download dan streaming filem gratis tidak menggunakan ekstensi file dan harus kita tambahkan secara manual.


File Tanpa Ekstensi


Jadi, menambahkan ekstensi di akhir nama file sangatlah penting. Terlagi itu adalah file yang sudah kita ketahui apa isinya.

Untuk kamu yang suka download film di internet pasti sering mendapatkan file tanpa ekstensi (biasanya hanya putih polos dan tidak dapat dibuka) karena belum ditambahkan ekstensinya. Harusnya ditambahkan secara manual dengan mp4 atau mkv agar file tersebut bisa terbaca sistem sebagai file video.

Jika kamu rasa artikel ini bermanfaat dan layak dibaca oleh orang lain, jangan ragu untuk membagikannya kepada teman-teman atau saudara dengan meng-klik tombol sosial media diatas ini.

0 Comments:

Posting Komentar