4 Tips Untuk Mempercepat Kinerja macOS Di VMware

VMware Performance

Berbeda dengan Linux dan Windows yang dijalankan dengan Virtual Machine, macOS jauh lebih lambat dari kedua sistem operasi tersebut. Tak heran, karena sistem operasi (OS) buatan Apple ini memang bukan untuk perangkat selain buatan Apple.

Kita pasti akan menemui beberapa masalah jika menggunakan macOS di VMware dan salah satu yang menjengkelkan adalah labatnya kinterja sistem macOS meski sudah di otak atik sedemikian rupa.

Di postingan kali ini saya akan berbagi 3 Tips Untuk Mempercepat Kinerja macOS Di VMware yang bisa kamu coba lakukan agar dapat menjalankan macOS dengan lancar di Virtual Machine milik VMware. Berikut ini beberapa tipsnya.



1. Berikan Spesifikasi Lebih Tinggi Untuk Virtual Machine



Cara paling praktis untuk mendapatkan performa terbaik di macOS VMware adalah dengan memberinya spesifikasi lebih tinggi dari yang disarankan. Jika sebelumnya kamu hanya memberikan RAM 4GB cobalah untuk memberinya 8GB (dalam arti kamu harus menambah RAM pada komputer atau laptop minimal 16GB).


RAM Komputer


Selain itu HDD (lebih disarankan SSD) dan VGA juga perlu perubahan terutama partisi C dimana Virtual Machine berada. Kamu harus memberikan ruang kosong pada partisi C yang sangat luas agar agar tidak menghambat kinerja Windows yang sedang menjalankan VMware beserta Virtual Machine-nya. Dengan begitu kamu dapat menikmati performa maksimal dari macOS di VMware.





2. Kecualikan Folder Virtual Machine Dari Windows Defender



Bukan hal yang aneh jika Windows Defender ini menjadi maslah yang serius untuk membuat sistem menjadi berat / lag. Windows Defender secara otomatis melakukan scanning sistem setiap saat (real-time) dimana hal itu membutuhkan resource yang bisa dibilang lumayan.

Tapi, ada cara agar sistem VMware tidak terganggu oleh Windows Defender yang selalu running in background di Windwos 10, yaitu dengan mengecualikan folder yang berkaitan dengan VMware terutama folder Virtual Machine-nya.


Mengecualikan Folder Di Windows Defender


Setelah folder-folder tersebut dikecualikan dari Windows Defender, maka VMware akan dilewati dari scanning Windows Defender.





3. Kurangi Penggunaan Software Di macOS VMware



Siapa sih yang ga mau install software banyak saat pertama kali menggunakan macOS. Setiap orang pasti akan menginstall apapun dari App Store karena mereka selalu ingin tahu dan itu bagus untuk pengetahuan. Akan tetapi, sistem macOS yang dijalankan melalui Virtual Machine sangat tidak direkomendasikan untuk menggunakan resource yang berlebihan terutama software berat.


Uninstall App on macOS


macOS memang terkenal dengan kerakusannya pada harddisk, oleh karena itu hampir setiap software yang tersedia di App Store mereka memiliki ukurang yang besar. Intinya, sangat tidak di anjurkan untuk menginstall software berat di macOS VMware.



4. Non-aktifkan Fitur Yang Tidak Digunakan



Di VMware ada banyak sekali fitur yang harus dipahami pengguna, dan hampir dari semua memiliki status aktif otomatis saat VMware dijalankan dan salah satunya adalah pendeteksi CD/DVD ROM yang sebenarnya tidak kita gunakan. Kamu bisa menonaktifkan fitur ini untuk menambah performa dari OS Virtual yang dijalankan.


Disable Auto Connect CD or DVD ROM on VMware


Selain itu, kamu bisa mengecek fitur-fitur lainnya yang tidak digunakan untuk dinonaktifkan / disable.


INFO : Gunakanlah macOS di VMware dengan bijak. Tidak perlu mendownload software yang tidak kamu perlukan, terutama software yang bisa menguras resource.

Apabila kamu sudah melakukan keempat hal tersebut, bisa dipastikan macOS akan memiliki performa yang terbaik saat di jalankan pada VMware. Kamu akan terasa seperti benar-benar menggunakan macOS yang di install pada harddisk.

Jika kamu rasa artikel ini bermanfaat dan layak dibaca oleh orang lain, jangan ragu untuk membagikannya kepada teman-teman atau saudara dengan meng-klik tombol sosial media diatas ini.

0 Comments:

Posting Komentar