Cara Install macOS X Di Komputer Atau Laptop (100% Berhasil)

macOS Mojave

Pernahkah kamu berfikir untuk menggunakan macOS X di komputer desktop atau di laptop? Jika pernah, dan belum terealisasi karena sulitnya cara untuk menginstall OS X di perangkat selain buatan Apple, maka kamu berada di artikel yang tepat.

Disini saya akan berbagi pengalaman mengenai Cara Install macOS X di komputer desktop (juga bisa di laptop) yang menggunakan processor Intel. Mohon maaf untuk pengguna AMD, karena cara ini baru saya coba di komputer Intel saja.

Cara menginstall sistem operasi OS X di komputer tidaklah sesulit tutorial yang ada di Google atau YouTube, bahkan kamu dapat menginstallnya hanya dengan beberapa langkah sederhana. Yang terpenting komputer atau laptop yang kamu gunakan memiliki spesifikasi yang lumayan untuk menjalankan dua sistem operasi secara bersamaan.



Maksudnya gimana?

Jadi dengan Cara Install macOS X Di Komputer Atau Laptop yang akan saya jabarkan ini, kita akan menggunakan bantuan software yang bernama VMware Workstation untuk menjalankan macOS X (virtual) diatas Windows. Dengan begitu, kita tidak perlu repot-repot untuk mengikuti panduan yang sulit untuk dapat menikmati OSX buatan Apple ini.

Ok saya rasa kamu sudah sangat ingin mencoba jadi kita lewati saja kata-kata yang tidak penting ini dan langsung praktik.

INFORMASI : Spesifikasi komputer atau laptop yang dibutuhkan untuk menjalankan macOS X di Windows minimal memiliki RAM 8GB, VGA 2GB, HDD kosong di partisi C lebih dari 50GB, dan processor Core2Duo atau diatasnya yang sudah mendukung VT-x (fitur virtualisasi). MacOS X akan lebih ringan lagi digunakan jika spesifikasi komputer atau laptop kamu lebih dari yang saya sebutkan.


Cara Install macOS X Di Komputer Atau Laptop


1. Download software VWmare Workstation dan install ke komputer atau laptop kamu. VMware adalah software berbayar, jadi pastikan kamu bisa untuk mendownload versi full-nya dari situs yang menyediakan software full version.





2. Setelah VMware Workstation terinstall diperangkat kamu tanpa masalah, sekarang download file macOS X khusus untuk VMware. Pilih server download dibawah ini untuk mendownload macOS X Mojave (versi terbaru dari OSX).

Download macOS X Mojave untuk VMware

• Single Link via : Google Drive 6GB
• Part Link via : Google Drive (7 part)

TIPS : Bagi kamu yang download melalui link 7 part, cara untuk mengekstraknya adalah dengan memilih semua arsipnya (drag all) lalu klik kanan pada salah satu arsip kemudian klik Extract Here. Maka kamu akan menemukan satu file berukuran besar.


Ekstrak Arsip


3. Pindahkan file hasil ekstraknya ke dalam folder Documets\Virtual Machines\macOS apabila folder tersebut belum ada, buatlah terlebih dahulu dan letakkan filenya di dalam foler macOS.


Folder Virtual Machine macOS


Jika sudah sekarang saatnya memulai untuk membuat Virtual Machine di VMware.


4. Buka VMware dan buatlah Virtual Machine baru, lalu pilih Custom > Workstation 15.x > I will install the operating system later. Disini kamu harus memilih operating system Apple versi 10.14 yang khsus untuk macOS X Mojave.


Pilih OS Apple Mojave


Klik Next dan pada sesi selanjutnya, berilah nama serta arahkan lokasi ke folder Virtual Machine yang didalamnya telah ada file macOS X.


Pilih Folder macOS X Mojave


5. Klik Next lagi dan ikuti langkah selanjutnya untuk memberikan jumlah Core Processor, RAM, Network Type, IO Controller, dan Disk Type. Berikan jumlah yang tinggi, setidaknya seperti RAM = 4GB, Core = 4 (2+2), Network = NAT, IO Control = LSI Logic, Disk = SATA.

Setelah mengisi dan melewati semuaya, tahapan selanjutnya ialah pemilihan lokasi Disk untuk digunakan oleh Virtual Machine. Pilih Use an existing virtual disk.


Use an existing virtual disk


Next lagi, lalu pilih file macOS X yang sudah kamu ekstrak dan pindahkan tadi.


File macOS X for VMware


Klik Next dan terakhir klik Finish.


6. Sampai disini kamu belum selesai dan masih ada langkah yang harus dilakukan, yaitu menambahkan satu baris kode ke bagian file macOS 10.14.vmx yang terletak pada folder tempat kamu menyimpan file macOS X. Tambhkan kode  smc.version = 0  dibagian paling akhir seperti gambar dibawah ini.


macOS 10.14


TIPS : File macOS X 10.14.vmx akan muncul dengan sendirinya jika kamu sudah mengklik Finis seperti langkah no 5. Selain itu, jika kamu tidak bisa membuka file macOS X 10.14.vmx untuk di edit, maka kamu bisa klik kanan dan pilih Open with Notepad untuk menambahkan kodenya.


Open with Notepad


7. Sampai disini kamu sudah selesai membuat Virtual Machine macOS X. Yeahhhh....!!


Setelah tahapan membuat Virtual Machine dengan macOS X selesai, sekarang kamu bisa coba jalankan dengan cara klik Power on this virtual machine.




PENTING : Saat pertama kali menjalankan virtual machine untuk menginstall macOS X, akan berjalan dengan lambat (ingatlah, ini hanya virtual machine dan bukan sistem operasi yang benar-benar dijalankan langsung melalui harddisk). Ikuti saja semua langkah setup yang ada di layar. Setelah selesai setup nanti macOS akan berjalan dengan lancar.


Power on this virtual machine


Jika setup sudah kamu selesaikan dan bisa masuk ke layar utama macOS X, itu pertanda bahwa kamu sudah 99% berhasil menginstall dan menjalankan macOS X di VMware. Masih ada sedikit langkah yang harus kamu lakukan untuk bisa 100% selesai menginstallnya. Berikut ini hal yang harus kamu lakukan setelah bisa masuk ke layar utama macOS X.


• Install VM Tools melalui menu VM yang ada di toolbar. Apabila saat proses install VM Tools diblokir, klik Open Security Preferences dan izinkan VM Tools untuk di install ke macOS X dengan mengklik Allow dan tunggu hingga proses pemasangannya selesai. Ketika pemasangan selesai, kamu harus me-restart macOS X. Restart dan tunggulah hingga kembali ke layar utama.

INFORMASI : Pemasangan VM Tools di macOS X biasanya gagal pada pertama kali dan harus di ulang. Ini hal yang wajar karena saya juga melakukannya sebanyak dua kali.


• Update macOS X setelah kamu berhasil memasang VM Tools. Sekarang lakukan update pada sistem macOS X. Ini wajib dilakukan saat pertama kali mengguanakan macOS X di VMware karena dengan melakukan update sistem, macOS X akan mendeteksi seluruh hardware di komputer atau laptop kamu dan menyesuaikannya secara otomatis. Dengan melakukan update sistem, macOS X akan memiliki performa lebih tinggi, lebih cepat, dan lebih smooth dari sebelumnya.



Akhir kata, begitulah Cara Install macOS X Di Komputer Atau Laptop. Tidak begitu rumit jika kamu membaca artikel ini sambil mempraktikannya langsung. Saya pribadi lebih suka menginstall macOS X ini di VMware secara virual ketimbang menginstallnya permanen di harddisk.

Jelas, alasan utama saya karena masih lebih familiar dengan Windows untuk digunakan beraktifitas sehari-hari. MacOS X lebih rumit dari Windows, terutama untuk programmer dan desainer sebab tidak tersedianya software-software pendukung di OSX.

Oh iya, dari tadi saya cuap-cuap belum menampilkan screenshot macOS X yang saya pakai. Nah ini dia bukti keberhasilan install macOS X di komputer dengan VMware Workstation.


iTunes macOS Mojave
iTunes macOS Mojave


App Store macOS Mojave
App Store macOS Mojave


Terminal macOS Mojave
Terminal macOS Mojave


Menurut saya tampilan macOS X Mojave ini memang benar-benar luar biasa keren dan enak dipandang, selain itu di versi terbaru OSX buatan Apple ini juga sudah ada pilihan Dark Theme buat yang mau tampilan gelap.

Gimana tanggapan kamu?

Belum ada Komentar untuk "Cara Install macOS X Di Komputer Atau Laptop (100% Berhasil)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel