Cara Shared Folder Windows Dengan OS Virtual Di VMware

Shared Folder

Bagi yang pertama kali menggunakan VMware pasti bertanya-tanya bagaimana caranya menyalin atau memindahkan file dari Windows ke OS Virtual dan sebaliknya. Pertanyaan ini sangat sering ditanyakan di berbagai forum yang membahas VMware dan menjadi pertanyaan yang paling lumrah.

Untuk melakukan Shared Folder Windows dengan OS Virtual sangatlah sederhana, bahkan VMware sudah menyediakan fiturnya yang bisa kamu gunakan dengan beberapa kali klik saja!

Berikut ini caranya :


1. Buka VMware dan jalankan OS Virtual yang kamu miliki.



2. Setelah masuk ke home screen OS Virtual, klik VM di navigasi dan klik Settings. Disana akan tampil pengaturan untuk menyesuaikan spesifikasi OS Virtual, kemudian klik Options. Lalu aktifkan Shared Folder dengan cara seperti gambar dibawah ini (perhatikan nomor urutnya).


Shared Folder Windows To VMware
Aktifkan Shared Folder di VMware


Jika sudah selesai, klik OK untuk menyimpan kamu.


3. Jalankan OS Virtual dan masuk ke bagian System Preferences untuk mambahkan user dan folder yang ingin di Sharing (contoh gambar dibawah ini hanya untuk macOS, dan sistem operasi lain mungkin memiliki cara yang seikit berbeda).

Sharing Folder macOS on SMB
Sharing Folder macOS on SMB

Pastikan user memiliki akses Read & Write agar dapat menulis, memindahkan, menyalin, mengedit, dan menghapus data.
File Sharing macOS
File Sharing macOS

5. Lalu restart, ketika OS Virtual kembali masuk home screen, dan bukalah File Manager. Seharusnya nama folder yang di sharing langsung muncul dan bisa digunakan untuk terhubung satu sama lain.


Windows Folder Share To MacOS
Shared Folder Windows dan macOS di VMware


Karena saya menggunakan macOS di VMware, jadi screenshot saya ambil langsung dari macOS seperti gambar diatas. Apabila kamu menggunakan Linux, Shared Folder juga akan muncul di Desktop dan di File Manager.



Success Sharing Folder Windows To MacOS
Sukses menghubungkan Shared Folder Windows dan VMware


Begitulah cara untuk membuat Shared Folder antara Windows dan VMware. Kamu tidak perlu repot-repot lagi untuk menyalin dan memindah-mindahkan data antara keduanya melalui perantara seperti flashdisk, karena sudah saling berhubungan melalui folder yang dipilih saat mengaktifkan Shared Folder.

Belum ada Komentar untuk "Cara Shared Folder Windows Dengan OS Virtual Di VMware"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel