25 Jenis Tanaman Bonsai Terbaik dan Terunik

Bonsai Terbaik dan Terunik

Bonsai ialah teknik pengerdilan tanaman atau pohon yang berasal dari negara Jepang. Pembuatan bonsai yaitu dengan proses khusus dan perawatan yang fokus agar dapat menghasilkan miniatur dari pohon aslinya.

Saat ini banyak sekali tanaman yang bisa dibuat bonsai. Bibit atau bahan tanaman yang akan dibuat bonsai dinamakan dengan "Bakalan Bonsai". Terdapat beberapa kriteria yang harus dimiliki oleh tanaman yang akan di bonsai, seperti :

Memiliki umur yang panjang
Termasuk tanaman dikotil
Memiliki bentuk alami yang indah
Tahan terhadap proses pembonsaian / dibentuk secara paksa



Apabila tanaman memiliki ciri seperti diatas, itu pertanda kalau tanaman tersebut bisa dibuat bonsai.

Untuk harga bonsai sendiri terbilang variatif, mulai dari harga puluhan ribu hingga puluhan juta rupiah. Apa-apa saja tanaman bonsai yang mahal itu, berikut ini adalah 25 jenis tanaman bonsai terbaik dan terunik.


1. Bonsai Beringin


Bonsai Beringin

Pohon beringin sangat akrab dengan kultur budaya Indonesia. Saking akrabnya, pohon beringin diabadikan sebagai salah satu lambang ideologi Pancasila.

Tanaman bonsai beringin memiliki ciri khas daun yang kecil-kecil dan rimbun, ia juga memiliki bentuk batang yang unik sehingga terlihat seperti karya seni.


2. Bonsai Cemara


Bonsai Cemara

Cemara adalah salah satu tanaman bonsai termahal di Indonesia. Bayangkan saja, pohon cemara yang sudah menjadi bonsai secara keseluruhan bisa menyentuh harga 10 juta rupiah. Tanaman cemara sendiri merupakan tanaman yang begitu ikonik dan tumbih di hampir seluruh wilayah tropis.


3. Bonsai Bougenville


Bonsai Bougenville

Spesies tanaman Bougenville yang banyak ditumbuh di Indonesia adalah Bougainvillea Glabra. Biasanya warna bunga yang dihasilkan tumbuhan ini adalah pink keunguan.

Bougenville memiliki bunga yang indah, tipis, dan lebat. Membuat taman ini tampak lebih hidup dan atraktif.


4. Bonsai Adenium


Bonsai Adenium

Asal asli bunga Adenium ini adalah dari Afrika dan Arab. Namun di Indonesia sudah banyak ditumbuhkembangkan. Cara merawat Adenium pun cukup mudah seperti tanaman biasanya. Tanaman Adenium hanya perlu disiram air dengan rutin dan diletakkan di tempat yang terkena cahaya sinar matahari langsung.


5. Bonsai Anggur


Bonsai Anggur

Tanaman merambat yang sudah kita kenal sehari-hari ini cukup cantik jika dijadikan tanaman bonsai. Walaupun dikerdilkan, tanaman bonsai anggur tetap dapat berbuah.

Pohon bonsai anggur akan membuat lingkungan dirumahmu tampak indah, bahkan kamu bisa menikmati enaknya buah anggur yang dipetik dari tanaman rumah sendiri.


6. Bonsai Maple


Bonsai Maple

Pohon Maple terkenal cantik dan indah karena daunnya yang berwarna-warni. Pohon Maple sendiri biasa dibudidayakan di Jepang dan memiliki beberapa jenis dengan warna daun berbeda seperti ungu, merah muda dan biru.




Bonsai Maple sangat cocok jika diletakkan di taman atau ruangan berlatar warna putih, agar penampilannya semakin mencolok dan memikat.


7. Bonsai Baobab


Bonsai Baobab

Tanaman Baobab sangat terkenal karena bentuknya yang berciri khas. Tanaman yang biasa disebut Adansonia ini memiliki bentuk yang unik dan lucu jika dikerdilkan menjadi tanaman bonsai.

Bonsai Baobab memiliki ciri batang yang besar dan daun kecil yang terletak di bagian ujung batang pohon.


8. Bonsai Sakura


Bonsai Sakura

Pohon Sakura yang disebut Cherry Blossom ini terkenal di negara asalnya, Jepang. Warna bunganya yang cantik akan membuat lingkungan disekitarnya nampak indah.

Yang menarik dari pohon Sakura adalah, ternyata bunganya dapat diminum seperti teh.


9. Bonsai Delima


Bonsai Delima

Ternyata buah bagian dalamnya berisi banyak biji ini juga bisa dijadikan salah satu tanaman bonsai terbaik.

Sebagai informasi, buah delima memiliki banyak manfaat untuk kesehatan seperti mempercantik kulit, mengurangi peradangan, mengatasi radang tenggorokan, hingga menurunkan kolesterol.


10. Bonsai Santigi


Bonsai Santigi

Pohon Santigi dapat menjadi pilihan sebagai tanaman bonsai termabaik, bentuknya yang menarik ini cocok untuk diletakkan didekat jendela ruang tamu.

Sekilas kalau dilihat tanaman Bonsai Santigi ini memberikan kesan klasik, jadi sangat pas untuk ruangan atau taman yang berlatar warna gelap.


11. Bonsai Wisteria


Bonsai Wisteria

Tanaman Wisteria adalah salah satu pohon pilihan untuk dijadikan bonsai, karena batang dan bunga yang dimiliki Pohon Wisteria sangat indah.

Pohon Wisteria aslinya memiliki ukuran yang tidak begitu besar. Ciri khasnya ialah daun berwarna biru muda atau ungu.


12. Bonsai Fuchsia


Bonsai Fuchsia

Tanaman Bonsai Fuchsia termasuk dalam daftar rekomendasi tanaman bonsai terbaik. Pohon Fuchsia memiliki berbagai jenis bunga dengan bentuk dan warna yang berbeda setiap jenisnya.


13. Bonsai Pinus


Bonsai Pinus

Perlu kamu ketahui bahwa Pohon Pinus adalah sebuah genus, artinya jenis-jenis spesies pohon pinus ada banyak. Maka dari itu, kamu harus bisa memilih bentuk pohon pinus seperti apa yang cocok dengan seleramu.




Biasanya Bonsai Pinus yang sering dipelihara orang Indonesia berasal dari spesies Pinus Thunbergii. Pohon Pinus Thunbergii memiliki tampilan yang begitu unik, dengan daun-daun yang tampak seperti lukisan.


14. Bonsai Anting Putri


Bonsai Anting Puteri

Bentuk batang tanaman Anting Putri begitu unik, berbentuk tegak lurus dan biasanya memiliki beberapa cabang yang bisa tumbuh.


15. Bonsai Mirten


Bonsai Mirten

Tanaman Mirten ini biasanya sering dijadikan tanaman untuk pagar oleh sebagian warga di perkampungan. Ciri tanaman Mirten ialah bunga yang bentuk oval dan biasanya bergrigi tajam di setiap tepinya. Dengan ranting yang tipis dan lurus serta berwarna mengkilap.


16. Bonsai Mustam


Bonsai Mustam

Dilihat secara keseluruhan Bonsai Mustam sangatlah indah, karena ia mempunyai batang yang sangat kokoh dan daun berwarna kehijauan menjadikan salah satu tanaman bonsai yang favorit masyarakat Indonesia.


17. Bonsai Nam Nam


Bonsai Nam Nam

Keunikan dari pohon Nam Nam ini bisa kita lihat dari bentuk daunnya yang saat muda berwarna putih merah dan setelah tua menjadi warna hijau. Dengan karakter buah berbentuk elips dan melingkar.


18. Bonsai Serut


Bonsai Serut

Daun Serut ini berbentuk kecil-kecil tidak rata dan tetapi rimbun serta ciri khas batangnya yang tumbuh melengkung.


19. Bonsai Pilang


Bonsai Pilang

Pohon Pilang memiliki batang kehijauan yang berbintik-bintik ketilka tua. Pohon Pilang mempunyai batang yang sangat besar dengan daun yang kecil dan berbentuk oval.


20. Bonsai Sisir


Bonsai Sisir

Tanaman Sisir biasanya memiliki batang yang keras dan gampang sekali kropos. Batangnya berduri dan rantingnya sangat kokoh. Penampilannya cukup mempesona sehingga sering diburu oleh para kolektor bonsai.


21. Bonsai Asem Jawa


Bonsai Asem Jawa

Satu dari sekian banyak pohon yang bisa dibuat bonsai di Indonesia adalah Pohon Asem Jawa. Tanaman yang tumbuh dihampir seluruh wilayah Indonesia ini memiliki nilai jual fantastis apabila sudah sepenuhnya menjadi bonsai.





22. Bonsai Kelapa


Bonsai Kelapa

Bonsai kelapa termasuk salah satu jenis bonsai yang diminati di pasar tanaman hias, khususnya para pecinta bonsai. Dengan batok kelapa yang masih bulat utuh, serta posisi tumbuh yang unik membuat siapapun yang melihat Bonsai Kelapa akan terkagum.


23. Bonsai Kamboja Jepang


Bonsai Kamboja Jepang

Pohon Kamboja Jepang adalah salah satu tanaman yang paling dekat dengan mistik, eits... Tapi tidak untuk era modern seperti sekarang ini. Tanaman Kamboja yang biasanya tumbuh di makam kini justru menjadi tanaman hias yang sering kita jumpai tertata raih dihalaman rumah orang. Bentuknya yang untuk dan bunganya yang cantik, akan membuat pemandangan halam rumah lebih indah.


24. Bonsai Kimeng


Bonsai Kimeng

Bonsai Kimeng tak kalah menarik dengan bentuk dan keunikan tanaman bonsai hias lainnya. Lihat saja gambar bonsai kimeng diatas, jelas memiliki tekstur seni yang indah dan mempesona bukan?

Sebagaimana jenis bonsai beringin, bonsai kimeng pun memiliki ketahanan hidup yang sangat panjang asalkan dirawat dengan baik dan benar. Maka tidak mengherankan jika kamu harus mengeluarkan biaya yang lumayan ketika ingin membeli bonsai kimeng.


25. Bonsai Waru


Bonsai Waru

Waru mungkin hanya dipandang sebagai bahan bangunan dan lain sebagainya oleh kebanyakan orang awam, tapi tidak untuk pencinta tumbuhan. Waru bisa disulap menjadi tanaman bonsai hias untuk yang memiliki harga jual tinggi.



Diatas adalah 25 jenis tanaman bonsai terbaik dan terunik yang bisa carauntukmembuat.com sampaikan. Jika penasaran ingin memiliki salah satu dari bonsai diatas, kamu bisa membeli bibit atau yang sudah menjadi pohon bonsai di toko tanaman hias offline maupun online.

INFORMASI : Sebelum kamu membeli tanaman hias khususnya bonsai, cari tahu informasi di internet tetang bagaimana cara membedakan jenis dan merawatnya karena dua hal tersebut penting untuk diketahui.

Tertarik untuk memelihara bonsai?

Belum ada Komentar untuk "25 Jenis Tanaman Bonsai Terbaik dan Terunik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel