Cara Membuat Dekorasi Rak Botol Wine Dari Papan Kayu

Dekorasi Rak Botol Wine

Mendekorasi ruangan adalah pekerjaan yang sangat saya sukai. Mulai dari mengecat, menyusun hiasan, hingga membuat pajangannya sendiri. Belum lama ini saya membuat rak botol wine yang bisa dibilang gampang-gampang susah namun berhasil saya buat dengan perkakas seadanya.

Rak botol wine cukup populer diluar negeri untuk pajangan mini bar di dalam rumah. Setelah saya cari referensi gambar rak yang paling mudah, akhirnya saya putuskan untuk membuat yang paling sederhana, yaitu bentuk L miring.



Di Indonesia sendiri belum ada yang menjual rak botol wine, tapi di situs olshop luar negeri seperti eBay, Amazon, dan Etsy banyak sekali pengerajin yang menjual hasil karyanya dengan harga yang bisa dikatakan sesuai dengan rak hasil buatannya. Ada yang membuatnya sederhana, dan ada juga yang membuatnya dengan teknik rumit yang membutuhkan perkakas khusus, keahlian, dan ide kreatif untuk menciptakan rak botol wine bernilai seni tinggi.

Jika kamu berniat untuk membuatnya sendiri dirumah, disini saya akan jabarkan langkah demi langkah yang harus dipersiapkan untuk membuat rak botol wine. Satu hal yang perlu kamu perhatikan adalah bentuk rak dan besar ruangan yang akan digunakan untuk memajang rak. Jangan sampai kamu membuat rak besar tapi untuk ruangan kecil, karena itu akan terlihat tidak bagus.

Oke mari kita ke langkah pembuatan rak botol wine dengan perkakas seadanya. Berikut ini yang perlu dipersiapkan untuk memulai.

Bahan Dan Perkakas Yang Diperlukan
- Papan (panjang dan ketebalan sesuai selera masing-masing)
- Penggaris & Pensil
- Gergaji
- Palu
- Paku
- Amplas

Bahan Dan Perkakas Tambahan
- Dempul
- Plitur / Pernis Kayu




Jika kamu sudah menyiapkan semua perkakasnya, sekarang bisa dimulai dengan mencari gambar referensi dari rak botol wine. Saya sarankan untuk melihat Pinterest yang memberi banyak referensi gambar rak botol wine yang super keren dari seluruh penjuru dunia. Setelah referensi gambar sudah ditetapkan selanjutnya bisa dimulai dengan praktik.



1. Ukur Dan Tandai Papan


Langkah awal untuk mulai membuat rak botol wine adalah mengukur panjang dan lebar serta memberi tanda (marking) pada papan.

Memberi Tanda Papan

Panjang dan lebar sesuai dengan botol yang ingin kamu gunakan nantinya. Umumnya panjang sebuah botol wine adalah 30 cm sampai 33 cm dengan diameter 8 cm hingga 11 cm.

Mengapa harus botol wine?

Karena botol wine lebih bagus untuk dipajang dan rata-rata memiliki ukuran serta bentuk yang sama meski berbeda merek.




Tapi itu semua tergantung pada apa yang ingin kamu pajang dan tidak harus selalu botol wine. Kamu bisa memajang botol apapun yang kamu inginkan seperti kecap, sambal, sirup, cuka, dll hehe.



2. Memotong Papan


Langkah kedua adalah memotong papan yang telah di marking. Pastikan kamu memotongnya dengan hati-hati dan jangan miring karena ini untuk pajangan, bukan bangunan.

Memotong Papan

Jangan lupa setelah papan terpotong-potong sesuai marking, ukur kembali dengan penggaris agar tidak meleset dari rencana awal.



3. Merakit Papan


Ketika semua papan sudah siap untuk dirakit satu sama lainnya, gabungkan dengan paku berukuran kecil. Sebenarnya paku ukuran sedang juga bisa, namun rawan pecah karena papan dipotong kecil-kecil.




Gunakan palu untuk memasang paku secara perlahan-lahan hingga semua papan tersusun rapih sesuai gambar referensi yang sudah kamu pilih.

Merakit Papan

INFO : Kamu bisa menyelupkan paku ke minyak goreng atau oli bekeas sebelum dipantek ke papan. Hal ini dilakukan untuk menghindari papan pecah saat dipantek.



4. Menghaluskan Papan


Apabila rak sudah terbentuk tapi masih terlihat kurang bagus dan kasar, amplas adalah solusinya. Gunakanlah amplas khusus kayu untuk menghaluskan dan merakatan bagian-bagian yang akan terlihat saat dipajang nantinya.



5. Finishing


Langkah terakhir adalah memernis atau plitur papan agar terlihat lebih bagus. Selain itu kamu juga bisa menggunakan cat berwarna yang sesuai dengan warna dinding kamu agar membuatnya terlihat lebih menawan.

Finishing Rak Botol Wine

Saran saya untuk membuatnya tampak natural dan minimalis adalah menggunakan plitur kayu yang memiliki warna clear karena akan menghasilkan serat dan warna kayu alami yang cantik. Jemur hingga benar-benar kering dan rak botol hasil karya sendiri siap untuk dipajang.



Tidak ada yang spesial dalam proses pembuatan rak botol wine ini. Yang kamu perlukan hanyalah papan dan perkakas sederhana yang biasanya ada dirumah kita seperti gergaji, palu, paku, penggaris dan pensil.

Nah inilah hasil rak buatan saya.

Rak Botol Wine

Dekorasi Minimalis Rak Botol

Biarpun hasilnya tidak sebagus referensi yang saya ambil dan botol wine-nya pun masih belum ada (gambar diatas bukan botol wine ya), tapi saya puas dan jadi tahu seperti apa dan bagaimana cara membuat dekorasi rak botol wine ini. Kedepan nanti saya berniat membuat rak yang berbeda dengan papan yang sesuai dengan warna cat dinding kamar saya.

Tertatik untuk membuat dekorasi rak botol wine sendiri dirumah?

Belum ada Komentar untuk "Cara Membuat Dekorasi Rak Botol Wine Dari Papan Kayu"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel