Cara Mengatasi Cannot connect the virtual device sata0 di VMware

VMware

Sebenarnya ini bukanlah masalah serius "Cannot connect the virtual device sata0:1 because no corresponding device is available on the host" adalah peringatan bahwa komputer yang kamu gunakan tidak memiliki CD atau DVD ROM. Namun peringatan ini selalu muncul saat pertama kali kita nakan menjalankan OS di VMware.


Cannot connect the virtual device sata0:1


Cukup dengan mengklik YES sebenarnya masalah akan hilang, lebih tepatnya dilewati karena kita akan masuk ke OS tanpa mendeteksi CD / DVD ROM.



Ya memang tidak penting juga sih, sebab CD atau DVD ROM ini memang sama sekali tidak akan kita gunakan di VMware. Akan tetap peringatan pemberitahuan itu akan terus muncul setiap kali kita menjalankan OS.

Nah solusi dari saya pribadi adalah dengan tidak mencentang bagian Auto connect pada pengaturan Virtual Machine.


Disable Auto Coonect SATA on VMware


Dengan begitu sistem VMware tidak akan mendeteksi CD atau DVD ROM kita saat menjalankan OS virtual. Dengan kata lain, kita tidak mengaktifkan CD dan DVD ROM saat menjalankan sebuah OS di VMware.

Solusi lainnya adalah dengan mengubah bagian SATA menjadi IDE melalui menu Advanced, meski belum saya coba tapi seseorang di forum VMware berhasil melewati pesan peringatan tersebut.



INFO : Pesan peringatan ini tidak akan muncul jika kamu menggunakan komputer atau laptop yang sudah memiliki CD dan DVD ROM. Dan hanya muncul jika komputer atau laptop tidak memiliki CD atau DVD ROM.

Oke demikian info mengenai cara mengatasi Cannot connect the virtual device sata0 di VMware. Semalat mencoba dan semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengatasi Cannot connect the virtual device sata0 di VMware"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel