13 Jenis Tanaman Hias Dalam Ruangan (Indoor)

13 Jenis Tanaman Hias Dalam Ruangan (Indoor)

Menanam tanaman hias dalam ruangan memang bukan lagi hal yang aneh. Ada banyak masyarakat yang gemar dengan tanaman hias merelakan tempat untuk meletakkan tanaman kesayangannya di dalam ruangan rumah.

Tapi tahukah kamu bahwa tidak semua jenis tanaman hias bisa bertahan tumbuh di dalam ruangan / indoor?

Jika kita telusuri toko tanaman hias, mungkin kita hanya akan disarankan beberapa jenis tanaman saja dan itu pun perlu perawatan serta penempatan yang sesuai dengan jenis tanamannya.



Secara tidak langsung, menanam tanaman hias di alam ruangan lebih sulit daripada menanamnya di halaman rumah. Meski demikian, penggemar tanaman hias indoor pasti rela menyisikan waktu luang untuk menrawat tanamannya.

Jika kamu termasuk orang yang gemar dengan tanaman indoor, berikut ini adalah 13 jenis tanaman hias dalam ruangan yang bisa kamu pertimbangkan untuk dipelihara.


1. Lily


Bunga Lily

Tanaman hias asal Eropa yang satu ini sangat populer dihampir seluruh dunia termasuk Indonesia. Tanaman bunga dari keluarga Liliaceae ini juga dapat menetralkan racun dalam ruangan seperti aseton, amonia, benzena, etil asetat, dan bannyak lagi.

Perawatan bunga Lily juga tidak sulit, kamu bisa menaruhnya di dalam ruangan yang minim cahaya dan menyiramnya dua hari sekali. Namun jika kamu ingin tanaman Lily ini tumbuh sempurna dan cantik, kamu harus meletakkannya ditempat yang terkena cahaya matahari secara langsung.


2. Lavender


Bunga Lavender

Lavender adalah jenis tanaman hias bunga dari keluarga Lamiaceae yang masuk dalam jenis tanaman indoor terfavorit. Banyaknya masyarakat yang menyukai bunga lavender, hampir semua toko-toko tanaman hias menjual bunga ini.

Bunga lavender memiliki warna yang cantik dan itu akan mempengaruhi suasana ruangan kamu. Pilihlah bunga yang masih kecil dan masukkan dalam pot kecil agar menghasilkan bunga yang minimalis namun tetap cantik.

Untuk perawatannya sendiri cukup mudah, kamu hanya perlu menyiramnya satu kali sehari dan meletakkannya dipinggir jendela dipagi hari agar bunga lavender ini tetap memiliki warna yang cerah.


3. Geranium


Bunga Geranium

Geranium adalah salah satu dari dari 300 spesies tumbuhan abadi atau semak dalam keluarga Geraniaceae. Tanaman geranium asli berasal dari Afrika Selatan. Tanaman ini memiliki bunga ganda dan campuran warna serta kelopak bunga yang cantik. Geranium akan mekar saat musim panas, tetpi ada juga beberapa spesies yang mekar di musim semi dan musim gugur.

Keuntungan dari menanam tanaman geranium ini selain untuk memperindah ruangan juga memiliki aroma yang dapat mengusir nyamuk.

Sama seperti tanaman indoor lainnya, Geranium membutuhkan cahaya langsung dari matahari dan air setiap harinya agar tetap tumbuh subur dan lebat.


4. Dracaena Sanderiana


Lucky Bamboo

Banyak yang menyebut tanaman dracaena dengan nama Lucky Bamboo (bambu rezeki). Tanaman hias asal Kamerun ini juga salah satu favorit di Indonesia. Mudah untuk merawat tanaman Lucky Bamboo ini, cukup dengan memberinya air setiap hari dan sinar matahari langsung.

Selain bentuk Lucky Bamboo yang unik dan nyaman dipandang, orang-orang juga sering memberi kesan positif pada tanaman gias indoor yang satu ini karena dianggap dapat meningkatkan aura rezeki pada pemilik rumah yang merawatnya.




5. Anggrek Bulan


Anggrek Bulan

Phalaenopsis amabilis atau sering disebut anggrek bulan adalah tanaman bunga indoor yang memiliki warna putih dan bentuk yang cantik. Anggrek bulan adalah tanaman asli Indonesia yang pertama kali ditemukan oleh Dr. C.L. Blume, yaitu seorang ahli botani asal Belanda.

Tak seperti kebanyakan tanaman lainnya, anggrek bulan justru mengeluarkan oksigen dimalam hari. Hal ini baik bagi kesehatan manusia dan sangat cocok diletakkan dikamar tidur.


6. Anthurium


Bunga Anthurium

Anthurium termasuk tanaman dari keluarga Araceae. Tanaman ini memiliki daun yang indah dan masih berkerabat dengan sejumlah tanaman hias populer seperti Aglaonema, Philodendron, Keladi Hias, dan Alokasia. Bukan hanya daunnya yang indah, bunga dari Anthurium juga sangat cantik apabila ia mekar.

Yang spesial dari Anthurium adalah tanaman ini mampu menyerap zat amonia, formaldehida, toluena, dan xilena. Jadi sangat cocok untuk diletakkan berdampingan dengan komputer atau alat elektronik lainnya.


7. Kamboja Jepang


Kamboja Jepang

Adenium atau kamboja jepang adalah salah satu tanaman yang dapat hidup diberbagai kondisi (indoor dan outdoor) asalkan masih terkena air maksimal seminggu sekali. Tanaman ini banyak terdapat di Indonesia dan memiliki ciri bunga dua warna yaitu merah dan putih.

Sangat mudah untuk memelihara kamboja jepang, kamu hanya perlu menyiramnya seminggu sekali agar tetap hidup dan berbunga. Agar pertumbuhannya tetap terjaga dengan baik, sering-seringlah memberinya cahaya matahari pagi.


8. Begonia


Bunga Begonia

Begonia ialah tanaman hias bunga yang hidup di daerah lembab. Tanaman ini memiliki bentuk dan bunga yang sangat cantik untuk dipandang dan sangat cocok untuk meletakkannya di runag tamu.

Agar Begonia tetap segar kamu harus menyiramnya setiap hari dan keluarkan dari ruangan agar terkena sinar matahari langsung setiap pagi hari.




9. Kaktus Natal


Bunga Kaktus Natal

Sering disebut sebagai kaktus natal, Schlumbergera adalah jenis tanaman hias indoor yang memiliki batang mirip kaktus. Tanaman asal Brazil ini tumbuh ditempat yang teduh dan lembab. Kecantikan dari bunga kaktus natal ini tidak kalah dengan jenis bunga lainnya.

Karena kaktus natal adalah tumbuhan yang hanya hidup di daerah lembab, jadi sangat cocok untuk diletakkan disekitar kamar mandi atau tempat teduh lainnya.


10. Karet Kebo


Tanaman Karet Kebo

Karet kebo atau Ficus Elastica adalah spesies tumbuhan yang berasal dari Genus Ficus yang tumbuh ditempat sejuk. Tumbuhan asli asal Asia ini sekarang sudah mulai dibawa ke berbagai negara lain yang memiliki iklim tropis. Tanaman ini memiliki bentuk yang elegan sehingga sangat cocok untuk diletakkan pada sudut strategis dalam ruangan.

Tumbuhan ini mampu tumbuh hingga mencapai ketinggian 30 meter, jadi pastikan kamu untuk tidak memberikan pot yang besar untuk karet kebo agar batang tidak cepat tumbuh menjadi besar.


11. Money Tree


Tanaman Money Tree

Money Tree atau yang jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia berarti Pohon Uang adalah tanaman asli asal Ameria tengah dan selatan. Menurut legenda, tanaman money tree ini dapat membawa rezeki bagi yang merawatnya dirumah.

Tanaman ini memiliki bentuk daun yang sudah tidak asing lagi. Pemeliharaannya juga sederhana, hanya perlu meletakkannya pada pot kecil dan memberinya air serta sinar matahari setiap pagi.


12. Cemara Norfolk


Tanaman Cemara Norfolk

Dikenal dengan sebutan Pinus Norfolk dalam bahasa latin Araucaria heterophylla adalah salah satu jenis tanaman yang dapat tumbuh hingga ketinggian 20 meter. Tanaman ini memiliki bentuk yang menawan saat masih kecil. Jadi jika kamu berencana untuk memelihara cemara norfolk, sebaiknya gunakan pot kecil agar batang tidak tumbuh membesar.



Pinus atau cemara norfolk ini tergolong tumbuhan yang gampang hidup, bahkan bisa di dalam maupun luar ruangan. Asalkan masih terkena air sedikitnya tiga hari sekali, tanaman ini masih akan tetap hidup.


13. Portulaca


Bunga Portulaca

Portulaca juga disebut sebagai Moss Roses adalah tanaman hias yang memiliki batang mirip dengan tanaman Patah Tulang, namun portulaka memiliki daun dan bunga yang cantik. Portulaka sendiri hidup di daerah sedang antara 1400 mdpl yang berarti memiliki kondisi lembab. Tapi jangan khawatir, tanaman ini juga akan tetap tumbuh subur di dalam ruangan jika disiram dua kali dalam sehari.


Itulah 13 jenis tanaman hias dalam ruangan yang bisa saya rekomendasikan. Silahkan memilih mana yang menurut kamu pribadi cocok untuk dirumah.

Belum ada Komentar untuk "13 Jenis Tanaman Hias Dalam Ruangan (Indoor)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel