Astra Linux Sistem Operasi Baru Yang Digunakan Militer Rusia

Astra Linux Special Edition

Beberapa waktu yang lalu nama Astra Linux sempat mencuat diberbagai situs berita internasional karena terpilih sebagai sistem operasi (OS) yang akan digunakan oleh militer Rusia.

Astra Linux memang terbilang pantas untuk dipilih sebagai pengganti Windows (OS yang sebelumnya yang dipakai militer Rusia) karena sudah lebih dari satu dekade lamanya berkecimpung di dunia Linux. Astra Linux sendiri dikembangkan oleh RusBITech yang tertulis РусБИТех dalam bahasa Rusia.

Astra Linux juga telah menerima sertifikasi untuk mengelola informasi pemerintah Rusia yang diberi label "Secret" dan "Top Secret" dua tingkatan kerahasiaan data yang terletak di bawah "Special Importance" menurut unang-undang Rusia.



Beralihnya militer Rusian dari Windows ke Astra Linux ini juga karena adanya kekhawatiran mereka jikalau Windows yang diciptakan perusahaan asal Amerika Serikat (AS), menyembunyikan semacam "Backdoor" pada OS-nya yang dapat disalahgunakan intelijen AS guna memata-matai operasi pemerintah Rusia.

Sebelumnya, pemerintah Rusia menggunakan OS Windows khusus yang sudah dimodifikasi, diperiksa, dan disetujui untuk digunakan operasi militer Rusia.

Russian Federal Service for Technical and Export Control (FSTEC) yang telah memberikan izin keamanan special importance yang artinya Astra Linux OS ini dapat dipakai untuk menangani informasi pemerintah Rusia yang memiliki tingkat kerahasiaan tertinggi.

Saat ini Astra Linux sudah dipakai oleh Russian National Center for Defence Control (NCDC), dan berbagai lembaga pemerintah dan militer lainnya.

Bagi kamu yang ingin mencoba Astra Linux, sebaiknya pikir-pikir dahulu. Mengapa? Karena OS Linux berbasis Debian ini masih berbahasa Rusia dimana teks pada tulisannya yang terkenal unik dan sulit untuk dibaca.

Situs resmi Astra Linux juga menggunakan bahasa lokal, yang mengharuskan kamu untuk menerjemahkan halamannya walau hanya untuk sekedar mencari tahu informasi biasa.



Kabar baiknya, Astra Linux tak hanya merilis OS khusus untuk militer Rusia, namun mereka juga merilis versi "Common" dimana pada versi ini seluruh orang dapat menggunakan Astra Linux yang bisa diunduh secara bebas di halaman ini.

Astra Linux Common Edition
Astra Linux Common Edition

Buat kamu yang penasaran seperti apa Astra Linux, silahkan dicoba jalankan melalui Linux Live in USB atau VMware terlebih dulu sebelum di install permanen ke harddisk.

Tertarik menggunakan Astra Linux?

Jika kamu rasa artikel ini bermanfaat dan layak dibaca oleh orang lain, jangan ragu untuk membagikannya kepada teman-teman atau saudara dengan meng-klik tombol sosial media diatas ini.

0 Comments:

Posting Komentar