Cara Membuat Gelas Dari Botol Kaca Bekas

Cara Membuat Gelas Dari Botol Bekas

Kalau kemarin saya membuat dekorasi rak botol wine dari papan kayu, hari ini saya ingin memposting bagaimana cara membuat gelas unik dari botol kaca bekas tanpa pemotong kaca atau alat khusus.

Memang bisa?

Bisa dong... Sebenarnya ada banyak cara untuk memotong botol tanpa bantuan alat khusus maupun pemotong kaca, hanya saja cara yang akan saya berikan ini lebih sederhana dan mudah dilakukan. Saking mudahnya, kamu hanya perlu waktu sekitar 30 menit untuk melakukan semuanya!



Ide membuat gelas dari botol kaca bekas ini sudah lama ada di internet, entah siapa yang pertama kali memulai tapi hasilnya cukup unik untuk dijadikan gelas biasa maupun untuk hiasan / pajangan.

Oke kita langsung ke tutorial cara membuat gelas dari botol kaca bekas dibawah ini.


Cara Membuat Gelas Dari Botol Kaca Bekas



PERALATAN YANG DIBUTUHKAN :
- Botol kaca bekas
- Gergaji besi
- Gunting
- Lakban / Lem esolasi tebal
- Lilin
- Korek
- Ember berisi air dan es batu

Botol dan Perkakas

Jika semua sudah disiapkan, sekarang bacalah dengan teliti langkah langkahnya dibawah ini.

1. Lakban dengan rata bagian badan botol tepat dimana kamu akan memotongnya. Biasanya berjarak 15 cm sampai 18 cm dari bawah botol.

Lakban Botol

2. Setelah botol dilakban, gergaji dengan hati-hati bagian atas lakban. Hal ini untuk membuat goresan pada botol saja, tidak perlu menggergajinya sekuat tenaga. Cukup sampai botol bergaris merata sekelilingnya.




Gergaji Botol

3. Nyalakan lilin dan siapkan ember berisi air serta es batu di dalamnya. Sambil menunggu air di dalam ember dingin sekali, panaskan bagian botol yang digergai 1 cm di atas api lilin.

Panaskan Botol

Putar-putar botol terus menerus saat dipanaskan, kira-kira 5 menit sampai botol benar-benar panas.

4. Setelah botol sudah sangat panas, masukkan seluruh bagian botol ke dalam air es di dalam ember tadi.

Rendam Botol

Tunggu beberapa detik sampai ada suara kaca retak "krek-krek" setelah terdengar, putar bagian bawah botol ke kiri dan bagian atas botol ke kanan (berlawanan arah) dengan perlahan. Maka botol akan langsung terbelah menjadi dua tepat mengikuti garis lurus dimana ada goresan gergaji.




Putar Botol

5. Apabila botol sudah terbelah, berhati-hatilah karena potongannya masih sangat tajam.

Amplas Botol

Sampai disini kamu harus mengamplas bagian tepi botol yang tajam tersebut dengan amplas besi halus (amplas warna hitam) agar tepi botol tidak tajam dan bisa digunakan untuk minum.

6. Terakhir adalah mencucinya hingga bersih dan gelas dari botol kaca bekas pun siap untuk digunakan.

Gelas dari Botol

Tidak ada langkah dan alat spesial yang diperlukan, namun masih banyak orang yang belum mengetahui cara ini. Dan setelah membaca artikel ini, kamu menjadi salah satu orang yang mengetahui cara membuat gelas dari botol kaca.



INFORMASI : Kebanyakan tutorial membuat gelas dari botol kaca bekas di YouTube tidak menggunakan lakban, dan itu bisa mengakibatkan pecahan botol tidak beraturan. Di artikel ini saya menambahkan lakban dalam peralatan yang dibutuhkan untuk membuat garis lurus pada area potong botol juga untuk menghindari pecah yang tidak rapih pada botol saat diputar di dalam air dingin.

Hampir semua jenis botol standar bisa dibuat gelas, namun bentuk atau motif ukir dan ketebalan botol sangat berpengaruh. Usahakan untuk menggunakan cara pemotongan ini pada botol kaca biasa yang memiliki ketebalan standar (contohnya botol Iceland, Absolut, Anggur OT, Marjan, dll).

Belum ada Komentar untuk "Cara Membuat Gelas Dari Botol Kaca Bekas"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel