Cara Mengatasi URL Yang Diblokir Oleh Facebook

Cara Mengatasi URL Yang Diblokir Oleh Facebook

Pada dasarnya Facebook memblokir sebuah nama domain (URL) menggunakan metode otomatis yang dilakukan oleh robot keamanan mereka. Karena hal inilah banyak blog dan website yang sebenarnya tidak memuat konten terlarang dapat ikut terblokir. Bukan tidak mungkin, kalimat atau teks pada postingan seperti ini pun bisa saja terblokir oleh robot keamanan Facebook. Apa iya? Ya!

Blog ini, carauntukmembuat.com sudah cukup lama diblokir oleh Facebook dan sampai artikel ini saya tulis, URL blog ini masih diblokir.

Meskipun agak sedikit kecewa karena tidak bisa lagi berbagi URL ke Facebook, tapi saya tidak khawatir, sebab 95 persen lebih pengunjung blog ini memang datang dari mesin pencari terutama Google dan Bing.



Oke, bagi kamu yang merasa sangat kecewa dan jengkel akan terblokirnya URL blog atau website bisa mencoba untuk memohon agar URL dapat dibuka blokirnya. Tentu saja cara ini tidak 100% efektif, namun bisa dibilang ini adalah cara satu-satunya. Berikut cara mengatasi URL yang diblokir oleh Facebook.

1. Buka halaman Facebook Debugging dan masukkan URL kamu disana, selanjutnya klik Debug.

2. Jika menampilkan notifikasi yang bertuliskan "Kami tidak dapat meninjau situs web ini karena kontennya tidak memenuhi Standar Komunitas kami. Jika Anda merasa ini adalah kesalahan, harap beri tahu kami.", berarti URL kamu benar-benar terblokir.

Notifikasi Debug URL Yang Terblokir Oleh Facebook
Notifikasi Debug URL Yang Terblokir Oleh Facebook

Jangan panik, untuk meminta agar URL kembali dapat dibagikan ke Facebook, caranya cukup dengan mengklik tautan yang bertuliskan "beri tahu kami", yang ada di notifikasi.




3. Kamu akan dibawa ke halaman laporan yang sudah tersedia kolom untuk diisi dengan penjelasan. Kamu harus menjelaskan secara merinci alasan kamu meminta agar URL dibuka blokirnya.

Kolom Pengajuan Permohonan Agar URL Dibuka Blokirnya
Kolom Pengajuan Permohonan Agar URL Dibuka Blokirnya

Tuliskan alasan sejelas-jelasnya agar tim Facebook dapat mengerti dan memahami alasan kamu meminta agar URL segera dibuka blokirnya.

4. Jika sudah mengisi alasan, klik kirim dan tunggu 1x24 jam, setelah lewat dari satu hari debug lagi URL kamu. Apabila masih menampilkan notifikasi yang sama, berarti URL blog atau website kamu memerlukan pengecekan lebih mendalam oleh pihak Facebook.



Waktu yang dibutuhkan untuk mengecek ini biasanya 30 hari. Setelah melewati pengecekan selama 30 hari, maka URL kamu akan bisa lagi untuk di bagikan ke Facebook.


Ada banyak alasan Facebook memblokir URL dan yang paling fatal adalah karena terbukti membagikan URL secara brutal seperti menyebar spam. Selain itu banyak lagi aturan lain yang bisa saja membuat URL diblokir otomatis oleh robot keamanan Facebook. Alasan-alasan mengapa URL dapat terblokir bisa kamu baca pada halaman Standar Komunitas Facebook.

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengatasi URL Yang Diblokir Oleh Facebook"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel