Cara Membuat Dispenser Botol Minuman Dari Pipa Industri

Dispenser Botol Minuman

Dispenser botol minuman dari pipa industri adalah benda yang memiliki harga jutaan rupiah, tergantung dari bentuk dan bahan pipa yang digunakan. Semakin bagus model bentuk dan bahannya, semakin mahal pula harga jualnya.

Nah disini saya ingin berbagi cara untuk membuat dispenser botol minuman dari pipa industri yang juga bisa kamu lakukan dirumah. Tapi, ini hanyalah untuk hiasan atau dekorasi ruangan saja dan tidak berfungsi sebagai dispenser sungguhan.



Oke saya rasa kamu juga sudah tidak sabar ingin tahu apa nama-nama pipa yang dipakai untuk membuat dispenser botol minuman ini. Berikut bahan yang perlu kamu ketahui namanya dan bisa kamu beli di toko perkakas (matrial) maupun toko online.


BAHAN-BAHAN YANG DIGUNAKAN :
1. Reducer (sambungan pipa beda ukuran)
2. Double Nipple (sambungan pipa drat luar kanan kiri)
3. Tee (pipa tiga lubang / T)
4. Faucet (keran air)
5. Pipe Shock (tiang pipa)
6. Flange (dudukan tiang pipa)

Bahan Untuk Membuat Dispenser Dari Pipa Industri

Kesemua ukuran dari bahan-bahan tersebut harus memiliki diameter lingkar yang sama, misalnya ukuran 3/4 atau 1/2. Jangan sampai asal beli dan jangan beli yang terlalu kecil atau terlalu besar ya.

Kamu juga bisa memikirkan bentuk dan membuat model dispensernya berbeda dengan membeli bahan tipe sesuai selera, namun tetap dengan ukuran diameter yang sama.




Setelah bahan-bahan pipa sudah kamu miliki, sekarang kamu bisa menyusunnya satu persatu hingga menjadikannya seperi keinginanmu.

Contoh hasil dari rangkaian pipa industri ukuran 3/4 yang sudah dirangkai akan berbentuk seperti gambar dibawah ini.

Dispenser Dari Pipa Industri


Gimana terlihat keren?


Dispenser Botol Minuman Dari Pipa Industri

Untuk membuat dispenser dari bahan pipa industri memang membutuhkan biaya yang lumayan. Sepotong pipa industri berbahan besi atau galvanis biasa dibandrol mulai harga 20 sampai 50 ribu rupiah. Sedangkan untuk membuat dispenser ini kamu membutuhkan setidaknya 4 potong pipa, 1 flange, dan 1 faucet.

Estimasi biaya kasar untuk membuat dispenser ini adalah 150 sampai 250 ribu rupiah.




Jika kamu masih belum puas dengan hasil diatas, saya masih ada lagi referensi yang bisa kamu buat dengan pipa industri yang bisa dibilang berkelas. Berikut penampakan dispensernya.

Dispenser Botol Minuman Unik

Terlihat mahal dan mewah ya?

Memang, dispenser botol seperti ini dijual mulai dari harga 1 sampai 3 juta rupiah di situs e-commerce luar neger seperti Etsy, Amazon, maupun Ebay. Sebab bahan-bahan pipa yang dipakai bukanlah pipa air biasa melainkan pipa industri sungguhan.

Kalau kamu hendak membuatnya dirumah dengan kreatifitasmu sendiri, berikut ini bahan-bahan yang perlu kamu beli.

INDUSTRIAL PIPE MATERIALS :
1. Ball Valve
2. Camlock
3. Tee
4. Elbow 90°
5. Nipple
6. Hose Nipple
7. Flange

Keenam bahan-bahan itu jauh lebih mahal dari bahan pipa biasa, akan tetapi hasil dari rangkaian pipa industri sungguhan memiliki nilai seni dan keunikan tersendiri. Selain itu, harga jual dispenser botol dari pipa industri sungguhan juga sangat mahal. Di Indonesia belum ada yang membuat dan menjual pajangan unik ini.



Perhitungan kasar total biaya untuk membuat dispenser botol dari pipa industri sungguhan ini minimal 500 ribu rupiah. Tergantung bentuk, ukuran, dan bahan yang ingin kamu gunakan.

Sekarang kamu sudah tahu kan nama-nama bahan pipa yang digunakan. Jadi kamu bisa mencari dan membelinya jika ingin membuat pajangan dispenser botol minuman dari pipa industri dirumah.

Belum ada Komentar untuk "Cara Membuat Dispenser Botol Minuman Dari Pipa Industri"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel