Cara Mengatasi Ads.txt Berisiko Di Adsense

Cara Mengatasi Ads.txt Berisiko Di Adsense

Awal Juni 2019 ini, bertepatan dengan libur Hari Raya Idul Fitri 1440H, Google melakukan pembaruan pada layanan periklanan Adsense dimana setiap publisher (penayang iklan) diwajibkan untuk menggunakan ads.txt pada situs web yang menggunakannya.

Ads.txt sendiri adalah file teks yang berisi beberapa kode yang dapat diisi oleh masing-masing publisher. Jika dalam waktu dekat publisher tidak menggunakan ads.txt pada situs web-nya, maka pada dasbor Adsense akan muncul peringan seperti ini.


Penghasilan Anda Berisiko



Pertanda bahwa kamu harus membuat dan mengisi ads.txt sesuai dengan aturan dari mereka.

Bagi yang belum tahu cara membuat dan mengisi ads.txt, dibawah ini saya sertakan langkah demi langkah untuk menerapkan ads.txt di situs web berbasis Self-host (misalnya wordpress, joomla, dan CMS lainnya yang menggunakan hosting) juga Blogger.


Cara Membuat Adsense Di Self Hosting



1. Login ke cPanel hosting kamu dan bukan File Manager kemudian masuk ke root folder (index) situs web (biasanya public_html atau htdocs) dan buatlah file baru dengan nama ads.txt lalu isi dengan kode berikut ini.

google.com, pub-0000000000000000, DIRECT, f08c47fec0942fa0

KETERANGAN : Ubah bagian pub-0000000000000000 dengan ID publisher Adsense kamu dan biarkan yang lainnya tetap begitu saja. Penjelasan tentang penerapan kode ini juga tertulis di halaman dukungan Google Adsense yang bisa kamu baca disini.


Memasang Ads.txt Di File Manager cPanel
Memasang Ads.txt Di File Manager cPanel


2. Simpan dan selesai.




Cara Membuat Adsense Di Blogger



1. Lebih mudah daripada menerapkan ads.txt di self-hosting, di Blogger kamu cukup dengan masuk ke dasbor Blogger dan pilih menu Setelan > Preferensi penelusuran pada Monetisasi, edit bagian ads.txt dan isi dengan kode dibawah ini.

google.com, pub-0000000000000000, DIRECT, f08c47fec0942fa0


Agar lebih jelas, silahkan lihat gambar dibawah ini dan pada nomor yang tertera adalah langkah untuk menerapkan kode ads.txt-nya.


Memasang Ads.txt Di Blogger
Memasang Ads.txt Di Blogger


2. Simpan dan selesai.



INFO : Jika kamu menggunakan Adsense hosted atau yang terdaftar melalui layanan Blogger, kamu tidak perlu menambahkan ads.txt karena itu sudah di otomatiskan oleh Google. Cara ini anya untuk pengguna Adsense non-hosted atau yang sudah menggunakan domain custom.


Mudah dan sama sekali tidak merepotkan, namun efeknya cukup terasa. Google Adsense akan melakukan tindakan lebih lanjut jika kamu tidak segera menggunakan ads.txt. Terlihat jelas dalam peringatan di dasbor Adsense yang harus kita garis bawahi ialah "Penghasilan Anda berisiko".

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengatasi Ads.txt Berisiko Di Adsense"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel