Cara Mengetahui Data Pribadi Yang Bocor Di Internet

Firefox Monitor

Sebelumnya saya ingin sampaikan kepada semua pembaca artikel ini bahwa beberapa waktu yang lalu Mozilla telah merilis "Firefox Monitor" yaitu subdomain baru yang diperuntukkan bagi siapapun untuk mengecek data pribadinya di internet, telah bocor atau tidak.

Firefox Monitor adalah layanan resmi milik Mozilla yang bisa kita gunakan untuk mengecek data pibadi di internet hanya dengan memasukkan alamat email. Dengan mengetikkan email kita disana, Firefox Monitor akan menampilkan informasi lengkap mengenai di website mana saja alamat email itu terdaftar, dan apakah website yang telah didaftarkan oleh email tersebut sudah pernah bocor atau belum.

Kebocoran data pribadi seperti email, password, nama pemilik akun, alamat ip, dan informasi kartu kredit bisa saja terjadi secara diam-diam, bahkan pemilik website pun tidak mengetahui bahwa database mereka yang berisi informasi penting pengguna telah dicuri / bocor ke tangan yang tidak bertanggung jawab.



Orang-orang yang sering menyelam ke dunia deep web bisanya akan tahu lebih dulu mengenai jual beli data penting, seperti informasi login dari situs web terkenal.

Nah buat kamu yang hanya menggunakan satu email penting untuk mendaftar di berbagai website terkenal, bisa melakukan pengecekan di Firefox Monitor untuk mengetahui dari mana saja data pribadi kamu bocor. Silahkan kunjungi alamat resmi Firefox Monitor di https://monitor.firefox.com dan masukkan email kamu.

Jika sebuah website dimana kamu pernah mendaftar dengan email tersebut, makan akan menampilkan hasil seperti ini.

Hasil Pengecekan Firefox Monitor
Hasil Pengecekan Firefox Monitor

Gambar diatas mengungkapkan ada 7 kebocoran data yang diketahui. Itu menandakan bahwa email yang dicek sudah pernah bocor atau dicuri. Bukan kesalahan pemilik email, itu dikarenakan database website telah berhasil disalin dan di download oleh orang yang tidak memiliki wewenang (hacker).

TIPS : Agar semua akun kamu di internet tetap aman, jangan pernah samakan passwordnya satu sama lain. Selain itu, mengubahlah password akun setiap satu bulan sekali dengan password yang unik dan sulit ditebak juga bisa membantu untuk melindungi akun dari pencurian.




Semakin majunya teknologi maka semakin besar juga ancaman yang mengintai. Hal seperti ini memang sulit ditebak bahkan perlu waktu berbulan bulan bahkan tahun untuk mengungkapnya.

Sebagai contoh yang pernah terjadi adalah pencurian data pribadi penggunanya dari website besar seperti Yahoo, Bukalapak, dan Dailymotion. Semuanya adalah situs populer yang hampir tidak mungkin untuk diretas, namun hacker berhasil mencurinya diam-diman dan berikut kapan kejadian tersebut terungkap.


Bukalapak
Kejadian pencurian data : 23 Oktober 2017
Berhasil diketahui : Maret 2019
Diumumkan ke publik : 12 April 2019
Apa yang dicuri : Nama Pengguna, Username, Password, Email, IP Addresses

Dailymotion
Kejadian pencurian data : 20 Oktober 2016
Berhasil diketahui : 6 Desember 2016
Diumumkan ke publik : 12 Desember 2016
Apa yang dicuri : Username, Password, Email

Yahoo
Kejadian pencurian data : Agustus 2013
Berhasil diketahui : 2016
Diumumkan ke publik : 14 Desember 2016
Apa yang dicuri : Password, Email, No Ponel, Tanggal Lahir



Yahoo adalah yang paling mengejutkan dibanding Bukalapak dan Dailymotion. Ada tiga milyar akun pengguna yang telah dicuri oleh hacker, dan kejadian ini pun masuk dalam pencurian data terbesar dalam sejarah.

Itulah mengapa kita harus selalu waspada disaat memiliki akun pribadi di situs web terkenal, apalagi yang melibatkan kartu kredit atau pembayaran di dalamnya.

Oh iya, selain Firefox Monitor masih ada lagi situs web yang juga memiliki fungsi yang sama dengan itu. Apa lagi kalau bukan Haveibeenpwned.com yang juga dapat dipakai untuk mengecek kebocoran data pribadi di internet.

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengetahui Data Pribadi Yang Bocor Di Internet"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel