WASPADA!!! Ternyata Begini Cara Membuat Screenshot Berita Hoax

Waspada Berita Hoax

Hoax atau berita bohong adalah sebutan bagi informasi palsu yang dibagikan melalui internet. Para Hoaxers atau sang pembuat berita palsu banyak menciptakan info yang tidak sesuai dengan fakta demi keuntungan perorangan atau organisasi.

Kebanyakan hoaxers tidak mau repot-repot untuk membuat situs web yang berisi artikel tentang berita palsu yang ingin disebarkan, sebab saat ini pemerintah khususnya Kominfo telah bekerjasama dengan hampir semua sosial media besar seperti Facebook, Twitter, dan Instagram untuk segera menindak seluruh akun dan situs web yang memuat informasi hoax agar langsung diblokir. Tapi sayang, penebar berita hoax tak kehabisan akal, mereka sekarang memanfaatkan judul dari situs berita besar yang diubah menggunakan cara klasik, yaitu Inspect Element.



Inspect Element adalah fitur bawaan yang ada dihampir seluruh browser komputer termasuk Google Chrome, Internet Explorer, dan Opera. Fitur ini sejatinya digunakan untuk mendeteksi dan merapihkan kesalahan pada situs web dari depan (interface). Namun disalahgunakan oleh sebagian besar hoaxers untuk mengubah judul dari berita asli sesuai dengan keinginan mereka. Tentu saja hal ini dapat menimbulkan keresahan dan ketakutan di masyarakat jika banyak orang yang mempercayai screenshot dari berita hoax yang telah dibuat dan disebarnya.

Cara membuat berita hoax dengan memanfaatkan Inspect Element sudah ada sejak dahulu, namun baru-baru ini mulai sering digunakan oleh pihak-pihak tidak bertanggung jawab / hoaxers untuk perang politik di internet dan seperti yang sedang berlangsung sekarang ini, pemilihan presiden periode 2019-2024.

Untuk menggunakan Inspect Element dan mengubah judul berita di situs berita besar caranya cukup mudah, kamu hanya perlu mengunjungi halaman berita tersebut dan klik kanan pada halaman kosong. Maka kamu akan menemukan menu untuk Inspect Element atau melihat struktur pengkodean situs berita tersebut.


Cara Membuat Berita Hoax


Klik kanan atau klik saja bagian judul berita yang tampil dalam deretan kode (no 1), kemudian ubah sesuai yang kamu inginkan. Secara otomatis browser web akan menerapkan perubahan tersebut dan menampilkan hasil editan kamu (no 2).




Jika di screenshot, hasilnya 100% mirip dengan berita asli atau benar-benar seperti situs berita yang menyebarkan berita tersebut meski pada kenyataannya adalah hoax. Kamu bisa melihat hasil dari pengubahan judul berita dengan Inspect Element dibawah ini.


Berita Hoax


Sangat mirip bukan?

Sayangnya dengan cara licik seperti ini untuk membuat berita hoax, pelakunya sangat dikecam dan wajib mendapat hukuman setimpal. Pasalnya akan banyak pihak yang dirugikan, yaitu situs berita yang di screenshot dan orang awam yang terpedaya akan berita palsu tersebut.



Karena hal ini marak digunakan saat ini, sebaiknya sebelum kamu mempercayai sebuah berita khususnya dalam bentuk screenshot yang dibagikan oleh teman atau siapapun di sosial media jangan lah langsung percaya begitu saja. Sebaiknya cek terlebih dahulu kebenaran berita tersebut. Karena dengan mempercayai sebuah informasi hoax, bisa saja amarahmu terpancing dan ikut emosi karena membaca judul berita yang dibuat oleh hoaxers tak bertanggung jawab.

PERINGATAN : Artikel ini saya buat bukan untuk mengajarkan siapapun membuat berita hoax, namun pembelajaran agar siapapun dapat mengetahui mana berita asli dan mana yang palsu. Untuk mengetahui yang asli sangat mudah, cukup kunjungi situs berita yang ada di screenshot dan carilah judul berita tersebut. Jika judulnya ada itu berarti berita asli, sedangkan jika tidak ada, itu berarti berita hoax atau palsu.

Belum ada Komentar untuk "WASPADA!!! Ternyata Begini Cara Membuat Screenshot Berita Hoax"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel