Tips Belanja Murah Di Tokopedia, Bukalapak, Shopee, Blibli, Lazada, Dll

Tips Belanja Murah Di Tokopedia, Bukalapak, Shopee, Blibli, Lazada, Dll

Apakah kamu sering berbelanja di marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee, Blibli, Lazada, dan lainnya? Jika sering, mungkin kamu perlu membaca artikel ini untuk memperkecil pengeluaran. Saya pribadi sering sekali belanja di marketplace lokal, karena saya pikir lebih simple daripda harus ke mall atau pasar tradisional.

Setelah sekian waktu berlalu, dan semakin mudahnya belanja online membuat saya berfikir untuk mencari strategi yang dapat memperkecil pengeluaran, ya meski hanya 10rb atau 20rb itu penting buat saya. Kalau hanya untuk sesekali membeli memang tidak jadi masalah, tapi kalau sering dan hampir setiap hari, 10rb itu sangat penting dan bisa dikatakan menghemat. Maklum, saya tidak lahir dikeluarga ya kaya raya. Jadi saya pastikan setiap kali ingin membeli sesuatu dari marketplace, menggunakan strategi yang telah saya susun secara pribadi.

Oke next, strategi yang saya gunakan untuk menghemat pengeluaran saat berbelanja online di marketplace lokal ada lima cara yaitu :



Filter Lokasi

Hampir semua aplikasi dan situs web marketplace lokal sudah mendukung filter lokasi yang dapat menghemat biaya pengiriman pembeli. Misalnya, saya berada di Kota Depok, saya akan memfilter lokasi produk yang penjualnya hanya ada di area JABODETABEK atau Jawa Barat saja. Dengan begitu ongkos kirim dengan barang dibawah 1kg masih sekitaran 9rb sampai 12rb saja untuk paket kirim reguler.

Bayangkan dengan barang yang sama namun penjual dari luar Jawa Barat, estimasi biaya pengiriman bisa mencapai 18rb hinnga puluhan ribu untuk produk dibawah 1kg dan dengan tipe pengiriman reguler. Tentu saja Filter Lokasi sangat wajib digunakan sebelum membeli barang yang kita inginkan.


Cek Kurir

Sebagian besar penjual (pemilik toko di marketplace) mengaktifkan jasa ekspedisi JNE, JNT, POS, dan TIKI sebagai metode pengiriman jarak jauh. Bandingkanlah mana jasa ekspedisi yang paling murah untuk mengurangi biaya checkout kamu. Untuk penjual besar biasanya memberi opsi ekspedisi cargo yang agennya terbilang langka di pelosok desa sepeeti Wahana dan REX dan yang biaya kirimnya jauh lebih murah daripada jasa ekspedisi populer. Selain itu, jika memungkinkan gunakanlah garansi setiap kali kamu melakukan checkout di marketplace demi menjaga keamanan barang yang kami beli.

INFO : Bagi kamu berlokasi di wilayah yang jauh dari kota atau di pelosok desa, saya sarankan untuk menggunakan jasa ekspedisi populer demi menghindari keterlambatan pengiriman.



Memeriksa Berat Barang

Di marketplace banyak penjual yang menggunakan 'trik' untuk membuat dagangannya lebih dilirik karena harga yang tercantum lebih murah daripada toko lain dengan barang yang sama. Fake weight adalah pencantuman berat yang diluar berat barang aslinya.

Contoh fake weight, ada dua toko yang menjual sepatu dengan barang yang sama namun dengan harga yang berbeda. Toko A menjual 110rb sedangkan toko B menjual 100rb. Namun toko A memberi pencantuman berat 1kg sedangkan toko B memberikan berat 3kg, tentu saja saat checkout sepatu yang seharusnya murah di Toko B akan menjadi lebih mahal dari toko A, mengapa? Dikarenakan pencantuman berat yang dicantumkan oleh toko B tidak sesuai (bisa disebut mencari keuntungan dari berat pengiriman palsu / fake weight).


Menunggu Diskon Dan Flash Sale

Hal paling lumrah yang dilakukan banyak orang untuk menghemat pembelian saat belanja online adalah menunggu diskon atau flash sale. Kamu bisa menunggu datangnya diskon atau flash sale dari produk yang ingin kamu beli atau bisa mengunjungi halaman promo dari masing-masing marketplace yang kamu gunakan.

Setiap marketplace memiliki halaman resmi untuk memberikan informasi promo mereka, dan jika kamu tidak tahu, berikut ini link langsung ke halaman promo marketplace lokal.

Tokopedia = https://www.tokopedia.com/promo/
Bukalapak = https://www.bukalapak.com/promo/
Shopee = https://shopee.co.id/campaigns/
Blibli = https://www.blibli.com/promosi/




Membandingkan Harga Di Marketplace Lain

Opsi ini sebenarnya juga penting untuk dipakai sebelum membeli barang secara online menurut saya, jadi kita bisa memeriksa satu persatu marketplace dan membandingkan harga (compare) dari barang yang ingin kita beli. Jika beruntung, kita bisa menemukan barang yang sama dengan harga yang jauh lebih murah.


Diatas adalah cara untuk belanja lebih murah di berbagai marketplace lokal. Tidak ada trik atau metode khusus yang digunakan, hanya dengan kejelian tentang sistem filter, jasa ekspediai, dan compare tentu bisa membuat kita lebih hemat pengeluaran.

Belum ada Komentar untuk "Tips Belanja Murah Di Tokopedia, Bukalapak, Shopee, Blibli, Lazada, Dll"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel