10 Aksesoris Yang Dibuat Dari Selongsong Peluru Bekas

Selongsong Peluru Bekas

Tak selalu jadi rongsokan, selongsong peluru bekas ternyata ditangan orang kreatif bisa disulap menjadi aksesoris yang menarik dan memiliki nilai jual tinggi. Selongsong peluru bekas yang sudah tidak terpakai, bisa diolah menjadi kerajinan tangan seperti gelang, cincin, bahkan sabuk yang unik.

Di artikel ini saya ingin memberikan beberapa referensi hasil olahan selongsong peluru bekas agar menjadi aksesoris yang memiliki nilai jual cukup lumayan. Berikut ini adalah beberapa contoh dari hasil karya buatan orang kreatif yang menggunakan selongsong peluru bekas sebagai bahannya.



Anting


Ujung belakang peluru bekas bisa dimanfaatkan untuk membuat liontin anting yang mewah. Hanya dengan memotong bagian ekor peluru, kemudian menempelkannya pada jarum anting, akan menghasilkan sebuah anting yang unik seperti dibawah ini.

Anting Peluru

Harga anting dari ekor selongsong peluru bekas di situs jual beli online Etsy, bisa mencapat harga $10 hingga $25 atau setara dengan Rp 143.000 ~ Rp 358.000 ribu rupiah. Harga yang sepadan untuk sepasang anting unik.


Kalung


Kebanyakan selongsong peluru terbuat dari bahan kuningan bercampur tembaga yang tidak begitu keras. Untuk membuatnya menjadi kalung, kamu bisa melubangi bagian perut bawah selongsong menggunakan bor berukuran kecil atau paku baja. Dengan melubangi selongsong peluru ini akan membuatnya terlihat lebih mewah daripada mengikatnya dengan tali.

Kalung Peluru

Saya pribadi pernah beberapa kali melubangi selongsong peluru bekas menggunakan paku baja, dan itu bisa dibilang gampang-gampang susah. Susahnya adalah memegang selongsong tersebut karena berukuran bulat dan kecil. Tetapi, jika sudah berlubang sedikit saja, lubang tersebut bisa dengan mudah diperbesar. Cukup memasukkan ujung gunting atau besi runcing yang menyerupai ujung gunting untuk mengorek ke kanan dan kiri.

Di Etsy, kalung yang terbuat dari selongsong peluru dibandrol oleh penjual berkisar antara $23 hingga $45 atau sama dengan Rp 329.000 sampai Rp 645.000 ribu rupiah.


Cincin


Kerajinan tangan lain dari selongsong peluru bekas adalah cincin. Meski tidak mudah dibuat dengan peralatan seadanya, namun masih bisa di akali dengan perkakas seperti gergaji besi, palu, tang, dan ragum / penjepit.




Karena saya sendiri belum pernah coba membuat cincin dari selongsong peluru, jadi saya tidak bisa menjelaskan lebih rinci proses pembuatannya. Tetapi, kamu bisa melihat hasilnya gambar dibawah ini.

Cincin Peluru


Bagian ekor peluru yang biasanya memiliki ukiran bertuliskan kaliber dan merek peluru, dijadikan batu cincinnya atau menghadap keluar. Dan jika ingin cincin terlihat lebih mewah, bisa menyisipkan aksesoris lain misalnya batu cincin kecil dibagian tengah. Yang pada dasarnya ini sangat rumit.

Cincin Selongsong Peluru

Tentu saja untuk membuat cincin dari selongsong peluru tidak semua orang bisa, dan jika kamu berhasil membuatnya, tentu tangan kamu bisa termasuk tangan yang kreatif. Jelas bisa ditemukan dan dibeli, penjual di Etsy menghargai cincin dari ekor selongsong peluru ini seharga Rp 258.000 sampai Rp 430.000 atau $18 hingga $30 tergantung dari segi kerumitannya.


Gelang


Kalau membuat anting dan cincin hanya memanfaatkan bagian ekor selongsong peluru, nah ini sebaliknya. Membuat gelang dari selongsong peluru bekas justru hanya memerlukan bagian badan peluru yang kemudian dikaitkan satu sama lain dengan tali.

Gelang Peluru

Membuat gelang ini memang butuh banyak selongsong peluru, tergantung dari seberapa besar lingkar tangan yang akan menggunakannya. Harga gelang seperti ini di Etsy adalah $15 sampai $25 atau setara Rp 215.000 ~ Rp 358.000 ribu rupiah. Harga ini sama seperti di Indonesia.


Rantai Dompet


Rantai dompet atau Wallet Chain adalah aksesoris pria yang bisa menjadi benda fashion sekaligus keamanan. Membuat rantai dompet dari selongsong peluru bekas sama seperti membuat anting atau cincin, hanya saja kita perlu bahan tambahan seperti kawat stainless yang akan digunakan untuk menggabungkan satu sama lainnya.

Rantai Dompet Peluru

Sangat jelas terlihat kerumitannya, rantai dompet dari peluru ini dihargai $59 atau sama dengan Rp 846.000 ribu rupiah di Etsy.


Gantungan Kunci


Gantungan kunci / Key Chain adalah dari selongsong peluru ini membuatnya cukup sederhana. Yaitu dengan melubangi bagian badan bawah selongsong dan mengaitkannya dengan ring untuk gantungan.

Gantungan Kunci Peluru

Di Indonesia sendiri gantungan kunci seperti ini sering dikaitkan dengan benda sakral, yaitu Cemeti Ali. Dimana benda mirip peluru yang dikaitkan pada celana, kalung, atau dompet dipercaya memiliki kekuatan magis.




Tapi tidak diluar negeri, benda ini tetap dianggap sebagai aksesoris biasa yang dijual dengan harga $5 sampai $15 tergantung dari jenis selongsong peluru yang digunakan.


Bingkai Foto


Menghias setiap sisi bingkai foto tidak hanya dengan benda-benda yang biasa. Kamu juga bisa menggunakan selongsong peluru bekas sebagai penghias bingkai foto agar lebih terlihat unik dan lain daripada yang lain.

Bingkai Foto Peluru

Selain untuk menghias bingkai foto, selongsong peluru bekas juga dapat digunakan untuk menghias jam dinding serta dekorasi dinding lainnya.

Jam Dinding Peluru

Belum saya ketahui berapa harga pasar bingkai foto ataupun jam dinding dengan hiasan selongsong peluru ini, namun saya yakin harganya pasti diatas $50 (lima puluh dolar).


Dream Catcher


Mitos suku Indian di Amerika mengatakan, Dream Catcher adalah benda yang dapat membuat seseorang yang melihatnya sebelum tidur akan mendapat mimpi indah, atau bisa diartikan dream catcher ini sebagai penangkal mimpi buruk.

Dream Catcher Peluru

Umumnya dream catcher terbuat dari bulu ayam atau angsa, namun tetap bisa dibuat dengan benda apapun sesuai dengan selera pemiliknya.




Tak saya ketahui sama sekali harga dari dream catcher seperti ini, kemungkinan sama dengan harga bingkai dari selongsong peluru.


Pembuka Tutup Botol


Pernah berfikir untuk membuat pembuka tutup botol dari selongsong peluru bekas, namun karena saya tidak memiliki peralatan yang memadai akhirnya saya tunda dulu. Bagi kamu yang memiliki peralatan lengkap, bisa membuatnya menjadi seperti ini.

Pembuka Tutup Botol Peluru

Sekilas memang nampak seperti peluit (periwitan) tapi ingat, benda apapun yang terbuat dari logam kuningan dilarang untuk dimasukkan ke dalam mulit. Jadi, jangan sampai kamu membuat peluit dari selongsong ya, karena efeknya bisa bikin sakit perut kalau logam kuningan masuk kemulit atau terjilat.

Di banyak situs online shop internasional, pembuka tutup botol dari selongsong peluru bekas dibandrol antara dua sampai lima dolar. Harga yang murah untuk sebuah benda yang unik.


Monel


Penutup baut atau sering disebut "Monel" di dunia otomotif juga bisa dibuat menggunakan selongsong peluru. Monel hasil kreatifitas tangan ini terlihat sangat keren dan lain dari lain.

Monel Peluru

Harga yang banyak disebutkan di situs online shop ialah $10 atau Rp 143.000 untuk empat buah monel dari selongsong peluru bekas ini.



Kreatif memang tidak ada batasnya, bahkan dari benda-benda yang tidak lagi berguna bisa menjadi aksesoris yang memiliki nilai jual. Sayangnya, untuk membuat aksesoris kerajinan tangan dari selongsong peluru bekas ini, bahan baku atau selongsong peluru bekasnya tidak mudah didapat. Itulah yang membuatnya menjadi nilai tersendiri.

Jika kami tertarik membuat aksesoris atau souvenir menggunakan selongsong peluru bekas, kamu bisa mencontoh dari beberapa kerajinan tangan diatas. Saya yakin orang disekitar kamu akan terpesona saat melihatnya, sebab tidak semua orang bisa mendapatkan selongsong peluru apa lagi menyulapnya menjadi aksesoris yang keren dan unik.

Belum ada Komentar untuk "10 Aksesoris Yang Dibuat Dari Selongsong Peluru Bekas"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel